3 Trik Jitu Fokus Bekerja, Bye-bye Pengganggu!

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 29 Agustus 2017 08:44
3 Trik Jitu Fokus Bekerja, Bye-bye Pengganggu!
Tak jarang konsentrasi terpecah ketika sedang bekerja.

Dream – Pada zaman sekarang, lingkungan kerja memerlukan lebih banyak kreativitas dan kesabaran. Semua bisa saja dipenuhi asalkan satu hal ini tidak terjadi?

Apa itu? Konsentrasi yang terpecah.

Ada banyak hal yang bisa membuat konsentrasi terhadap pekerjaan bisa terganggu, bahkan di era yang modern ini. Sebut saja e-mail, pesan jejaring sosial, dan telepon.

Lalu, bagaimana cara untuk tetap fokus dan super produktif di tempat kerja? Dilansir dari Lifehack, Selasa 29 Agustus 2017, ada tiga cara yang bisa meningkatkan konsentrasi dan produktivitas kerja.

Pertama, menghilangkan semua pemecah konsentrasi. Riset menunjukkan pegawai memerlukan waktu 25 menit untuk berkonsentrasi kembali setelah muncul pemecah konsentrasi dari luar, seperti percakapan dengan rekan kerja dan notifikasi e-mail. Jika konsentrasi tetap terpecah, itu bisa menambah jumlah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas.

Jika ingin menghilangkan pengganggu konsentrasi, Sahabat Dream bisa melakukan tiga hal: mematikan notifikasi e-mail, meminta rekan kerja untuk tidak mengganggu ketika bekerja, dan memindahkan sebagian tugas dari depan Anda.

Kedua, fokuslah pada satu pekerjaan. Ingat, kita tak bisa mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dengan baik. Lebih baik fokus terhadap satu pekerjaa, khususnya jika pekerjaan ini membutuhkan aspek kognitif.

Caranya, menghilangkan pemecah konsentrasi, memprioritaskan tugas dan pekerjaan yang paling penting kala itu, membuat daftar kecil tugas yang akan dikerjakan, dan berpikir praktis ketika mengerjakan aktivitas.

Ketiga, mengecek surat elektronik. Surat elektronik ini sangat baik untuk memecah konsentrasi ketika menggarap pekerjaan yang sangat penting. Catat, tak perlu rutin mengecek e-mail. Jika ada tugas yang lebih penting atau ada sesuatu yang darurat, mereka akan menghubungi via telepon sebab berkomunikasi dengan e-mail adalah hal yang buruk.

Cara supaya tidak terganggu pesan masuk adalah mematikan notifikasi e-mail dan menentukan waktu untuk mengecek surat elektronik, misalnya sebelum makan siang.(Sah)

Beri Komentar