Dua Olahan Ayam Indonesia yang 'Go International'

Reporter :
Minggu, 11 November 2018 14:00
Dua Olahan Ayam Indonesia yang 'Go International'
Ternyata ada menu ayam goreng Indonesia yang eksis di luar negeri dan sangat disukai.

Dream - Sajian ayam tak akan pernah 'gagal', terutama ayam goreng. Di negara barat, ayam goreng adalah ayam yang dibalur tepung gurih, lalu digoreng dengan cara direndam di minyak panas.

Sedangkan di Indonesia, sajian ayam gorengnya tentu berbeda. Dibumbui kuning berupa campuran kunyit, bawang dan kemiri lalu 'diungkep' hingga bumbu meresap, kemudian digoreng.

Ternyata ada menu ayam goreng Indonesia yang  eksis di luar negeri dan sangat disukai. Yaitu ayam goreng Yogyakarta atau kita sering menyebutnya ayam keremes. Terbuat dari campuran bumbu bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, jahe, dan lada.

Pembuatannya juga sangat mudah. Ketika ayam sedang diungkep, disiram air kelapa setelah matang, kemudian angkat ayam untuk digoreng. Sementara, sisa bumbu ungkepan tersebut ditambahkan air kelapa lagi dan tepung beras untuk digoreng menjadi kremesan nan gurih.

Ayam kremes juga tidak hanya dapat ditemukan di Indonesia, tapi juga hadir di California, Amerika Serikat. Tepatnya di salah satu restoran Merry's House of Chicken yang berhasil mengolah bumbu yang sama seperti ayam kremes khas Yogyakarta.

1 dari 1 halaman

Ayam Penyet Juga Banyak Diminati

Menu lainnya yang juga banyak dicari di luar negeri adalah ayam penyet. Menu ini adalah istilah yang berasal dari bahasa Jawa, artinya lumat atau tumbuk.

 Ayam penyet

 

Pada dasarnya, ayam penyet ini dibuat dari olahan tempe yang direndam dalam air kaldu dengan bumbu garam dan ketumbar. Ayam kemudian digoreng dan disajikan dengan sambal.

Beberapa orang yang memakannya terbiasa menambahkan ayam yang disatukan dengan sambal tersebut. Maka, banyak yang menyebutnya menjadi ayam penyet.

Salah satu makanan khas Jawa Timur ini menggunakan ayam dengan potongan utuh, seperti dada, paha, hingga ayam yang tulangnya masih menempel. Perbedaan lainnya, daging ayam hanya dipenyet di atas cobek berisi sambal tomat atau sambal terasi. Hasilnya daging menjadi lebih pipih, tapi tak sampai hancur.

Semakin ke sini, sambal yang digunakan untuk ayam penyet bervariasi. Ada yang menyajikannya bersama sambal hijau, sambal korek, hingga sambal bawang, tentu sesuai selera Anda.

Biasanya ayam harus diungkep terlebih dahulu dengan bumbu kuning hingga meresap, sebelum digoreng dan dipenyet. Tujuannya, supaya rasa daging ayam penyet lebih sedap lagi.

Ayam Penyet asli Surabaya ini dapat Anda temukan di beberapa negara tetangga, seperti Brunei, Malaysia, dan Singapura. Jadi, tidak perlu khawatir saat Anda berlibur ke negara-negara tersebut.

Sumber: Asnida Riani/ Liputan6.com

Beri Komentar
Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri