DIY Skincare untuk Mature Skin, Cara Meremajakan Kulit dengan Bahan Alami

Reporter : Shania Suha Marwan
Sabtu, 12 November 2022 16:01
DIY Skincare untuk Mature Skin, Cara Meremajakan Kulit dengan Bahan Alami
Berikut ada beberapa DIY skincare yang dapat meremajakan kulit untuk kamu yang punya mature skin.

Dream - Usia yang pastinya bertambah setiap tahun dapat membuat kulit wajah mulai kehilangan elastisitasnya. Kandungan kolagen juga biasanya akan ikut menurun sehingga menimbulkan beragam masalah kulit bisa muncul lebih cepat. 

Mature skin, atau kulit yang sudah mengalami penuaan, biasanya akan lebih cepat kering dan sulit menyerap nutrisi dengan maksimal. 

Dengan pertambahan yang tak bisa dihindari, tentunya kulit yang sudah menua membutuhkan perawatan berupa nutrisi yang sesuai.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mature skin, kamu bisa menggunakan produk perawatan wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Meski khasiatnya tak langsung terasa, kamu juga bisa mengunakan bahan-bahan alami yang membantu memberikan nutrisi di kulit. 

Berikut beberapa masker alami yang bisa dibuat sendiri di rumah untuk mature skin:

1 dari 5 halaman

  • Scrub Stroberi 

Pertama adalah menggunakan scrub dari stroberi yang dicampur dengan kacang walnut. Haluskan kedua bahan ini, dan aplikasikan di wajah dengan gerakan memutar secara perlahan. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Butiran kacang walnut dan beragam vitamin yang ada di stroberi akan memberikan nutrisi pada kulit, sekaligus bantu mengeksfoliasi kulit sehingga lebih bagus untuk menyerap nutrisi. 

  • Masker Pisang dan Madu 

Masker pisang dan madu bisa menjadi andalan kamu, karena mudah dibuat dan memiliki kemampuan melembapkan yang signifikan. Caranya tinggal campurkan pisang dan madu, hingga membuat sebuah campuran yang halus, dan aplikasikan di wajah selama 20 menit, setelah itu tinggal dibilas. Wajah kamu akan terasa lebih lembut secara instan! 

2 dari 5 halaman

  • Masker Pepaya dan Yogurt 

Pepaya memiliki enzim papain yang dapat melakukan eksfoliasi pada kulit secara lembut. Efek dari eksfoliasi yang didapatkan dari papain, dapat membuat kulit lebih sehat, dan sel kulit mati terangkat. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Campurkan pepaya yang sudah dihaluskan bersama yogurt, dan aplikasikan pada wajah selama 20 menit. Yogurt juga memiliki kandungan lactid acid yang dapat bantu eksfoliasi kulit kamu. 

  • Madu dan Oatmeal 

Scrub yang dibuat dari oatmeal dan madu, dapat membantu kamu melakukan eksfoliasi pada mature skin, tanpa membuat kulit rusak. 

Kamu cukup mencampurkan madu pada oatmeal, dan diaplikasikan ke wajah yang sudah bersih dengan gerakan memutar. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Sumber: Femina.in

3 dari 5 halaman

Perkuat Kuku Rapuh dengan Cara Alami

Dream - Kuku yang rapuh menjadi salah satu permasalahan yang sering dialami kaum Hawa. Tentu saja kamu sangat ingin memiliki kuku yang kuat dan terawat, namun biasanya tidak tahu cara mendapatkannya.

Kuku rapuh bisa disebabkan banyak faktor, misal kurangnya asupan nutrisi pada tubuh maupun terlalu sering menggunakan cat kuku atau kuku palsu.

Salah satu cara termudah untuk membuat kuku jadi lebih kuat adalah dengan menjaga kelembapan. Selain itu, kamu juga perlu memberikan nutrisi yang dibutuhkan kuku dengan mengonsumsi makanan sehat, atau menggunakan produk perawatan kuku. 

© Ilustrasi/Shutterstock

Kebanyakan produk perawatan kuku yang dijual di pasaran biasanya terbuat dari bahan alami. Sehingga, sebenarnya kamu bisa memanfaatkan bahan alami untuk merawat kuku. 

Berikut ini, adalah beberapa bahan alami yang sangat mungkin dimanfaatkan untuk merawat kuku, agar lebih kuat:

4 dari 5 halaman

  • Lemon 

Vitamin C yang ada di dalam lemon, dapat membuat kuku kamu bertumbuh dengan sehat dan kuat. Untuk menggunakannya, kamu bisa memotong lemon, dan mengoleskan buahnya di kuku kamu dan biarkan selama lima menit setiap harinya. 

Tak hanya membantu kuku bertumbuh, cara ini juga bisa membuat kuku kamu terlindung dari beragam bakteri. 

© Ilustrasi/Shutterstock

  • Minyak Kelapa

Memijat kuku dan kutikula dengan menggunakan minyak kelapa hangat, dapat membuat kuku lebih kuat dan menstimulasi pertumbuhannya. 

Hal tersebut disebabkan karena kandungan dalam minyak kelapa ada vitamin E, yang menjadi sumber antioksidan, yang dapat melawan radikal bebas, sehingga membuat pertumbuhan nutrisi di kuku terjaga.

5 dari 5 halaman

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat membantu kamu membuat kuku lebih lembap dan sehat, khususnya jika kamu memiliki kuku yang super kering. Minyak zaitun bisa digunakan untuk merawat kuku yang rusak, dengan cara diaplikasikan saat sebelum tidur, sebagai minyak kuku. 

© Ilustrasi/Shutterstock

  • Cangkang Telur 

Jangan dibuang, cangkang telur ternyata merupakan sumber kalsium yang bisa digunakan untuk merawat kuku rapuh. Caranya adalah dengan menghaluskan cangkang telur yang sudah bersih, lalu mencampurkannya dengan sedikit air hingga berbentuk pasta, dan diapliaksikan sebagai masker untuk kuku. 

  • Madu 

Madu memiliki kemampuan melawan bakteri dan jamur yang berkembang pada kuku. Tak hanya itu, madu juga dapat menutrisi kuku sekaligus melembapkannya. 

© Ilustrasi/Shutterstock

Untuk membuat kuku lebih kuat, kamu bisa mencampurkan madu dan perasan lemon, dan mengaplikasikan masker ini pada kuku yang bersih selama 15 menit. 

Sumber: Times of India

Beri Komentar