10 Karakter Perempuan Calon Pengusaha Sukses

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 5 November 2015 08:00
10 Karakter Perempuan Calon Pengusaha Sukses
Tak semua perempuan punya DNA sebagai pebisnis sukses. Adakah 10 kriteria ini di diri Anda?

Dream - Dengan era yang semakin terbuka, kesempatan perempuan untuk sukses dalam karir dan bisnis kini lebih mudah. Tengok saja perusahaan raksasa sekelas Yahoo atau Gubernur Bank Sentral AS yang kini dipimpin seorang perempuan.

Namun tak semua perempuan bisa meraih kesuksesan dengan mudah. Ada kalanya mereka hal mengalah karena tak memiliki DNA.

Penelitian terbaru dari KPMG menemukan jika faktor kepemimpinan dan kepercayaan diri merupakan dua karakteristik yang harus dimiliki perempuan pengusaha agar bisa sukses.

Secara khusus, 83 persen dari perempuan pengusaha dan pemilik bisnis yang disurvei berpikir kepemimpinan adalah karakteristik yang paling penting bagi pendiri bisnis atau CEO. Sementara 82 persen responden berpikir kepercayaan dirilah yang penting.

Selain dua karakter tersebut, karakteristik kunci lainnya yang dianggap penting oleh perempuan pengusaha lainnya adalah komunikasi, ketekunan, berani, antusias, bertanggung jawab, punya daya saing, berpengetahuan luas, dan persuasif.

" Membangun sebuah perusahaan dan mempertahankan keberhasilan membutuhkan kepercayaan diri, ketekunan dan keberanian mengambil risiko," kata Lee Anne Sciambra, managing partner di KPMG LLP yang berkantor di New Orleans, Amerika Serikat.

Sciambra mengatakan, perempuan pengusaha harus percaya jika mereka harus bekerja keras, bertahan melalui masa-masa sulit, dapat menciptakan karyawan cerdas dan memiliki keluarga serta teman-teman yang mendukung agar bisa menghasilkan bisnis yang sukses.

Membangun bisnis yang sukses bukan tanpa beberapa halangan. Beberapa tantangan terbesar yang dihadapi perempuan pengusaha yang disurvei ketika membangun perusahaan mereka adalah mempekerjakan orang yang tepat, manajemen waktu, mengelola keuangan perusahaan di masa sulit.

Tantanga lain adalah menumbuhkan penjualan dan mencapai target penjualan, menciptakan infrastruktur teknologi yang tepat, mendapatkan akses kredit atau pembiayaan, memutuskan perubahan arah perusahaan, menarik konsumen dan membangun pangsa pasar, berurusan dengan perizinan, peraturan dan birokrasi, serta mengembangkan strategi dan melaksanakannya dengan sukses.

Menurut penelitian, ketika memulai sebuah bisnis, perempuan tidak ragu-ragu untuk beralih ke orang lain, terutama rekan perempuan lainnya, untuk meminta saran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 95 persen dari perempuan pengusaha yang sukses meluncurkan perusahaan startup mereka sendiri atau memegang posisi kepemimpinan dalam sebuah perusahaan startup, berpikir bahwa memiliki seorang penasihat tak resmi atau mentor adalah faktor kunci keberhasilan mereka.

Selain itu, hampir 80 persen dari perempuan pengusaha merasa bahwa memiliki rekan perempuan sebagai penasihat atau mentor membuat dampak yang signifikan pada karier mereka.

Penelitian ini didasarkan pada survei terhadap 204 perempuan pendiri, CEO dan pemilik perusahaan dalam daftar Inc. 5000 yang mewakili perusahaan swasta dengan pertumbuhan tercepat di AS.

Beri Komentar