Sushi Box Seharga Rp11 Juta Laris Manis Saat Pandemi

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 18 Mei 2020 09:12
Sushi Box Seharga Rp11 Juta Laris Manis Saat Pandemi
Pembeli harus antre lewat email dan tak bisa langsung mendapatkannya.

Dream - Industri kuliner, khususnya restoran berbintang di masa pandemi saat ini terus berjuang untuk bertahan. Jika sebelumnya menu-menu restoran bergengsi tak bisa dibungkus untuk dibawa pulang, kini justru banyak yang membuat menu khusus.

Salah satunya restoran berbintang tiga Michelin di New York, Masa. Restoran ini biasanya menyajikan menu makanan khas Jepang seperti sushi berkualitas tinggi. Dalam kondisi pandemi seperti sekarang restoran tak bisa buka seperti biasa.

Sushi Masa© BigSeven Travel

Akhirnya, Masa membuat menu sushi box. Bukan sushi biasa, tapi bertabur kaviar dan harganya selangit. Mencapai US$800 atau sekitar Rp11 juta. Menu ini pun jadi perbincangan di kalangan penyuka sushi di New York.

Tak disangka, meski harganya sangat mahal pembeli harus ikut antrean lewat email yang cukup lama. Pasalnya, restoran ini hanya menjual 20 box sushi per hari secara eksklusif.

Isian di dalamnya antara lain kanpachi, toro, salmon, akami tuna, tai sea bream, dan toro sashimi. Sepertinya banyak orang yang kangen sushi dan rela membayar berapa pun untuk bisa memakannya.

Sumber: Big Seven Travel

1 dari 4 halaman

Bos Sushi Beli Seekor Tuna Rp24 Miliar, Apa Istimewanya?

Dream - Pemilik jaringan restoran sushi, Kiyoshi Kimura, memamerkan ikan tuna sirip biru (bluefin tuna) seberat 276 kg yang baru saja dibeli di pelelangan. Ikan tuna itu dijual di pelalangan Tahun Baru seharga 193 juta yen atau sekitar Rp24,81 miliar.

“ Ini yang terbaik,” kata Kimura kepada reporter setelah pelelangan, dikutip dari South China Morning Post, Senin 6 Januari 2020.

© Dream

Sekadar informasi, berat ikan ini sama dengan vending machine yang berukuran besar. Ikan tuna sirip biru ditangkap di Oma, bagian utara. Ikan tersebut dilelang di Pasar Ikan Toyosu, dekat Teluk Tokyo.

“ Ya, ini sangat mahal, kan? Saya ingin pelanggan kami mencicipi yang paling lezat tahun ini,” kata pria yang berjuluk bos tuna.

Kimura acapkali membeli ikan dengan harga yang mahal. Ikan yang termahal di Jepang juga dibelinya pada 2019. Dia merogoh kocek US$3,1 juta, atau sekitar Rp43,04 miliar, untuk ikan tuna seberat 278 kg.

2 dari 4 halaman

Cantiknya Sushi Art, Bikin Tak Sampai Hati Memakannya

Dream - Sushi memang berasal dari Jepang, tapi menu satu ini sudah seperti sajian internasional. Disukai oleh masyarakat lintas negara dan budaya, sushi pun banyak dikembangkan menjadi menu fusion, dengan terobosan yang unik.

Cantiknya Sushi Art, Bikin Tak Sampai Hati Memakannya© MEN

Sebuah restoran sushi di Chichago, Amerika Serikat, membuat varian sushi yang sangat unik, dikenal dengan nama sushi art. Tampilan sushi ini sangat mencuri perhatian dengan warna-warna menyala.

Sangat jauh berbeda dengan tampilan sushi tradisional, sushi di restoran Yuzu Sushi ini begitu 'centil. Saus pelengkap aneka warna dibentuk sedemikian rupa di piring penyajian.

3 dari 4 halaman

Gabungan 3 rasa khas

Koki utama restoran ini berasal dari Thailand, Chef Vongchana. Awal membuka Yuzu Sushi, ia memang tak hanya ingin menyajika menu sushi Jepang, tapi membuat menu yang merupakan perpaduan rasa khas asia, seperti masakan Jepang, Thailand dan Korea.

Yuzu Sushi© Instagram Yuzu Sushi

Tak heran, menu-menu yang dihadirkan memang cukup unik dan tak ada di tempat lain. Rasanya juga diklaim jauh lebih berani.

4 dari 4 halaman

Makan dengan 'mata'

Yuzu Sushi© Instagram Yuzu Sushi

Chef Vonganchana percaya, setiap orang bukan hanya makan dengan mulut dan merasakan makanan dengan lidah, tapi juga mata. Untuk itu, ia sangat memikirkan detail tampilan menu masakannya.

Yuzu Sushi© Instagram Yuzu Sushi

Hal itulah yang membuat sushi roll buatannya begitu berbeda. Disajikan dengan penuh saus yang ditata dengan teatrikal. Bisa berbentuk naga, burung atau hal lain yang menurutnya mengagumkan.

Beri Komentar