Kandungan Skincare yang Dapat Mengontrol Produksi Minyak di Kulit

Reporter : Shania Suha Marwan
Senin, 26 September 2022 18:25
Kandungan Skincare yang Dapat Mengontrol Produksi Minyak di Kulit
Berikut ini adalah beberapa skincare yang dapat kamu andalkan untuk mengontrol produksi minyak di kulitmu!

Dream - Punya kulit berminyak menjadi tantangan tersendiri. Sebab, jenis kulit seperti ini pori-porinya mudah tersumbat oleh minyak maupun sebum.

Jika sudah demikian, maka akan gampang sekali muncul permasalahan kulit. Pori-pori yang tersumbat oleh sebum akan memicu pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Perawatan yang benar menjadi cara untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut. Saat ini sudah banyak produk perawatan kulit untuk mengendalikan produksi minnyak.

Namun, kita harus tahu pasti kandungan-kandungan skin care yang cocok untuk merawat kulit. Berikut ini beberapa kandungan dalam skin care yang perlu kita ketahui sebelum mengaplikasikannya ke kulit berminyak kita:

1 dari 3 halaman

  • Salicylic Acid

Salicylic acid adalah salah satu jenis Beta Hydroxy Acid (BHA) bagus untuk membersihkan pori-pori dan juga eksfoliasi. 

© Ilustrasi/Shutterstock

Tentunya, kandungan ini disukai pemilik kulit berminyak karena dapat membantu melawan peradangan dan meredakan jerawat di wajah. 

2 dari 3 halaman

  • Tea Tree Oil 

Minyak tea tree adalah sebuah produk alami yang bagus untuk kulit berjerawat dan kulit berminyak. Walaupun begitu, bahan ini cukup poten, sehingga kamu perlu mencampurkan dengan minyak alami lainnya sebelum digunakan, agar terhindar dari iritasi. 

© Ilustrasi/Shutterstock

  • Tanah Liat 

Clay atau tanah liat adalah salah satu kandungan yang sering kita jumpai di masker. Bahan ini memiliki kemampuan menyerap minyak dan kotoran di wajah, sehingga membuat kulit tampak lebih sehat dan bersih. 

© Ilustrasi/Shutterstock

3 dari 3 halaman

  • Hyaluronic Acid

© Ilustrasi/Shutterstock

Siapa bilang pemilik kulit berminyak tidak membutuhkan perawatan kulit yang menghidrasi? Kamu sebenarnya juga memerlukan produk jenis ini.

Produk yang dapat menjaga kelembapan di kulit, berfungsi untuk menahan produksi minyak terjadi secara berlebihan. 

Misalnya kandungan Hyaluronic Acid yang memiliki kemampuan mengunci cairan dan kelembapan kulit di wajah, sehingga membuat produksi minyak tidak terlalu banyak. 

  • Niacinamide 

    © Ilustrasi/Shutterstock

    © Ilustrasi/Shutterstock

Niacinamide umumnya digunakan untuk mencerahkan wajah, namun sebenarnya kandungan ini juga punya kemampuan mengontrol produksi minyak agar tetap seimbang. 

Selain itu, bisa membantu mengecilkan pori-pori dan juga menyamarkan kerutan di wajah.

Sumber: Cosmo.ph

 

Beri Komentar