Hati-hati! Konsumi Nasi atau Pasta yang Disimpan 5 Hari Bisa Mematikan

Reporter : Sugiono
Kamis, 7 Februari 2019 09:44
Hati-hati! Konsumi Nasi atau Pasta yang Disimpan 5 Hari Bisa Mematikan
Makanan yang tersimpan selama beberapa hari tidak hanya menyebabkan keracunan, tapi juga kematian.

Dream - Suka mengonsumsi nasi atau pasta yang tersimpan selama beberapa hari? Sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan tersebut.

Sebab, nasi atau pasta yang tersimpan selama beberapa hari akan mengandung bakteri beracun bernama Bacillus Cereus.

Bakteri yang terkenal dengan sebutan B. cereus bukanlah bakteri langka. Ia bisa hidup di mana pun, mulai dari tanah, makanan, atau bahkan dalam usus.

" Habitat alami B. cereus diketahui sangat luas, mulai dari tanah, hewan, serangga, debu dan tanaman," kata Anukriti Mathur, seorang peneliti bioteknologi di Australian National University, kepada Science Alert.

Bakteri tersebut berkembang biak dengan memanfaatkan nutrisi dari makanan yang jadi tempatnya tinggal. Seperti nasi, produk susu, rempah-rempah, makanan kering dan sayuran.

Beberapa jenis bakteri ini sangat membantu dalam proses pembuatan probiotik. Tetapi sebagian yang lain bisa menyebabkan keracunan makanan jika diberikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang biak, seperti ketika menyimpan makanan secara salah.

Meski hanya menimbulkan keracunan makanan yang membuat penderitanya mual dan muntah-muntah, bakteri B. cereus juga bisa menyebabkan masalah yang serius.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Pesan Ma'ruf Amin untuk Sandiaga Jelang Debat Cawapres