MSG Diklaim Bisa Sebabkan Kanker dan Gangguan Fungsi Otak, Benarkah?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 12 November 2021 19:47
MSG Diklaim Bisa Sebabkan Kanker dan Gangguan Fungsi Otak, Benarkah?
Cek faktanya.

Dream - Sejak lama, pemakaian MSG (Monosodium Glutamat) dalam makanan diklaim sebagai kebiasaan kurang sehat bagi tubuh. Klaim tersebut semakin dipercaya ketika muncul penelitian yang menunjukkan bahwa MSG mampu menyebabkan gangguan fungsi otak.

Sementara, klaim lain pun menyatakan bahwa MSG mampu menyebabkan kanker dan kerusakan berbagai organ. Padahal, penelitian tersebut tidak sepenuhnya dapat dipercaya. Pasalnya, penelitian tersebut dilakukan pada bayi tikus dengan jumlah MSG yang berlebihan.

" Memang ada literatur dan penelitian yang mencoba meneliti pada bayi tikus yang disuntik dengan MSG pada otaknya secara langsung dengan dosis lebih dari 400 kali dosis yang dikonsumsi manusia," ujar Ahmad Sulaeman, Guru Besar Keamanan Pangan dan Gizi Kepala Divisi Manajemen Pangan dan Kesehatan Lingkungan IPB, dalam Virtual Tour Pabrik Ajinomoto Indonesia, Jumat 12 Desember 2021.

Oleh karena itu, Ahmad pun tak heran jika MSG bisa menyebabkan kerusakan organ dan gangguan fungsi otak. " Kalau demikian, jangankan tikus. Manusia juga akan (mengalami masalah kesehatan)."

1 dari 4 halaman

MSG© Shutterstock

Ia menjelaskan bahwa konsumsi MSG yang terkandung dalam makanan berbeda dengan ketika disuntikkan langsung ke otak. " Dalam tubuh manusia, kalau dari pencernaan, enggak bisa langsung masuk ke otak. Tapi, ada namanya brain barrier, pembatas," jelasnya.

Sedangkan, jumlah yang disuntikkan pada otak bayi tikus pun berlebihan. Padahal, umumnya, seseorang mengonsumsi MSG sebanyak rata-rata 1,2 gram. " Sehingga, nggak mungkin orang makan MSG sampai 400 gram" .

2 dari 4 halaman

Tidak dapat menyebabkan kanker

Ahmad pun membantah klaim bahwa MSG bisa menyebabkan kanker dan masalah kesehatan lainnya. " MSG itu berbeda dengan bahan pangan lain, karena MSG tidak disimpan di dalam tubuh. Dia (MSG) akan dimetabolisme seperti zat gizi lain. Asam amino akan dimetabolisme sebagai sumber energi," ungkapnya.

Jika tidak digunakan dalam bentuk asam amino, MSG akan dibakar oleh tubuh menjadi energi. Kandungan natrium dan air pada MSG pun akan dibuang dalam proses ekskresi.

" Jadi, tidak akan menyebabkan kejadian ini (masalah kesehatan). MSG bikin lemah otak itu impossible. Itu kekeliruan dalam memahami MSG. Walaupun (MSG) dibuat, dia bukan semacam senyawa yang dibuat seperti zat kimia lain, karena dia adalah zat gizi," tutupnya.

3 dari 4 halaman

Resep Jamur Tiram Garing, Camilan Kaya Gizi

Dream - Akhir pekan saatnya menikmati camilan bersama keluarga. Daripada membeli, lebih baik membuat sendiri. Olah saja jamur tiram jadi sajian garing yang pastinya disukai seluruh anggota keluarga.

Untuk membuatnya juga tak terlalu rumit. Ikuti saja resep simpel dari Cookpad Rahayu Sartika berikut.

Tomat yang Ditanam di Tanah Mars Kini Ada dalam Kemasan Botol

Bahan:
- 250 gram jamur tiram

Bahan basah:
- 1 butir telur
- 1/2 sdt kaldu jamur

Bahan kering:
- 100 gram tepung terigu
- 100 gram tepung maizena
- 1 sdm kaldu jamur
- 1 sdt garam
- Campur semua bahan jadi satu

4 dari 4 halaman

Cara membuat:

- Bersihkan jamur dengan mencucinya sampai bersih lalu peras agar airnya keluar
- Campur bahan kering, aduk rata. Lakukan hal yang sama pada bahan basah
- Celupkan jamur ke bahan basah, lalu masukkan ke tepung kering dan bolak-balik agar seluruh permukaan jamur tertutupi
- Bilas lagi dengan tepung kering sebelum masuk ke penggorengan
- Goreng jamur di minyak panas dengan api sedang
- Jangan bolak-balik agar minyak tak meresap ke jamur
- Goreng hingga kecokelatan, angkat dan tiriskan minyak
- Jamur garing siap disantap

 

Kini Ada Pilihan Sehat Fried Chicken Tanpa MSG


Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

Beri Komentar