Langkah Mudah Lengkapi Kebutuhan Nutrisi Dengan Daging Merah

Reporter : Iwan Tantomi
Kamis, 9 Desember 2021 17:23
Langkah Mudah Lengkapi Kebutuhan Nutrisi Dengan Daging Merah
Berikut langkah mudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan daging merah.

Tubuh butuh lebih dari sekadar sayur dan buah untuk bisa bekerja optimal. Salah satu yang bisa melengkapi kebutuhan gizi tubuh adalah daging merah, karena memiliki banyak zat yang berguna bagi tubuh, salah satunya untuk meningkatkan imunitas. Hal ini pun dibenarkan oleh pakar nutrisi Emilia Achmadi. Menurutnya kunci membangun imunitas tubuh terdapat pada keseimbangan asupan protein, baik protein nabati atau hewani seperti daging merah.

"Makanlah aneka ragam makanan pokok, tidak dianjurkan mengeliminasi satu pun jenis grup makanan," kata Emilia dalam acara Beef Talk yang diinisiasi Meat and Livestock Australia (MLA) melalui True Aussie Beef, pada Rabu (8/12), di Tamarind and Lime, Jakarta. Ia menyarankan untuk memilih daging merah rendah lemak dan berkualitas yang rendah kalori dan tinggi kandungan protein, zat besi, hingga zinc alias seng. "Daging merah mengandung zinc yang krusial dalam membentuk imunitas," imbuhnya.

Lebih lanjut, berikut langkah mudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan daging merah.

1 dari 3 halaman

Daging Merah Mengandung Gizi yang Dibutuhkan Semua Umur

Emilia Achmadi© MLA

Lebih lanjut, Emilia menambahkan, daging merah mengandung nutrisi yang dibutuhkan semua umur, mulai dari anak usia enam bulan hingga orang dewasa. Menurutnya daging merah mengandung zat besi dan seng dalam daging merah punya banyak manfaat. Mulai bermanfaat untuk mengobati anemia, menaikkan kadar hemoglobin, mengurangi kelelahan, mendorong imunitas, meningkatkan konsentrasi dan membuat individu bisa beristirahat lebih baik. Selain itu, setiap 100 gram daging sapi mengandung sekitar 20–25 gram protein. Daging merah juga kaya kandungan Vitamin B12 hingga kolagen, khususnya di bagian kaki sapi.

2 dari 3 halaman

Cara Mengonsumsi Daging Merah yang Tepat

Meskipun menyehatkan, tentu tidak disarankan mengonsumsi daging merah secara berlebihan. “ Makanlah daging sapi sebanyak 3-4 kali seminggu di mana setiap porsi nya adalah @100-125 gram sekali makan atau sekitar 400-500 gram per minggu,” jelas Emilia. Ia juga menjelaskan cara mengolah daging merah yang tepat, yaitu grill sebentar saja. Bisa juga dengan ditumis, agar kandungan Vitamin B12 di dalamnya tak sampai rusak, sehingga daging merah tetap bernutrisi saat dikonsumsi.

Chef Chandra Yudasswara© MLA

Turut hadir juga Chef Chandra Yudasswara di acara Beef Talk ini. Ia juga membagikan tips cara mengolah daging sapi yang tepat. “ Bagian bawah seperti hips atau kaki, baiknya diolah dengan wet cook. Misal seperti dibuat makanan berkuah. Kalau tebalnya 3cm baiknya masaknya 11 menit pada temperatur 180 derajat saja agar tetap juicy. Sementara untuk memotong, sebaiknya melawan arah serat, agar lebih mudah digigit,” ungkapnya.

Chef Chandra menyajikan menu Indonesia Asian Influence dalam Beef Talk ke-4, seperti Asam Pedas Garang Shank Beef Marrow Soup with Santa Julia Chardonnay sebagai appetizer. Main Course yang pertama adalah Grilled Grain Feed Beef, Urap Rempah, Nutmeg & Leek Potato with Santa Julia Malbec. Main Course kedua adalah Sher Wagyu Topside, Coconut Galangal Spice Jus & Nasi Bakar Oncom with Santa Julia Reserva Malbec Cabernet Franc.

3 dari 3 halaman

Pilihan Daging Merah Berkualitas untuk Lengkapi Kebutuhan Nutrisi Harian

Setelah tahu betap besar manfaat daging merah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, langkah berikutnya adalah memilih daging merah berkualitas. Tak perlu bingung, kamu bisa mengandalkan Meat and Livestock Australia (MLA). Seperti diketahui, MLA hadir membantu menyediakan kebutuhan daging sapi dan domba dari Australia yang tentunya berkualitas dan menyehatkan.

Kualitas daging sapi Australia #TRUEAUSSIEBEEF pastinya telah diakui di berbagai belahan dunia. Tak berlebihan, karena memang MLA menerapkan standar baku mutu yang sangat ketat demi menjamin kepuasan konsumen. MLA mengusung kategori #TRUEAUSSIEBEEF yang mewakili 3 pilar, yaitu ideal home, peace of mind, dan pure enjoyment.

Daging Australia memang dikembangbiakkan di tempat yang ideal, yaitu Australia yang memiliki iklim, cuaca, dan kondisi yang sangat natural dengan banyaknya pakan rumput. Sehingga daging yang dihasilkan menjadi lebih tender, lebih lembut dan terbebas dari zat adiktif dan hormon artifisial.

Daging Australia diproduksi dengan sistem dan standar keamanan pangan yang ketat untuk memastikan kualitasnya. Sistem Identifikasi Ternak Nasional (NLIS) adalah sistem Australia untuk identifikasi dan pelacakan untuk keamanan hayati, keamanan pangan, integritas produk, dan akses pasar.

Pilar ketiga adalah menonjolkan pure enjoyment dimana hasil kerja keras para peternak Australia bisa dinikmati oleh semua penduduk baik itu penduduk Indonesia maupun negara lainnya. Apalagi Daging Australia telah disertifikasi halal oleh MUI.

Valeska selaku Chief Representatif MLA Indonesia yang turut hadir di Beef Talk, menjelaskan jika pihaknya berupaya terus mengedukasi manfaat daging merah dalam menjaga kesehatan. “ Banyak mitos daging merah tidak baik, tinggi lemak dan tinggi kolesterol dan lain-lain. Padahal ini tergantung porsi. Lewat acara ini, kita bisa membagikan fakta tentang nutrisi dan memberikan kreasi-kreasi daging merah dari chef ternama. Kita balut topik serius tentang nutrisi daging menjadi lebih menyenangkan. Apalagi daging ini diproses dengan kualitas yang baik. Perawatan sapinya, produksi sampai pengepakan semua sangat ketat. Kualitas dan reputasi daging tak perlu diragukan lagi. Jadi Beef Talk ini bisa mengedukasi bahwa daging sapi beda-beda, dari proses diternak sampai ke piring, sekaligus mengajak masyarakat untuk memilih daging yang baik nutrisinya dan juga baik untuk kita semua,” ungkapnya.

Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai program-program dari True Aussie Beef Indonesia dengan follow social media MLA, yaitu Instagram @trueaussieid, YouTube True Aussie Indonesia Official dan website www.trueaussiebeefandlamb.id. Jadi, jangan ragu lagi memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan mengonsumsi daging merah terbaik secara tepat ya.

Beri Komentar