4 Asupan yang Lebih Nikmat dan Bergizi Jika Disantap Mentah

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 28 Juli 2021 17:48
4 Asupan yang Lebih Nikmat dan Bergizi Jika Disantap Mentah
Tak perlu dimasak jika kamu mendapatkan bahan makanan berikut dalam bentuk organik.

Dream – Bahan makanan biasanya dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat. Alasan lainnya adalah untuk menghilangkan virus dan bakteri yang mungkin ada di dalamnya.

Tahukah Sahabat Dream sebenarnya ada beberapa makanan yang lebih baik disantap mentah. Terutama jika bahannya diolah secara organik, tanpa menggunakan pestisida atau mengalami rekayasa genetika.

Kini tren mengonsumsi makanan segar organik dalam keadaan mentah sedang sangat diminati atau dikenal dengan 'raw foodism'. Mungkin kamu juga ingin mencobanya di rumah.

Bukan hanya lebih sehat, tapi juga kita bisa mencicipi makanan dengan rasa aslinya dan bonusnya bisa membantu menurunkan berat badan. Mulai dari mana? Coba saja konsumsi empat makanan ini dalam keadaan mentah. Pastikan membeli yang organik.

1. Bawang Bombay

Dihindari Karena Bau Mulut, Begini Manfaat Ajaib Bawang Bombay untuk Kesehatan© MEN

Bawang Bombay digunakan sebagai bahan dasar untuk memasak sayuran bersama dengan tomat dan rempah-rempah. Saat dimakan mentah, bawang bombay memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan karena mengandung nutrisi dan antioksidan yang baik untuk hati. Allicin (bau bawang) dapat mengurangi penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, mencegah agregasi trombosit, dan memiliki sifat anti inflamasi. Bawang juga membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengandung antibakteri.

 

1 dari 3 halaman

2. Brokoli

Brokoli© Pexels.com

Sayuran ini mengandung vitamin C, kalsium, potassium, protein, dan sulforaphane (senyawa yang ditemukan untuk melawan sel kanker, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, memberikan antioksidan yang membantu anti penuaan dan kekebalan tubuh). Kamu dapat menambah irisan brokoli dalam salad atau sup yang hangat.

 

2 dari 3 halaman

3. Tomat

Yuk Bikin Masker Tomat, Agar Wajah Bebas Jerawat© MEN

Tomat mengandung likopen dan antioksidan yang membantu menurunkan kolesterol dan penurunan berat badan. Buah ini juga membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan kulit, dan mengurangi risiko terbakar sinar matahari. Akan lebih baik dikonsumsi langsung.

 

3 dari 3 halaman

4. Kacang

Edamame, Bahan Kaya Gizi untuk MPASI Bayi© MEN

Kacang memang paling enak dinikmati jika sudah diolah dengan digoreng/ dipanggang dan diberi garam. Ternyata hal itu mengurangi nilai gizi, menyebabkan hilangnya zat besi dan magnesium. Selain itu, minyak yang digunakan dalam proses pemanggangan menambah kalori dan lemak ekstra. Kacang mentah dapat menjadi camilan instan yang rendah kalori.


Laporan: Angela Irena Mihardja

Beri Komentar