Cari Tahu Perbedaan Fungsi Kari dalam Olahan Masakan

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 15 Juni 2018 13:20
Cari Tahu Perbedaan Fungsi Kari dalam Olahan Masakan
Kari memiliki bentuk yang cukup beragam, bukan hanya masakan saja.

Dream – Apa yang terlintas saat mendengar kata kari? Ada yang menjawab masakan, daun atau bumbu. Tak ada yang salah. Kari memang memiliki bentuk yang cukup beragam, bukan hanya masakan saja.

Ada daun kari dan bumbu dasar yang merupakan campuran dari berbagai rempah. Penasaran apa perbedaan fungsinya dalam masakan?

Daun kari

 Daun kari

Daun kari merupakan hasil dari pohon kari yang memiliki nama Murraya Koenigii. Daun ini sering menjadi penyedap masakan di India Selatan. Daun yang tergolong dari tumbuhan jeruk ini berwarna hijau mengilap dan memiliki aroma kuat. Ada berbagai cara memasak daun kari, salah satunya adalah digoreng dalam minyak untuk mengeluarkan rasa dan aromanya.

Bumbu kari

 bubuk kari


Bumbu kari merupakan campuran dari berbagai rempah-rempah, seperti jinten, ketumbar, kunyit, jahe, mustard kering, fenugreek, dan lada hitam. Ide bumbu ini berasal dari Inggris. Nama kari pun diambil dalam bahasa Inggris “ curry” menjadi “ kari”.

Masakan

 Kari

Kari merupakan hidangan daging dan sayuran yang dimasak dalam saus dengan dibumbui serta disajikan dengan nasi. Di Jepang, kari sering dihidangkan dengan daging, sayuran, saus, dan nasi. Sementara di Thailand, hidangan ini ditambahkan dengan cabai merah dan santan, malah lebih terlihat seperti sup.

Di Jamaika, terkenal akan kari kambing dengan cabai pimento dan merica asal Jamaika, yakni allspice. Jika bepergian ke India, menu kari tidak tertulis di negara tersebut. Tapi, Anda bisa memesan Malai Kofta, Matar Paneer atau Dum Aloo yang rasa dan bentuknya sama seperti kari.

Laporan: Dina Nazhifah

Sumber: Huffingtonpost

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'