Susu Bisa Sebabkan Jerawat, Benarkah?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 28 November 2022 08:12
Susu Bisa Sebabkan Jerawat, Benarkah?
Simak penjelasan dokter kulit tentang klaim tersebut.

Dream - Makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari sangat berpengaruh pada kesehatan kulit. Berbagai jenis makanan bisa memberikan reaksi berbeda pada kulit setiap orang.

Salah satu jenis minuman yang sering diklaim berdampak buruk pada kulit adalah susu. Padahal, susu seringkali disarankan untuk dikonsumsi agar daya tahan tubuh terjaga dan memenuhi nutrisi maupun gizi.

Anggapan susu yang bisa berdampak pada kesehatan kulit tersebut diungkapkan oleh Dokter Kulit, Sonia Tekhchandani. Berikut penjelasan seputar dampak susu pada kulit menurut Sonia dilansir dari Food.ndtv.com.

1 dari 7 halaman

Dapat Meningkatkan IGF

Ilustrasi Mengalami Masalah Kulit© Shutterstock

Foto: Shutterstock

IGF merupakan hormon pertumbuhan yang ada dalam susu dan dapat menyebabkan peradangan maupun masalah pada kulit. Jadi, kamu perlu mengontrol konsumsi susu jika sering mengalami masalah kulit setelah mengonsumsinya.

2 dari 7 halaman

Bisa Meningkatkan Kadar Insulin

Mengukur Kadar Insulin© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Susu dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Akibatnya, produksi sebum pada kulit pun meningkat dan bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori serta munculnya jerawat maupun komedo.

3 dari 7 halaman

Mendorong Produksi Hormon Androgen

Peningkatan kadar hormon androgen dapat memicu produksi sebum, perubahan aktivitas sel kulit, peradangan, serta kolonisasi folikel rambut oleh bakteri. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Meningkatkan Produksi Minyak

Susu dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit. Sehingga, wajah pun akan terasa lebih lengket, mudah berkomedo, berjerawat, dan kusam.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita

4 dari 7 halaman

Jerawat Muncul di Punggung, Ini Cara Mencegah dan Mengatasinya

Dream - Tidak semua orang beruntung memiliki kulit bebas jerawat. Terkadang, orang yang wajahnya mulus justru berjerawat di punggung atau bokong.

Penyebab jerawat di punggung maupun bokong hampir sama dengan di wajah, yaitu penumpukan kotoran maupun minyak, iritasi, pengaruh hormonal, serta genetik.

Bahkan menurut Dokter Kulit, Arthur Simon, jerawat bisa disebabkan gesekan punggung dengan tas atau tali bra. Hal itu bisa dilihat dari letak jerawat di punggung atau pundakmu.

Walau sangat mengganggu dan cukup sulit diatasi, Sahabat Dream bisa mencegah serta menyembuhkannya dengan cara yang disarankan Arthur berikut ini.

5 dari 7 halaman

1. Hindari Pemakaian Pakaian Terlalu Ketat

Memakai Pakaian Longgar© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Pakaian terlalu ketat akan bergesekan dengan kulit saat beraktivitas. Akhirnya, kulit pun lebih mudah iritasi dan berjerawat. Apalagi, jika bahan pakaian yang dikenakan tidak menyerap keringat.

Jadi, gunakan pakaian berbahan ringan, sejuk, longgar, dan berbahan natural agar lebih aman untuk kulit serta bisa mencegah munculnya jerawat.

6 dari 7 halaman

2. Segera Mandi Setelah Berolahraga

Mandilah setelah berolahraga untuk menghilangkan kuman, bakteri, dan kotoran penyebab jerawat. Jika tidak bisa segera mandi, gantilah pakaianmu dengan baju bersih untuk sementara. Tentunya, pakaian yang digunakan harus longgar, berbahan ringan, sejuk, serta bisa menyerap keringat.

3. Cuci Pakaian Olahraga Setelah Berkeringat

Mencuci Pakaian© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Segera cuci pakaianmu setelah digunakan dan terkena keringat agar kuman, bakteri, maupun kotoran yang terserap bisa segera hilang. Sehingga, kamu tidak akan berisiko mengidap masalah kulit saat memakainya kembali.

7 dari 7 halaman

4. Gunakan Sabun yang Dapat Membersihkan Kulit Secara Ekstra

Temukan sabun yang mampu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan tubuhmu secara ekstra tanpa menyebabkan iritasi. Kamu bisa mencari sabun yang mengandung AHA, BHA, atau PHA untuk mengeksfoliasi kulit.

5. Jangan Pencet Jerawat

Atasi jerawat dengan produk perawatan kulit yang mengandung bernzoyl peroxide atau retinol. Kamu bisa menggunakan serum yang dipakai di wajah atau krim lainnya.

Jangan pencet jerawat agar tidak meninggalkan bekas menonjol, keloid, atau hiperpigmentasi yang dapat merusak penampilan.

Beri Komentar