Penyebab Utama Jerawat Muncul di Wajah

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 8 April 2020 19:12
Penyebab Utama Jerawat Muncul di Wajah
Ketahui juga cara mencegahnya.

Dream - Masalah kulit yang paling mengganggu semua orang adalah jerawat. Si bintik merah ini biasanya sering muncul karena kamu sedang mengalami perubahan hormon atau stres. 

Tidak hanya di wajah, jerawat juga bisa muncul di area tubuh lainnya seperti punggung. Namun tidak semua orang mengalaminya.

Umumnya penyebab munculnya jerawat adalah produksi sebum berlebih. Dilansir dari Miss Kyra, berikut penyebab jerawat yang timbul di wajah.

 Wajah Berminyak© Shutterstock.com

Seperti yang disebutkan, produksi sebum merupakan hal utama penyebab jerawat. Kelenjar sebum juga ada pada kulit kepala dan tubuh bagian atas, namun tidak sebanyak di wajah. Terutama di T-zone.

Maka dari itu, wajah lebih berpotensi untuk timbul jerawat daripada area kulit lainnya. Dan inilah alasan T-zone lebih berminyak daripada area wajah lainnya.

1 dari 7 halaman

Gaya hidup dan skincare yang kurang cocok

 Berolahraga© Shutterstock.com

Gaya hidup berperan penting pada kesehatan kulit. Kurang tidur dan stres bisa menyebabkan beruntusan serta kulit sensitif. Berolahragalah untuk mencegah stres dan memperlancar peredaran darah.

Pemakaian skincare yang kurang cocok dan mengandung pewangi sintetis, tentu saja menyebabkan timbulnya jerawat serta peradangan.

Terkadang, ketombe juga merupakan pertanda timbulnya jerawat. Jangan menyentuh wajah, terutama ketika berada di luar rumah. Selalu bersihkan tangan ketika ingin memakai sesuatu pada wajah.

2 dari 7 halaman

Makanan yang dikonsumsi

 Makanan Sehat© Shutterstock.com


Alergi pada bahan makanan tertentu bisa menyebabkan jerawat. Ketahui bahan makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi untuk menghindarinya.

Hindari produk olahan susu, kacang, tinggi gula maupun sodium serta makanan cepat saji. Konsumsi makanan yang mengandung antioksian dan kaya serat. Jangan lupa minum air dua liter sehari.

(Sumber: Miss Kyra)

3 dari 7 halaman

Lenyapkan Komedo dengan Tiga Cara Alami

Dream - Meskipun berada di luar ruangan terasa menyenangkan, tapi polusi, kotoran atau paparan sinar matahari bisa membahayakan kulit.

Masalah kulit yang paling sering timbul karena polusi adalah komedo atau blackheads. Wajahmu akan terasa kasar dan pori-pori membesar.

Kondisinya akan semakin buruk jika kotoran bercampur sebum dan menyumbat pori-pori. Jika ingin mengatasinya, gunakan bahan alami yang dilansir dari Miss Kyra berikut ini.

Tetesan Lemon: Tetesan lemon mengandung asam sitrat yang bermanfaat sebagai eksfoliator alami. Oleskan tetesan lemon pada komedo dan biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas. Ini akan menghilangkan sel kulit mati dan blackheads.

  Jerawatan© shutterstock.com

Teh Hijau: Selain dapat membantu penurunan berat badan, teh hijau sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit karena kandungan antioksidan serta vitamin.

Celupkan kantubg teh hijau ke air hangat selama 1 jam dan oleskan pada wajah hingga mengering. Lalu, cuci dengan air bersih.

  Jerawatan© shutterstock.com

Cinnamon: Cinnamon memiliki banyak kandungan yang bersifat antibakteri yang bisa mengatasi blackheads. Buatlah face pack yang terbuat dari campuran madu dan cinnamon dengan perbandingan 1:2.

Gunakan masker selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Setelah dibersihkan, aplikasikan pelembap ke seluruh wajah.

4 dari 7 halaman

Dzarirah, Obat Jerawat Istri Rasul

Dream - Jerawat terkadang membuat seseorang tidak percaya diri tampil di depan umum, khususnya para kaum hawa. Beragam cara pengobatan pun diupayakan untuk menghilangkan jerawat.

Hal itu rupanya juga dilakukan salah satu istri Rasulullah SAW. Dalam kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim diriwayatkan, Siti Aisyah menceritakan dia memegang minyak wangi dzarirah, kemudian membubuhi minyak itu kepada Rasulullah. Peristiwa itu terjadi pada hajjatul wada (haji perpisahan) untuk melakukan tahallul (mencukur rambut) dan ihram.

" Saya meminyaki Rasulullah SAW dengan tanganku dengan menggunakan Dzarirah (arum) pada haji wada selam ihram," dikutip dari buku pintar kedokteran nabi karya Ibnu Qayyin al-jauziyah hal 152, terbitan PT Fathan Prima Media.

Berdasarkan hadits tersebut, maka untuk mengobati jerawat yang hinggap pada bagian tubuh ialah dengan cara memberikan minyak wangi dzarirah. Rasulullah SAW memang tidak menyebutkan bentuk jerawatnya secara spesifik.

Namun, tidak sedikit orang yang meyakini bahwa minyak wangi dzarirah dapat mencakup semua jenis penyakit jerawat.

Dzarirah merupakan obat India yang terbuat dari batang pohon arum. Sifat pohon arum yang mempunyai panas dan kering diyakini dapat menyembuhkan radang perut dan lever.

(Ism, Sumber: Merdeka.com)

5 dari 7 halaman

5 Cara Cepat dan Mudah Samarkan Bekas Jerawat

Dream - Untuk membuat riasan yang sempurna, kulitmu harus sehat dan mulus. Lalu, bagaimana dengan bekas jerawat?

Bekas jerawat yang mengakibatkan perbedaan warna kulit, bisa diatasi dengan produk pencerah. Sedangkan bekas jerawat yang mengubah tekstur kulit, dapat diatasi dengan melakukan eksfoliasi.

Dilansir dari Female Network, berikut tips mengatasi bekas jerawat agar penampilan wajah lebih mulus.

Gunakan Pembersih Wajah yang Ringan

Jangan sampai bekas jerawatmu teriritasi. Oleh karena itu, gunakan pembersih wajah yang ringan agar tekstur wajah tetap terjaga selagi membersihkan kotoran.

   shutterstock© shutterstock.com

Pilih Kandungan yang Tepat

Bahan terbaik untuk mencerahkan bekas jerawat dan mengatasi beruntusan adalah retinol, asam glikolat, asam salisilat dan asam azelaic. Kamu juga bisa memilih produk yang mengandung niacinamide dan vitamin C untuk memudarkan pigmentasi.

6 dari 7 halaman

Jangan Berlebihan

Ketika menggunakan bahan aktif, kamu harus memperhatikan jumlahnya. Misalnya, mengaplikasikan retinol dan asam glikolat di saat yang bersamaan akan membuat merusak kulit. Kamu bisa menggunakannya di hari yang berbeda agar lebih aman.

   shutterstock© shutterstock.com

Pakai Pelembap

Pelembap dapat membantu menghaluskan dan memperbaiki tekstur kulit. Gunakan pelembap yang mengandung snail mucin, teh hijau atau Centella Asiatica. Bahan tersebut juga bisa memperkuat jaringan kulit.

7 dari 7 halaman

Pakai Tabir Surya

Memakai bahan aktif saat beraktivitas akan membuat kulit sensitif terhadap sinar UV. Oleh karena itu, gunakan tabir surya untuk menjaga kulit dari paparan sinar UV yang bisa memperburuk bekas jerawat.

   shutterstock© shutterstock.com

Beri Komentar
Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting