Manfaat Minyak Peppermint untuk Rambut yang Memberi Sensasi Dingin

Reporter : Shania Suha Marwan
Sabtu, 15 Oktober 2022 07:01
Manfaat Minyak Peppermint untuk Rambut yang Memberi Sensasi Dingin
Ini dia segudang manfaat minyak peppermint untuk rambut

Dream - Mendengar kata peppermint biasanya kita akan terbayang sebuah permen yang menghadirkan sensasi dingin ketika melumer dalam mulut. Rasa dingin dari peppermint yang berasal dari daun itu memang merupakan sifat alami dari zat tersebut. 

Namun pernahkah Sahabat Dream memanfaatkan peppermint dalam bentuk minyak atau biasa disebut minyak atsiri peppermint. Sama-sama memberikan sensasi dingin, minyak atsiri pepperminta ternyata memiliki banyak manfaat yang diperlukan tubuh. 

Dalam penggunaannya, minyak peppermint tak bisa digunakan sendiri. Minyak ini harus lebih dahulu dicampurkan bersama dengan minyak pembawa seperti minyak zaitun atau minyak argan Tujuannya untuk menghindari iritasi ketika digunakan. 

Selain bisa digunakan untuk kesehatan, minyak atsiri peppemint juga dapat memberikan manfaat untuk rambut dan kulit kepala. 

Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan minyak peppermint pada rambut:

1 dari 4 halaman

Mempercepat Proses Pertumbuhan Rambut 

Pertama, minyak peppermint dapat berkerja untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut.

Berkat kandungan menthol yang ada pada peppermint, kandungan ini dapat bantu menstimulasi peraliran darah di kulit kepala sehingga bantu mempercepat proses pertumbuhan rambut. 

© Peppermint/ Ilustrasi/Shutterstock

Melembapkan Kulit Kepala Kering 

Minyak peppermint juga memiliki manfaat untuk melembapkan kulit kepala yang kering, namun untuk menggunakannya kamu perlu mencampurkannya dengan minyak pembawa. 

Cara menggunakan kamu tinggal mengaplikasikan minyak pepermint yang sudah dicampur bersama minyak argan atau minyak zaitun ke kulit kepala, sebelum keramas minimal 30 menit. 

2 dari 4 halaman

Menguatkan Rambut

Minyak peppermint juga dapat memberikan manfaat untuk membuat akar rambut menjadi lebih kuat. 

© Rambut/ Ilustrasi/Shutterstock

Dengan menggunakannya pada kulit kepala sevara rutin, kamu akan mendapatkan manfaat signifikan dari minyak peppermint. 

(Sah, Sumber: food.ndtv)

3 dari 4 halaman

Manfaat Peppermint Oil pada Skincare untuk Kesehatan Kulit

Dream - Biasanya, peppermint oil digunakan pada permen atau produk makanan lainnya. Peppermint memiliki rasa yang segar dan menenangkan.

Namun ternyata peppermint oil juga terdapat pada skincare dan bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Dilansir dari Skincare.compeppermint oil terkandung dalam skincare karena memiliki bau yang sangat enak, menyejukkan dan menenangkan.

Berdasarkan penelitian, peppermint oil juga memiliki kandungan antimikrobial yang dapat membuat kulit lebih sehat dan tidak rentan mengalami berbagai masalah

4 dari 4 halaman

Walaupun bermanfaat, tapi peppermint oil juga bisa menyebabkan iritasi. Cobalah paparkan produk yang mengandung peppermint oil pada tangan untuk mengetahui respon kulit dan mencegah iritasi.

Terutama, jika kamu ingin memakainya pada bibir, wajah atau area yang sensitif. Biasanya, peppermint oil terkandung pada lip balm agar lebih segar.

Peppermint oil juga terkandung pada sabun mandi dan sampo yang bermanfaat untuk mengatasi serta mencegah ketombe.

Selain peppermint oil, biasanya produk tersebut juga mengandung aloe vera, vitamin E, witch hazel serta minyak kelapa untuk melembapkan dan menjaga kesehatan kulit

(Sumber: Skincare.com)

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More