Lagi Viral! Chef Inggris Di-bully Karena Rendang

Reporter : Sugiono
Selasa, 3 April 2018 14:20
Lagi Viral! Chef Inggris Di-bully Karena Rendang
Diserang netizen Malaysia, Si Chef malah coba mengadu domba dengan menyebut rendang asli Indonesia.

Dream - Juri Masterchef Inggris, John Torode dan Gregg Wallace panen cacian dari para pengguna Twitter. Sebagai seorang chef yang seharusnya mengusai beragam masakan, penilaian mereka terhadap masakan rendang ayam malah dianggap keliru. 

Cibiran muncul usai keduanya tampil di perempat final ajang kompetisi memasak Masterchef UK. Di ajang itu, peserta asal Malaysia, Zaleha Kadir Olpin, harus tersingkir. 

Zaliha menyajikan menu Nasi Lemak dan Ayam Rendang. Sayangnya, suguhan Zaleha mendapat kritikan pedas dari Torode dan Gregg. 

Kedua juri yang merupakan chef itu menyebut seharusnya ayam yang disajikan Zaleha bertekstur kering di luar dan lembut di dalam. Tidak hanya itu, mereka juga mengatakan terlalu banyak saus menempel di ayam Zaleha.

" Saya suka rasa rendang. Ada rasa manis dari santannya. Tapi kulit ayam ini tidak renyah. Tidak bisa dimakan dan semua bumbunya menempel pada kulit, saya tidak bisa memakannya," kata Wallace.

Torode menimpali komentar Wallace dengan mengatakan cara Zaleha memasak rendang ayam adalah salah.

" Perlu waktu lama untuk memasak agar menjadi lembut dan mudah terburai di dalam. Tapi ayam ini keras dan kuahnya tidak memenuhi selera," kata Torode.

Zaleha sangat kecewa mendengar komentar tersebut. Kritik itu menyebabkan Zaleha harus tersingkir di perempat final.

Meski begitu, di akun Twitter dan Instagramnya, Zaleha mengatakan akan tetap memasak rendang ayam dengan caranya sendiri.

1 dari 2 halaman

Juri Masterchef Disuruh Belajar Lagi

Di media sosial, netizen banyak yang mempertanyakan kelaikan dua juri tersebut dalam menilai masakan Asia. Netizen menyatakan Torode dan Wallace 'tidak paham' bagaimana rendang ayam disiapkan dan dimasak.

" Mereka tidak pantas jadi juri Masterchef jika mereka tidak punya pengetahuan luas tentang kuliner Asia," kata Are Fiq.

Pemilik akun Lapi Zaini mengatakan kedua juri tersebut harus belajar banyak kepada Chef Wan tentang masakan Asia Tenggara. Chef Wan merupakan chef selebriti Malaysia yang bernama asli Datuk Redzuawan Ismail.

Sementara itu, di akun Instagramnya, Zaleha mengatakan kedua juri itu yang seharusnya dieliminasi dari Masterchef Inggris.

Pembelaan juga datang dari Chef Wan. Dia mengatakan tidak mungkin membuat masakan berkuah seperti rendang sambil mempertahankan kerenyahan ayamnya.

2 dari 2 halaman

Jawaban Menohok Juri Masterchef

Netizen lainnya mengritik Torode di akun Twitter-nya dengan mengatakan hidangan klasik tidak boleh diubah-ubah sesuai selera juri.

Tetapi, Torode memberikan jawaban yang tidak kalah sengitnya. Bukan membahas penilaiannya, Torode malah mempertanyakan keaslian masakan rendang.

Torode mengatakan masakan rendang sebenarnya bukan kuliner asli Malaysia, namun hanya adaptasi.

Dia kemudian menyebutkan rendang aslinya berasal dari Indonesia.

Cuitan Torode membuat 'perang rendang' semakin melebar dan panas. Sekarang bukan netizen Malaysia saja yang terlibat. Netizen Indonesia juga ikut berkomentar.

" Mau mencoba mengadu domba Malaysia dan Indonesia soal rendang? Tidak bisa. Kami akan bersatu," tulis Griffin Seannery @g_rentarou88.

(Beq, Sumber: Star Online)

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo