11 Manfaat Teh Hijau, Teh Hitam dan Daun Kelor

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Selasa, 31 Desember 2019 06:15
11 Manfaat Teh Hijau, Teh Hitam dan Daun Kelor
Banyak orang yang menjadikan teh sebagai minuman pemberi rasa nyaman dan tenang.

Dream - Teh adalah minuman yang nikmat dan sehat untuk diminum kapan saja. Minuman ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin atau hangat.

Banyak orang yang menjadikan teh sebagai minuman pemberi rasa nyaman dan tenang. Rasa khas yang diberikan oleh teh bisa menimbulkan efek relaksasi. Teh juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Teh memiliki banyak jenis berdasarkan bahan pembuatannya. Hal ini membuat teh memiliki cita rasa serta manfaatnya tersendiri.

Jenis-jenis teh yang banyak digunakan orang adalah teh hijau, teh hitam, teh daun kelor hingga teh basi. Penasaran dengan manfaat teh yang bisa kamu dapatkan? Berikut kami berikan informasi manfaat teh.

1 dari 4 halaman

Manfaat Teh Hijau

Siapa yang tidak mengenal teh hijau. Teh satu ini memang banyak dikenal sebagai minuman kesehatan.

Penasaran dengan manfaat teh hijau? Berikut kami berikan informasi manfaat teh hijau untuk kamu.

Mencegah Risiko Kanker

Menghilangkan bekas luka yang menghitam dengan teh hijau.© Shutterstock

Salah satu manfaat teh hijau adalah untuk mencegah risiko kanker. Kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat menangkal kerusakan oksidatif yang menjadi penyebab berkembangnya kanker pada payudara, prostat, dan usus. Dengan meminum teh hijau maka kamu dapat terhindar dari hal tersebut.

Meningkatkan Metabolisme

Manfaat teh hijau untuk kesehatan adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Menjaga kesehatan harus kamu lakukan dengan menjaga kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuhmu sehingga penyakit akan sulit untuk menyerang.

Mencegah Risiko Penyakit Kardioviskular

Manfaat teh hijau adalah untuk mencegah tubuh dari risiko penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular adalah penyakit jantung dan stroke yang dapat kamu cegah dengan meminum teh hijau.

Teh hijau dapat membantu meningkatkan kapasitas zat antioksidan dalam darah sehingga dapat melindungi partikel LDL dari oksidasi. Dengan begitu risiko tubuh terserang penyakit kardiovaskular akan lebih rendah.

2 dari 4 halaman

Manfaat Teh Hitam

Teh hitam adalah jenis teh yang mudah untuk kita temukan. Selain itu manfaat teh hitam pun beragam. Ingin tahu manfaat teh hitam? Yuk, simak informasi manfaat teh hitam berikut ini!

Menjaga Kesehatan Mulut

Simpan Teh dengan Tepat, Pertahankan Aroma dan Rasanya Rusak© MEN

Salah satu manfaat teh hitam adalah dapat menjaga kesehatan mulut. Kandungan polifenol pada teh hitam dapat membunuh bakteri jahat yang ada pada mulut.

Bakteri dalam mulut biasanya dapat menjadi penyebab munculnya plak pada gigi dan masalah gigi berlubang. Sehingga dengan mengonsumsi teh hitam, kamu akan terhindar dari masalah gigi dan infeksi mulut.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat teh hitam selanjutnya adalah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imunitas atau kekebalan tubuh penting untuk dimiliki setiap orang agar terhindar dari serangan penyakit.

Teh hitam memiliki kandungan antigen yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan senyawa tanin dalam teh hitam juga dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat teh hitam bila dikonsumsi adalah dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Organ pencernaan memiliki peran penting dalam tubuh sehingga menjaga kesehatan pencernaan adalah hal yang wajib kita lakukan.

Teh hitam mengandung tanin dan fotokimia yang memiliki efek restoratif untuk pencernaan. Efek tersebut dapat membuat sistem pencernaan menjadi lancar sehingga kesehatan pencernaan tetap terjaga.

3 dari 4 halaman

Manfaat Teh Basi

Teh basi ternyata memiliki banyak khasiat bagi wajah. Jika mengalami masalah wajah, kamu bisa menggunakan teh basi sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi masalah kulitmu. Penasaran dengan manfaat teh basi untuk kulit? Berikut kami berikan manfaat teh basi yang harus kamu tahu!

Melembapkan Kulit

5. Minuman Terbaik bagi Ibu Hamil: Teh© MEN

Mengalami masalah kulit kering dapat mengganggu penampilanmu. Salah satu manfaat teh basi adalah dapat melembapkan kulit wajah.

Teh mengandung vitamin E yang dapat melindungi kulit. Kamu bisa mencuci muka menggunakan teh basi setiap pagi untuk mendapatkan hasilnya. Dengan melakukan hal itu secara rutin, kamu akan membuat kulitmu lebih lembut dan kenyal.

Mencerahkan Kulit

Manfaat teh basi untuk kulit adalah dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Vitamin E dalam teh memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk menggunakannya, kamu bisa menyaring bubuk teh basi dan membiarkannya selama semalam.

Setelahnya aplikasikan pada wajah secara merata dan diamkan selama beberapa menit. Jika sudah, bilas dengan air bersih dan lakukan cara tersebut secara rutin agar kulit kamu dapat terlihat lebih cerah.

Mengatasi Komedo dan Jerawat

Manfaat teh hitam adalah untuk mengatasi komedo dan jerawat. Dua masalah ini seringkali menjadi masalah kulit yang mengganggu penampilan kita. Teh basi dapat mencegah peradangan yang disebabkan oleh komedo dan jerawat. Endapan air teh basi mempunyai sifat anti-bakteri dan anti-radang yang baik untuk kulitmu yang memiliki masalah jerawat dan komedo.

4 dari 4 halaman

Manfaat Teh Daun Kelor

Teh daun kelor memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Selain itu rasanya yang khas membuat banyak orang menyukai teh ini. Ingin tahu manfaat teh daun kelor? Untuk itu berikut kami berikan informasi manfaat teh daun kelor untuk kamu.

Mengatasi Peradangan

Cara Mengatasi Insomsia Pasca Melahirkan dengan Konsumsi Teh Herbal© MEN

Manfaat teh daun kelor terdapat pada kandungan antoksidan yang dimilikinya. Teh daun kelor mengandung antioksidan yang baik untuk mengatasi masalah peradangan pada tubuh. Selain itu teh daun kelor juga memiliki kandungan baik yang lain seperti polifenol, isothiocyanate, flavonoid, karotenoid, dan asam askorbat.

Membasmi Bakteri dan Jamur

Manfaat teh daun kelor adalah dapat membasmi bakteri dan jamur pada tubuh. Teh daun kelor memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang dapat memberantas bakteri dan jamur yang ada di mulut. Mengonsumsi teh daun kelor dapat mencegah mulut dari serangan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. (mut)


(Audila Rima Ndani/Sumber: Berbagai sumber)

Beri Komentar