Memasak Ternyata Bikin Tenang Secara Psikologis, Mengapa?

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 2 September 2020 08:36
Memasak Ternyata Bikin Tenang Secara Psikologis, Mengapa?
Bisa jadi terapi saat level stres sedang meninggi.

Dream - Pandemi covid-19 mengubah seluruh dunia dalam hitungan bulan. Pekerjaan yang tak stabil, finansial yang menurun, hanya bisa di rumah, sosialisasi bahkan bisa sangat berbahaya.

Jenuh, sedih, tak bisa melakukan banyak hal, menunda rencana, membatalkan cita-cita, efeknya tentu begitu dahsyat bagi kondisi psikologis. Sahabat Dream sedang merasa sangat stres? Cobalah turunkan level stres dengan memasak.

“ Untuk mengurangi stres, kita harus lebih fokus ke dalam kita sendiri dan apa yang ada di sekeliling kita yaitu keluarga di rumah. Kita bisa berfokus pada hal-hal yang bisa dilakukan di rumah, diantaranya memasak," kata Dessy Ilsanti M.Psi seorang Psikolog Klinis, dalam rilis yang diterima Dream.

Beberapa penelitian pun membuktikan bahwa memasak memiliki berbagai macam manfaat, termasuk menuntaskan kekhawatiran akan higienitas. Untuk kamu yang masih membatasi kegiatan di luar rumah di fase adaptasi kebiasaan baru ini simak beberapa manfaat memasak yang juga sudah dibuktikan oleh para ahli.

 

1 dari 5 halaman

Memberikan kepuasan tersendiri (self-rewarding)

Tips Mudah Goreng Telor Mata Sapi Sempurna© MEN

Bagi yang sering bingung dan bosan berkegiatan di rumah selama tahun 2020 dan mungkin juga sudah lama ingin menguasai kemampuan baru, memasak bisa menjadi salah satu keahlian yang bisa dipelajari dan bisa berpengaruh terhadap perasaan dan pikiran.

“ Dengan bahan yang siap masak sebenarnya sangat memudahkan. Kita tidak harus punya skill ahli dalam memasak, namun tetap memudahkan kita mencapai self rewarding. Jadi kita set standarnya juga jangan ketinggian sehingga mencapainya pun bisa jadi lebih mudah karena kegiatan ini dilakukan sendiri rumah," kata Dessy

 

2 dari 5 halaman

Memasak merupakan cara terapi

Tips Memasak Ayam Agar Cepat Matang© MEN


Menurut Rose Mini, psikolog keluarga, memasak memberikan kenyamanan dan menambah eksistensi diri. Maka dari itu jika seseorang menikmati kegiatan memasak, daya tahan tubuh pun akan meningkat karena berarti ada hormon yang keluar yang membuat kita tidak dalam situasi tegang. Ini yang dapat membantu kita bertahan menghadapi pandemi.

 

3 dari 5 halaman

Memasak membuat lebih kreatif

Sebuah penelitian dari tahun 2016, mengungkapkan bahwa memasak dapat meningkatkan kreativitas dan kebahagiaan. Studi ini mengikuti gerakan dan bahasa tubuh 658 orang selama dua minggu ketika memasak dengan cermat dan mencatat bahwa ketika mereka melakukan hal-hal kecil, bermakna, dan menenangkan seperti memanggang setiap hari, membuat mereka merasa lebih bahagia.

Kreativitas yang terlibat dalam memanggang, menurut para ilmuwan di balik penelitian tersebut, membuat orang merasa lebih ‘membumi’ dan mampu melakukan sesuatu.

Bagi yang merasa tidak bisa masak, atau tak mau repot, mulailah dari mengolah masakan yang simpel. Seperti menu ready to cook (siap masak) yang ada layanan GoFood di aplikasi Gojek.

Kamu bisa langsung pilih hidangan dari banyak resto pilihan. Masak simpel di rumah dan langsung tersaji hangat. 

4 dari 5 halaman

Video Masak ala Anime Viral di TikTok, Seru Abis!

Dream - Tutorial masak kini banyak sekali di berbagai media sosial. Baik di Instagram, Facebook, YouTube, Twitter hingga TikTok. Namun pernahkan Sahabat Dream melihat video masak ala anime?

Sebuah video masak dibuat oleh akun @xiaoxiaodou di TikTok. Tak seperti video masak kebanyakan, akun tersebut menampilkan video masak yang penuh dengan efek dan akrobatik.

Sang pemilik akun merupakan perempuan cantik yang juga kerap berdandan ala anime. Menggunakan pedang lalu memotong beragam sayuran.

Video masak ala anime© TikTok @xiaoxiaodou

Contohnya,  di video tutorial memasak stinky tofu. Ia menaruh pedang panjang ala pendekar di punggungnya.

Pedang itu digunakan untuk memotong beragam bahan lengkap dengan efek dramatisnya. Sangat menghibur!

 

5 dari 5 halaman
Beri Komentar