Kontrol Asupan yang Sebabkan Minyak Berlebih di Wajah

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 21 Oktober 2021 09:12
Kontrol Asupan yang Sebabkan Minyak Berlebih di Wajah
Pastikan tidak mengonsumsi asupan ini secara berlebihan.

Dream - Bukan rahasia lagi bahwa kulit yang baik dimulai dari dalam. Apa yang dimakan dan diminum pastinya memiliki efek tidak hanya pada berat badan, kesehatan, dan suasana hati, tetapi juga pada kulit, rambut, dan kuku.

Bila kondisi kulit wajah Sahabat Dream sangat berminyak, perhatikan asupan harian. Makanan dan minuman tertentu dapat memicu produksi minyak dan menyebabkan lebih banyak minyak diproduksi, sehingga dapat menyebabkan jerawat.

Dilansir Byrdie.com, Patricia Boland seorang dokter kulit, memberi tahu asupan yang dapat menyebabkan kulit berminyak. Usahakan untuk tidak mengonsumsinya berlebihan.

1. Garam
Garam adalah salah satu bahan yang mempengaruhi penampilan kulit. Ini juga dapat menyebabkan peningkatan kadar minyak saat kulit mencoba melawan dehidrasi yang disebabkan oleh garam.

“ Mengkonsumsi garam berlebih dapat menyebabkan dehidrasi, retensi air, pembengkakan, dan kantung mata,” kata Boland.

2. Daging merah
Daging merah juga dapat berkontribusi pada minyak berlebih pada kulit. Sebagai gantinya, lebih baik konsumsi unggas atau ikan karena akan membantu mengurangi jumlah lemak yang dikonsumsi. Peradangan berlebih ini dapat menyebabkan produksi minyak berlebih.

" Daging merah, seperti sosis, daging sapi, domba, dan bacon, mengandung lemak jenuh yang tinggi, yang dapat meningkatkan peradangan pada kulit," kata Boland.



1 dari 6 halaman

3. Gorengan
Jenis makanan yang digoreng pada dasarnya adalah salah satu jebakan besar untuk kulit. Lemak jenuh dan lemak trans berpotensi menyebabkan inflamasi sehingga memicu tumbuhnya jerawat.

Jika memang ingin mengonsumsi makanan yang berminyak bisa konsumsi avokad dan minyak zaitun. Bisa juga 'berinvestasi' dengan membeli air fryer, alat menggoreng tanpa minyak.

4. Makanan manis
Penelitian telah menunjukkan makanan tinggi gula meningkatkan produksi IGF-1, hormon peptida yang merangsang pertumbuhan, tetapi juga dapat menyebabkan produksi sebum yang berlebihan, alias minyak berlebih. Lebih baik hindari makanan dan minuman manis demi kulit tak berminyak


Laporan Syifa Putri Naomi

2 dari 6 halaman

Cara Merawat Area T-Zone bila Kulit Berminyak

Dream - Bagi kalian yang memiliki kulit berminyak pasti sudah akrab dengan wajah mengilap, khususnya di area T-zone.

Tidak itu saja, kalian mungkin mengalami sejumlah permasalahan kulit lain, seperti jerawat, komedo, pori-pori besar, sampai produksi minyak berlebih.

Kulit manusia selalu memproduksi minyak secara natural untuk menjaga keseimbangan kulit wajah. Namun, terkadang produksi minyak yang berlebih dapat mengganggu.

© Dream

Sebenarnya, untuk dapat mengontrol produksi minyak berlebih di wajah dan mengurangi minyak di area T-zone ada beberapa cara yang dapat kamu terapkan dengan rutin.

3 dari 6 halaman

Bersihkan wajah

Membersihkan wajah jadi salah satu poin utama untuk kita semua, baik pemilik kulit berminyak ataupun tidak. Dengan membersihkan wajah, kita dapat mengangkat segala bentuk kotoran dan minyak berlebih di wajah.

Pilihlah sabun muka yang dapat membersihkan wajah secara lembut dan tidak membuat minyak alami di wajah menghilang. Gunakan dua kali dalam satu hari yaitu di pagi dan malam hari.

Menggunakan serum dengan kandungan gylcolid acid

Ketahuilah bahwa pori-pori di wajah tidak bisa menjadi lebih kecil, tapi kamu dapat menyamarkannya jika memiliki pori-pori yang bersih. Kamu dapat menggunakan serum dengan kandungan gylcolid acid, jika ingin menyamarkan pori-pori.

Ilustrasi© shutterstock

Glycolic acid atau yang biasa kita kenal dengan AHA, merupakan sebuah kandungan yang berfungsi untuk mengeksfoliasi.

Ketika menggunakan serum dengan kandungan ini, kamu bisa mendapatkan pori-pori yang tidak tersumbat kulit mati, ataupun minyak berlebih yang dapat membuat tampilan pori-pori lebih besar.

4 dari 6 halaman

Menggunakan pelembap

T-zone yang terlalu berminyak, bisa menjadi pertanda bahwa kulit kamu dehidrasi. Jadi, sangat penting untuk kamu menggunakan pelembap pada pagi dan malam hari.

Bagi pemilik kulit berminyak, kamu dapat memilih pelembap yang bersifat oil-free dan gel agar mudah terserap oleh wajah.

Ilustrasi© shutterstock

5 dari 6 halaman

Gunakan kertas minyak

Ilustrasi© shutterstock

Bagi pemilik kulit berminyak, biasanya saat siang hari wajah sudah mulai terlihat basah karena minyak berlebih. Untuk mengurangi minyak di wajah saat sedang beraktivitas, kamu dapat menggunakan kertas minyak dengan cara ditepuk-tepuk pada bagian wajah.

Menggunakan dua masker berbeda

Jika kamu memiliki kulit kombinasi, kamu bisa banget lho menggunakan dua masker pada saat bersamaan. Kamu dapat mengombinasikan clay mask pada bagian T-zone dan masker yang melembapkan pada bagian lainnya.

6 dari 6 halaman

Pilihlah produk makeup yang tepat

Ilustrasi© shutterstock

Sama seperti memilih produk perawatan wajah, kamu juga harus memilih produk makeup yang tepat. Sahabat Dream harus memperhatikan kondisi wajah yang kamu miliki, sebelum memilih produk makeup yang tepat.

Kamu dapat mulai merias wajah dengan mengaplikaskan primer yang dapat menahan minyak berlebih, diikuti dengan menggunakan foundation yang sifatnya matte.

Sumber: Skincare

Beri Komentar