Langsung Menghubungi Konsumen Yang Emosi Juga Bisa Meredakan Amarah Konsumen, Lho. (Foto: Shutterstock)
Dream – Ketika menjalani bisnis, kendala yang ditemui pedagang tak melulu modal. Ketidakpuasan pelanggan bisa masalah besar apalagi jika keluhannya tersebar di media sosial.
Tommy Mello, pemilik perusahaan pemasangan dan perbaikan pintu garasi ternama, A1 Garage, mengaku tak pernah mengabaikan keluhan konsumen. Ketika ada yang tidak puas dengan layanannya, Mello membelikan bunga dan voucher Starbuck sebagai permintaan maaf.
Bukan itu saja. Mello sendiri yang akan mengantarkan hadiah itu ke rumah pelanggan.
Apa reaksi pelanggan? Dia yang awalnya marah, terkejut dan bahagia melihat tanggapan yang luar biasa dari sang pemilik bisnis.
Setiap bisnis harus menjadikan pelayanan konsumen sebagai prioritas. Konsumen adalah raja. Jika ingin membangun bisnis yang besar, berikut ini ada dua hal sederhana, tapi efektif bisa dilakukan.
Cepat Tanggap pada Respons Negatif
Setiap pengusaha pernah melakukan kesalahan kepada pelanggan. Jika kamu mampu cepat menunjukkan pengertaian terhadap kekecewaan konsumen, itu cukup untuk menunjukkan tanggung jawab. Apalagi jika berjanji memperbaiki atau memberikan pelayanan lebih baik. Konsumen akan mengerti kesalahan dan cepat memanfaatkan kamu. Saat menghadapi keluhan konsumen, segera hubungi dia dna berikan solusi terbaik untuk meredakan amarah. Ini adalah langkah terbaik sebelum pelanggan curhat di media sosial.
Tetap Ramah kepada Pelanggan
Kesan pertama ini penting. Tunjukkan bahwa kamu seorang penjual yang profesional dan bisa dipercaya. Gunakanlah bahasa formal, tapi ramah ketika merespons tanggapan negative dari konsumen. Fokuslah untuk memberikan layanan terbaik. Ingat, memenangkan hati pelanggan tak akan mendatangkan untung besar dalam sekejap, tetapi bisa membuat bisnis kamu bertahan lebih lama.
Selamat mencoba!
(Sumber: Liputan6.com/Siska Amelie F. Deil)
Advertisement
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
UU BUMN 2025 Perkuat Transparansi dan Efisiensi Tata Kelola, Tegas Anggia Erma Rini
Masa Tunggu Haji Dipercepat, dari 40 Tahun Jadi 26 Tahun
Viral Laundry Majapahit yang Bayarnya Hanya Rp2000
NCII, Komunitas Warga Nigeria di Indonesia
Azizah Salsha di Usia 22 Tahun: Keinginanku Adalah Mencari Ketenangan
Throwback Serunya Dream Day Ramadan Fest bersama Royale Parfume Series by SoKlin Hijab
Benarkah Gaji Pensiunan PNS Naik Bulan Ini? Begini Penjelasan Resminya!
Timnas Padel Indonesia Wanita Cetak Sejarah Lolos ke 8 Besar FIP Asia Cup 2025
Hore, PLN Berikan Diskon Tambah Daya Listrik 50% Hingga 30 Oktober 2025
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
Hasil Foto Paspor Shandy Aulia Pakai Makeup Artist Dikritik, Pihak Imigrasi Beri Penjelasan
Zaskia Mecca Kritik Acara Tanya Jawab di Kajian, Seperti Membuka Aib