5 Makanan Olahan yang Cocok untuk Anak Indekos

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 12 Januari 2021 10:45
5 Makanan Olahan yang Cocok untuk Anak Indekos
Awet, nggak perlu repot masak-masak besar.

Dream - Indekos jadi pilihan tempat tinggal buat para perantau baik dari luar maupun dalam kota demi menyingkat waktu perjalanan menuju tempat bekerja maupun kuliah.

Selain menghemat waktu, anak indekos juga harus bisa menghemat biaya kebutuhan sehari-hari. Ya, hidup jauh dari keluarga mengharuskan kita untuk terbiasa mandiri.

Makan, mencuci pakaian, hingga membersihkan ruangan sendiri.

Ilustrasi© Shutterstock

Tapi, apa sih yang paling identik dengan anak indekos pada umumnya di Indonesia? Mi instan? Bisa jadi.

Saking harus menghemat, para anak indekos rela menyantap asupan sehari-hari yang bisa dibilang jauh dari masakan rumahan apalagi buatan sang bunda.

Buat Sahabat Dream yang tengah menjalani masa-masa indekos, coba menggeser menu-menu instan menjadi menu hemat bergizi seperti berikut ini berdasarkan pengalaman anak indekos Yuni Puspita Dewi:

1 dari 5 halaman

1. Tempe orek

Bentuknya ada yang panjang dan tipis atau kotak tebal. Saat membuat tempe orek, kamu memerlukan kecap dan gula merah sebagai bahan olahan yang membuatnya awet.

Membuatnya sangat mudah dan murah, karena kamu hanya memerlukan tempe lalu mencampurkannya dengan tumisan sambal yang diberi gula merah dan kecap.

Selain awet, tempe orek juga sangat praktis, karena tidak selalu dihangatkan ketika ingin menyantapnya. Maka dari itu pastikan buat dengan stok yang banyak, ya!

Ilustrasi© Shutterstock

2. Baby cumi asin sambal matah

Cumi asin merupakan salah satu seafood kering yang awet, dengan olahan yang tepat, makanan ini bisa menjadi refrensi lauk awet berikutnya.
Kamu bisa gunakan sambal matah untuk membuat olahan cumi asin agar menjadi lebih enak untuk dinikmati.

Membuatnya juga mudah yaitu mencampurkan cumi menggunakan sedikit minyak.

Campurkan potongan cabai merah, cabai hijau, bawang merah, bawang putih, daun jeruk dan tak lupa beri sedikit garam dan perasan jeruk nipis agar segar. Taruh di kulkas agar bisa tahan lama.

2 dari 5 halaman

3. Kentang mustofa

Kentang mustofa merupakan makanan praktis yang awet selanjutnya, cara membuatnya mudah yaitu rendam kentang yang sudah diiris/parut dengan air garam sekitar 30 menit, lalu goreng.

Masukan bumbu halus seperti cabai dan bawang, beri garam, ketika kering masukkan minyak secukupnya, lalu matikan kompor dan tunggu hingga dingin lalu aduk dengan kentang.

Simpan di tempat yang rapat agar lebih awet.

Ilustrasi© Shutterstock

4. Abon

Abon merupakan makanan yang sangat tahan lama dan enak. Selain sapi, kini juga abon terdapat ragam varian rasa seperti abon lele, patin, dan ayam.

Abon sangat cocok sebagai lauk utama dan dimakan ketika nasi panas. Selain enak, abon juga sangat berigizi. Jangan lupa, simpan di tempat yang tertutup agar awet.

3 dari 5 halaman

5. Tahu krispi

Selain sebagai camilan, tahu krispi juga bisa jadi salah satu pilihan lauk yang awet, lho. Caranya, gunakan tahu bagian luar yang digoreng lalu aduk bersama telur dan tepung.

Tambahkan bumbu penyedap pada tahu krispi, kamu bisa simpan dan menjadikannya teman nasi atau sekadar camilan pengisi perut di malam hari.

Ilustrasi© Shutterstock

Mungkin sering anak indekos sibuk kuliah atau kerja sehingga tidak sempat masak, kamu bisa dapatkan deretan menu di atas di beberapa gerai makanan atau Warteg dekat indekos yang sudah dijamin harga sangat cocok untuk anak indekos.

Jangan lupa untuk selalu menutup rapat makanan dan tetap cek makanan apakah masih layak dimakan atau tidak. Selamat mencoba!

Repoter: Yuni Puspita Dewi

4 dari 5 halaman

Mencicipi Sensasi Seruput Kopi Rasa Kelapa

Dream - Menyeruput kopi tak lagi sekadar menghilangkan kantuk tapi sudah menjadi tren gaya hidup. Lihat saja banyaknya kedai kopi yang menawarkan minuman berbahan kopi dengan segala macam variasinya.

Salah satu variasi baru yang sempat menjadi tren di kalangan penikmat kopi adalah penggunaan pemanis dari gula aren. Hampir semua kedai kopi menyediakan menu minuman kopi ini.

Untuk membawa sensasi berbeda menikmati minuman pahit ini, Jebolan Masterchef Season 5, Stefani Horison dan Urban Latte mengeluarkan dua menu baru, yakni Coconut Coffe dan Irish Coffe Cream.

" Urban Latte tidak hanya menawarkan kenikmatan kopi, tapi juga terus berinovasi dengan meluncurkan dua menu baru yang rasanya premium, classy dan classic," kata President Director Pt Excelso Multi Rasa, Kevin Mergonoto di Plaza Indonesia, Jumat, 8 Januari 2021.

kopi© Dream.co.id

5 dari 5 halaman

Stefani merasa Coconut Coffe dan Irish Coffe cream memberikan rasa kopi yang berbeda dari kebanyakan. Karena dua menu ini bisa dikonsumsi oleh orang yang bukan pecinta kopi.

" Kopi susu udah banyak, saya cari yang beda, dua menu ini ada rasa manis, pahit dan gurih juga," ujar Stefani.

Untuk rasa coconut coffee, juara satu Masterchef ini mengaku merasakan sensasi rasa yang unik. Di dalam setiap seduhannya terdapat crumble dari kelapa.

" Jadi coffe coconut itu bukan cuma santan, tapi ada cara lain, ada crumble-nya ada tekstur dirasa kopinya," ungkap dia.

Sedangkan kopi rasa irish coffe cream akan membawa konsumen merasakan sensasi berbeda perpaduan rasa kopi yang kuat dipadu dengan irish. " Kami membuat menu semua menu menjadi fun, perpaduan rasa yang unik dan sensasi tekstur di lidah yang beda," katanya.

Beri Komentar