Selada Bisa Tahan 7 Hari Jika Disimpan dengan Benar

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 6 April 2020 11:36
Selada Bisa Tahan 7 Hari Jika Disimpan dengan Benar
Simak tahapan menyimpannya dengan tepat.

Dream - Selada termasuk sayuran hijau yang cepat membusuk. Jika sudah membusuk, selada tidak dapat digunakan lagi dan akhirnya terbuang.

Untuk menjaga agar selada tidak membusuk, pelajari cara menyimpan selada agar tetap segar selama seminggu atau lebih sebagai berikut:

Selada yang dilepaskan daunnya
1. Cuci selada dan singkirkan daun yang rusak. Lakukan ini bahkan jika kamu membeli selada dalam kantong yang tampak sudah bersih
2. Keringkan selada. Gunakanlah salad spinner jika punya. Ini akan menghilangkan sisa air tanpa merusak selada. Jika tidak punya, tepuk selada dengan lembut menggunakan tisu atau lap piring
3. Bungkus selada dengan tisu kertas kering dan letakkan di dalam kantong plastik atau wadah penyimpanan. Bisa juga menggunakan kembali wadah sebelumnya, asalkan dicuci terlebih dahulu.
4. Untuk menjaga suhu dan tingkat kelembapan yang tepat, simpan selada di laci yang lebih kering di kulkas
5. Ganti tisu kertas kapan saja apabila terasa basah. Ini adalah kunci untuk menjaga agar selada tidak berlendir
6. Periksa selada setiap hari atau dua hari sekali. Buang semua daun yang mulai membusuk, ini akan menjaga selada agar tidak rusak

 

1 dari 6 halaman

Selada Utuh

Biarkan selada utuh dan jangan dicuci hingga akan menggunakannya. Simpan di laci rak lemari es dengan tisu kertas. Tisu kertas akan menyerap kelembapan yang berlebih sehingga selada tidakakan rusak sebelum waktunya. Tukar tisu kertas ketika sudah basah.

 ilustrasi selada © shutterstock.com

Segarkan kembali ketika layu
Jika selada mulai layu, segarkan kembali dengan merendamnya dalam air es selama beberapa menit sebelum digunakan. Keluarkan dengan pelan dari rendaman air es, keringkan dan gunakan.

Berapa lama selada akan bertahan?
Secara umum, selada yang dilepaskan harus digunakan dalam 7 hingga 10 hari. Sedangkan selada utuh dapat segar lebih lama di dalam kulkas yang bisa bertahan satu hingga tiga minggu tergantung jenisnya. Jangan buang seluruh selada hanya karena daun luar mulai terlihat layu, daun yang lainnya akan lebih baik.

Laporan Raissa Anjanique/ Sumber: The Spruce

2 dari 6 halaman

Panduan Penting Mencuci Sayur Agar Bebas Virus Berbahaya

Dream - Pandemi Covid-19 secara global membuat kita harus lebih ekstra menjaga kebersihan. Terutama saat mengolah bahan pangan seperti sayur dan buah.

Belum ada penelitian khusus untuk mengetahui berapa lama virus Covid-19 bertahan di sayur dan buah mentah. Termasuk apakah penularan bisa terjadi lewat bahan mentah.

 © Dream

Sebagai langkah pencegahan penting bagi Sahabat Dream untuk melakukan proses pencucian sayur dan buah yang benar. Hal ini demi mengurangi risiko paparan virus yang bisa saja terjadi. Simak langkah-langkah berikut ini.

1. Bersihkan, pisahkan, masak, dan dinginkan.
Kita harus selalu berlatih empat langkah keamanan pangan untuk memastikan makanan aman untuk dikonsumsi. Saat menyiapkan makanan, sangat penting untuk selalu mencuci tangan selama 20 detik dengan air hangat dan sabun sebelum dan setelah menangani produk segar.

Pastikan untuk membersihkan meja dapur, termasuk pisau, wadah alat, dan talenan sebelum mulai memasak. Selain itu, pisahkan produk, unggas, daging, makanan laut, dan telur saatmemasak untuk menghindari kontaminasi silang.

Untuk membunuh virus dan bakteri, masak makanan pada suhu internal yang sesuai dan pastikan makanan di luar zona bahaya suhu (40 ° - 140 ° F) untuk jangka waktu yang lama. Dinginkan dan bekukan makanan dengan benar dalam waktu dua jam untuk mencegah pertumbuhan patogen yang berpotensi membahayakan.

 

3 dari 6 halaman

Buang yang Busuk dan Cuci di Bawah Air

2. Periksa jika ada yang rusak/ busuk
Periksa buah dan sayuran jika ada yang tampak busuk atau rusak. Jika memang ada yang busuk segera pisahkan. Untuk sayuran, buang selalu daun terluar seperti pada selada untuk mengurangi risiko kontaminasi. Terakhir, pastikan untuk membuang dan tidak mengkonsumsi produk yang terlihat busuk.

 Ragam Buah dan Sayuran yang Bisa Kembalikan Daya Tahan Tubuh © MEN

3. Bilas sayur/buah sebelum dipotong
Pastikan untuk mencuci sayur dan buah secara menyeluruh di bawah air mengalir sebelum dimakan atau diolah. Penting untuk dibilas sebelumnya (bahkan jika tidak berencana memakan kulitnya). Ini untuk menghindari memindahkan kotoran atau bakteri ke pisau atau meja dapur.

4 dari 6 halaman

Sayur dan Buah yang Tahan 1 Bulan Selama Social Distancing

Dream - Situasi seperti sekarang membuat kita harus meminimalisir keluar rumah. Termasuk ketika berbelanja kebutuhan pangan. Sebisa mungkin beli secara online atau jika memang ingin belanja buat perencanaan yang matang agar waktu untuk keluar rumah semakin sedikit.

Stok makanan yang tahan lama. Termasuk buah dan sayuran. Ada beberapa buah dan sayur yang sangat direkomendasikan karena bisa tahan selama 1 bulan, tapi juga bergantung pada cara penyimpanannya. Yuk, simak.

 © Dream

Apel
Apel dan pir bisa bertahan lebih lama daripada buah lainnya dan dapat disimpan hingga 4 bulan jika menyimpan dengan benar. Pada umumnya apel akan baik-baik saja jika disimpan di suhu sekitar 0 derajat celcius. Tetapi bagi apel jenis Honeycrisp, simpan di suhu 2 derajat celcius.

Jika ingin apel tahan selama berminggu-minggu, simpan di dalam kantong plastik, jauhkan dari sayuran karena gas etilen yang dihasilkan apel akan membuat sayuran cepat layu.

 

5 dari 6 halaman

Sayuran

Kol
Kol bisa bertahan hingga 2 bulan apabila terbungkus dengan plastik di lemari es. Namun sebagian besar salad hijau layu dalam beberapa hari karena kandungan airnya tinggi.

Wortel

 Konsumsi Wortel Agar Terhindar Stroke© MEN


Kunci agar wortel tahan lama adalah dengan mengeringkannya, karena wortel memiliki kelembapan tinggi yang menyebabkan wortel cepat busuk. Jika membeli wortel di dalam kantong plastik, masukkan tisu ke dalam kantong untuk menyerap kelembapan dan tukar jika sudah kusam. Hal ini bisa membuat wortel segar selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

 

6 dari 6 halaman

Bawang

Bawang Putih
Bawang putih bertahan paling lama disimpan pada suhu 15-18 derajat celcius dengan kelembapan sedang. Bawang putih juga akan baik-baik saja jika disimpan di lemari dapur yang gelap. Bisa juga disimpan di lemari es sampai ketika siap menggunakannya.

Bawang Bombay

 Dihindari Karena Bau Mulut, Begini Manfaat Ajaib Bawang Bombay untuk Kesehatan© MEN

Simpan bawang di daerah kering di mana suhunya tetap antara -1-10 derajat celcius dan bawang akan bertahan hingga satu tahun. Bawang juga dapat disimpan di dalam kantong mesh (kantong jaring) dan menyimpannya di lemari gelap akan mampu bertahan hingga satu bulan atau lebih.

 

Beri Komentar