7 Manfaat Teh Pahit Bagi Kesehatan & Kecantikan, Cegah Stroke hingga Mempercantik Kulit

Reporter : Arini Saadah
Senin, 9 Mei 2022 13:45
7 Manfaat Teh Pahit Bagi Kesehatan & Kecantikan, Cegah Stroke hingga Mempercantik Kulit
Manfaat teh pahit bagi kesehatan dan kecantikan sangat penting diketahui karena bisa membantu mengatasi beragam penyakit.

Dream - Manfaat teh pahit alias teh tanpa gula menjadi minuman favorit sebagian orang. Banyak orang menyukai teh pahit karena rasanya yang original, diet gula, atau karena menderita penyakit diabetes yang harus menghindari konsumsi gula.

Seduhan teh pahit tanpa gula rupanya berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Apalagi kini sudah banyak jenis teh yang beredar di masyarakat.

Teh yang asli berasal dari tumbuhan Camelilia sinesis yaitu teh hijau, teh putih, dan teh hitam. Sementara itu, teh herbal tidak termasuk karena berasal dari tumbuhan lain selain Camellia sinesis.

Manfaat teh pahit bagi kesehatan sangat penting diketahui karena bisa membantu mengatasi beragam penyakit. Mulai dari mengontrol kadar gula darah sampai bisa mempercantik wajah dan bikin awet muda.

Penasaran apa saja manfaat teh pahit? Berikut dikutip Dream dari berbagai sumber tentang manfaat teh pahit bagi kesehatan dan kecantikan yang perlu diketahui.

1 dari 4 halaman

Manfaat Teh Pahit Bagi Kesehatan

Ilustrasi© Pexels.com

Manfaat teh pahit bagi kesehatan didapat berkat kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Senyawa flavonoid berperan menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai penyakit.

Manfaat teh pahit juga didapat berkat kandungan kafein dan tehanine yang bisa meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kewaspadaan.

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat teh pahit bagi kesehatan yang pertama adalah mampu mengontrol kadar gula darah. Hal ini berkat kandungan polifenol di dalamnya yang berperan meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan begitu, kadar gula darah terjaga dengan baik. Akibatnya kamu bisa meminimalisir terkena penyakit diabetes.

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat teh pahit bagi kesehatan yang kedua ialah menurunkan kolesterol tubuh. Kebiasaan minum teh pahit ini bagus untuk menurunkan kadar lemak jahat dan trigliserida dalam tubuh. Diketahui, kolesterol merupakan pemicu utama berbagai masalah kesehatan seperti jantung dan stroke.

2 dari 4 halaman

3. Mengurangi Risiko Stroke

Manfaat teh pahit yang selanjutnya adalah bisa mengurangi risiko terserang stroke. Hal ini lantaran kandungan polifenol bisa melancarkan peredaran darah sehingga tidak akan terjadi penyumbatan di pembuluh darah.

Sebab telah diketahui, penyumbatan pembuluh darah bisa menyebabkan penyakit berbahaya, seperti stroke.

4. Meminimalisir Risiko Kanker

Manfaat teh pahit untuk kesehatan yang tak kalah penting adalah bisa mengurangi risiko terserang kanker. Hal ini lantaran kandungan polifenol dan antioksidan yang berperan melawan radikal bebas.

Diketahui radikal bebas adalah pemicu utama kerusakan sel-sel tubuh yang memancing munculnya sel abnormal dan berkembang menjadi sel kanker.

3 dari 4 halaman

Manfaat Teh Pahit untuk Kecantikan

Ilustrasi© Shutterstock.com

Tak hanya berkhasiat untuk kesehatan, manfaat teh pahit juga bermanfaat untuk kecantikan. Berikut beberapa manfaat minum teh pahit untuk kecantikan:

1. Mencegah Penuaan

Manfaat teh pahit untuk kecantikan yang pertama adalah bisa menjadi agen untuk mencegah penuaan dini. Penelitian menunjukkan kandungan antioksidan di dalam teh pahit bisa mencegah gejala penuaan dini seperti kerutan, garis halus, dan flek hitam. Manfaat teh pahit juga bisa mencerahkan dan melembapkan kulit kusam akibat paparan sinar UV.

2. Mempercantik Kulit

Manfaat teh pahit bisa digunakan untuk mempercantik kulit. Kandungan antioksidan pada teh pahit bisa menghilangkan jerawat jika dioleskan ke wajah.

4 dari 4 halaman

3. Menjaga Kesehatan Mulut

Bau mulut adalah masalah yang sangat mengganggu bagi lawan bicara. Tentu hal ini bisa membuat malu saat berbicara dengan orang lain. Untuk mengatasi bau mulut, kamu bisa memanfaatkan teh pahit.

Kandungan katekin diyakini bisa menghambat pertumbuhan bakteri pada mulut. Jika mulut bersih dari bakteri, maka bau mulut pun bisa dihindari.

Itulah beberapa manfaat teh pahit untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kamu dapatkan. Akan tetapi bagi orang yang memiliki masalah peningkatan asam lambung seperti maag, GERD, dan sindrom dispepsia.

Bagi penderita jantung juga perlu berhati-hati jika mengonsumsi teh pahit, sebab bisa menimbulkan jantung berdebar-debar.

 

Beri Komentar