Supermarket Bikin Panduan Khusus Bagi Suami untuk Belanja Bahan Dapur

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 26 Maret 2020 18:36
Supermarket Bikin Panduan Khusus Bagi Suami untuk Belanja Bahan Dapur
Tenang para suami, ada petunjuknya!

Dream - Berbelanja kebutuhan dapur tentunya jadi aktivitas yang tak bisa dihindari di masa social distancing seperti sekarang. Jika biasanya yang berbelanja para istri, kini akhirnya suami yang turun tangan.

Seperti yang terjadi Malaysia. Banyak para pria yang tampak kebingungan saat di supermarket untuk mencari bahan kebutuhan rumah tangga. Aktivitas memotret barang, video call, lalu melihat tiap produk di rak jadi pemandangan di mana-mana.

Para suami ini tampak seperti sedang mencari 'harta tersembunyi' sambil memegang daftar belanjaan istri. Sebuah foto para pria berbelanja dan tampak bingung diunggah Muzaffar Rahman di akun Facebooknya.

" Dah macam " Treasure Hunt" pulak aku rasa. Masing-masing duk tengok kertas. Chek point banyak oo.. kena cari sampai dapat," tulisnya.

 

1 dari 5 halaman

Petunjuk Detail untuk Para Suami yang Belanja

Untuk membuat para suami tak kebingungan, salah satu supermarket di Malaysia, membuat petunjuk khusus. Petunjuk ini berupa bentuk dan nama sayur, ikan dan rempah yang banyak digunakan.

Jika sebelumnya petunjuk itu tak ada, kini dipasang di tiap sudut. Hal ini demi mempermudah para suami yang 'buta' dengan bahan dapur. Sehingga proses belanja pun jadi lebih cepat dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

Wah, ide yang bagus!

Sumber: Mothership

2 dari 5 halaman

Kurangi Belanja Saat Social Distancing, Bekukan Saja Bahan Makanan

Dream - Demi mengurangi penularan corona virus (Covid-19) seluruh masyarakat Indonesia untuk di rumah saja. Mengurangi aktivitas di ruang publik yang dapat meningkatkan risiko penyebaran.

Untuk itu ada banyak kita menyetok kebutuhan pangan di rumah. Termasuk sayur dan buah yang sangat dibutuhkan untuk menjaga imunitas. Sayur dan buah mudah sekali busuk, mungkin kita jadi sulit untuk menyimpannya dalam jumlah banyak.

Sebenarnya, sayur dan buah bisa dibekukan. Sayuran dan buah yang dibekukan dapat bertahan lama sehingga kita tidak perlu sering-sering berbelanja. Hal ini juga bisa membuat kita menjadi hemat dan memiliki stok buah dan sayuran di rumah.

 © Dream

Ketahui Kondisi Freezer
Ketika buah-buahan dan sayuran membeku, air di dalamnya berubah menjadi kristal es dan akan mencair ketika dicairkan. Semakin membeku, semakin kecil kristal es dan semakin sedikit kerusakan yang akan ditimbulkan pada freezer. Semakin dingin freezer, maka semakin baik. Jika memiliki frezeer yang baik, manfaatkan untuk menyimpan bahan makanan.

1. Setel freezer ke pengaturan yang paling dingin. Sebagian besar memiliki kisaran angka yang sesuai dengan tingkat daya freezer. Semakin tinggi angkanya, semakin tinggi daya, dan semakin dingin freezer. Kebanyakan terdapat pada kekuatan tingkat menengah.

2. Jauhkan produk dari ventilasi untuk membantu sirkulasi udara dingin.

3. Tempatkan di bagian paling dingin dari freezer, yaitu tengah belakang.

4. Hindari memadatkan freezer, itu akan menaikkan suhu di dalam.

 

3 dari 5 halaman

Mempersiapkan Sayuran

Sebagian besar sayuran dapat dibekukan, tetapi hindari produk berair yang biasanya dimakan mentah, seperti selada dan mentimun.

 5 Sayuran Sekaligus Obat Herbal Alami© MEN

1. Cuci dan siapkan sayuran. Jika membekukan buncis, potong buncis menjadi beberapa bagian. Lalu jika ingin membekukan paprika, buang biji dari paprika. Dan jika membekukan jagung, potong jagung dari bonggolnya.

2. Rebus dan dinginkan sayuran dengan mencelupkan di dalam tempat yang telah diisi es sebelum membekukannya, ini merupakan cara agar sayuran tidak mudah rusak. Bekukan di atas kertas roti dalam satu lapisan. Setelah beku, pindahkan ke tas freezer kedap udara.

3. Sayuran seperti zucchini, labu, terong, dan tomat, yang memiliki kadar air tinggi, umumnya tidak menahan strukturnya dengan baik. Cobalah dimasak menjadi saus terlebih dahulu, lalu dibekukan.

4. Tomat dapat dibekukan utuh dengan kulitnya. Ketika mencairkannya, kulit tomat akan mudah lepas.

 

4 dari 5 halaman

Persiapan untuk Bekukan Buah

1. Cuci buah dan keringkan. Untuk stroberi, buang biji dan kulitnya. Pisang, kupas dulu kulitnya dan taruh dalam wadah tertutup.

 Pisang 'Si Buah Surga' yang Kaya Manfaat © MEN

2. Untuk mempertahankan bentuk dan tekstur buah, cobalah membekukannya yang diberi gula, yang dapat mengurangi pembentukan kristal es. Ambil perbandingan sekitar 2 cangkir buah dengan 1 cangkir gula.

 

5 dari 5 halaman

Tips dalam Membekukan

1. Buang semua udara untuk mencegah rusaknya tekstur karena dinginnya freezer. Masukkan dulu sayur dan buah dalam kantung atau wadah yang kedap udara.

2. Ingat, memadatkan freezer akan menyebabkan suhu naik. Jangan membekukan lebih dari 8 cangkir buah sekaligus.
3. Produk beku dapat dikonsumsi dalam waktu tiga bulan.

Laporan Cindy Azari/ Sumber: RealSimple

Beri Komentar