Cara Mudah Bersihkan Beauty Item

Reporter : Dwi Ratih
Rabu, 8 April 2020 08:16
Cara Mudah Bersihkan Beauty Item
Apakah virus dapat ditularkan melalui makeup?

Dream - Mencuci tangan dan mendisinfeksi barang-barang saat ini jadi prioritas untuk menghindari terinfeksi corona virus.

Medical City melaporkan, corona virus dapat hidup di permukaan hingga sembilan jam. Tapi apakah virus dapat ditularkan melalui makeup?

 Ilustrasi hijaber© Shutterstock

Para ahli mengatakan, tidak ada bukti kuat bahwa virus dapat hidup di makeup. Namun, produk makeup yang berusia berbulan-bulan bisa jadi tempat berkembang biaknya kuman, dan jika tidak bersih dapat menyebabkan jerawat dan infeksi.

Jadi, untuk berjaga-jaga, kita bisa membersihkan makeup agar terhindar dari virus. Berikut ini panduan tentang cara membersihkan produk makeup dengan benar. Yuk dicoba seperti dilansir Female Network berikut:

1 dari 4 halaman

1. Lipstik

Ingatlah bahwa setiap kali kamu mengoleskan lipstik, tahap itu merupakan proses transfer kuman, kotoran, dan minyak ke produk.

Untuk membersihkannya, ambil gelas atau mangkuk kecil, kemudian isi dengan isopropil alkohol.

Celupkan lipstik selama tiga detik, dan bersihkan lapisan atas lipstik dengan tisu wajah. Jangan gunakan kapas, karena seratnya akan menempel pada produk.

 ilustasi lipstik© Shutterstock

2. Bedak padat dan palette

Formula bubuk tidak menghasilkan banyak bakteri dibandingkan dengan produk krim. Untuk mendisinfeksi, gunakan semprotan alkohol dan semprotkan dengan ringan pada produk, lalu biarkan hingga kering.

2 dari 4 halaman

3. Cream Foundation, Blush On, dan Highlighter

Kuman dapat tumbuh subur di lingkungan basah seperti formula krim. Cara terbaik agar tetap bersih adalah menggunakannya dengan tangan bersih atau juga bisa dengan pakai spatula kecil untuk mengambilnya.

Namun untuk stick krim, kamu bisa membersihkan dengan mengusap permukaan menggunakan tisu wajah basah.

 ilustrasi blush on© Shutterstock

4. Sponge makeup

Cara termudah untuk membersihkan sponge makeup adalah memberikan sabun cair ke sponge kemudian diremas di bawah air mengalir.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah menyelupkan sponge kotor ke wadah yang berisi minyak zaitun.

Kemudian, tuangkan air panas dan sabun cair ke wadah terpisah dan masukkan sponge ke dalamnya. Biarkan hingga air mendingin.

Ketika kamu membiarkan sponge lembab setiap kali digunakan, itu akan menjadi tempat berkembang biak kuman.

Para peneliti mengklaim sponge makeup merupakan barang paling kotor dalam produk riasan. Pastikan untuk menggantinya setiap tiga bulan.

(Laporan: Cindy Azari) 

3 dari 4 halaman

4 Kesalahan Perawatan Kulit Berminyak

Dream - Mengetahui jenis kulit merupakan kunci perawatan yang tepat. Jenis kulitmu menentukan produk dan kandungan apa yang efektif untukmu.

Dilansir dari Miss Kyra, berikut kesalahan perawatan pada kulit berminyak: 

- Mungkin, kamu pernah membersihkan wajah menggunakan air hangat. Air hangat dapat mengikis kelembapan alami kulit dan membuat wajahmu kering.

- Memiliki kulit berminyak biasanya akan membuatmu ingin membersihkan wajah. Padahal, membersihkan wajah terlalu sering juga dapat mengikis kelembapan kulit. Bersihkan wajah 2-3 kali sehari agar wajahmu tidak mengering dan memproduksi minyak berlebih.

4 dari 4 halaman

Pakai scrub jangan lupa

- Selain sering membersihkan wajah, mungkin kamu juga lebih sering melakukan eksfoliasi. Sebaiknya, lakukan eksfoliasi sekali seminggu menggunakan scrub halus.

- Terlalu sering berganti produk perawatan kulit bisa membahayakan kesehatan kulit. Gunakan produk yang cocok untuk kulitmu dan tidak menyebabkan masalah kulit.

(Sumber: Miss Kyra)

Beri Komentar