4 Cara Hindari Penipuan Jual Beli Online

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 27 Agustus 2021 13:33
4 Cara Hindari Penipuan Jual Beli Online
Siapa yang pernah merasakan momen pahit ini?

Dream – Perkembangan sistem digital telah mendorong banyak orang untuk melakukan aktivitas secara online, termasuk dalam jual beli. Kini, telah banyak marketplace yang mempertemukan ribuan, bahkan jutaan penjual dan pembeli di dunia maya.

Namun kita harus berhati-hati, sebab peluang itu juga dimanfaatkan oleh sejumlah pihak yang ingin mengeruk keuntungan dengan cara ilegal. Selama ini tentu kita sudah mendengar berbagai kejahatan siber, yang salah stau di antaranya menggunakan modus jual beli.

Untuk menghindari penipuan itu, kamu bisa melakukan tiga tips yang diberikan Rolas Sitinjak, Ketua Komisi Advokasi Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia, dalam bertransaksi daring.

1 dari 5 halaman

1. Cek platform

Mengecek platform sangatlah penting untuk menjaga keamanan bertransaksi.

“ Penyedia layanan situs jual beli berfokus pada hak-hak pengguna, seperti hak atas keamanan dan kenyamanan yang tertuang dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen," ujar Rolas pada 9 Super ShopeePay Deals Persembahkan Sederet Penawaran dan Pengalaman Transaksi Digital Terbaik, Kamis, 26 Agustus 2021.

2. Jangan tergocek e-commerce baru

Di masa yang serba online, banyak sekali aplikasi jual beli bermunculan. Mulai dari menawarkan promo menarik sampai beragam hal menggiurkan lainnya.

Sebagai pembeli, jangan mudah tergiur akan hal itu. Bayangkan jika kamu tergocek promo, tapi barang tidak datang.

Bukannya untung malah buntung, kan?

2 dari 5 halaman

3. Pastikan info pengirim benar

“ Jangan hanya melihat promo, lihat apakah informasi toko dapat dipercaya atau hanya akun bodong,” lanjut Rolas.

Tidak kalah pentingnya dengan mengecek platform, kamu juga harus mengecek mitranya. Cross check akan membuat transaksimu menjadi aman dan nyaman.

Salah satu caranya kamu bisa lihat review yang telah diberikan konsumen kepadanya. Jika menurutmu sudah meyakinkan kamu bisa melanjutkan proses transaksi.

4. Hati-hati saat bertransaksi

Pada proses ini, kamu juga harus lebih berhati-hati. Jangan mau jika diminta untuk bertransaksi di luar platform.

Misalnya, jika penjual memintamu untuk bertransaksi tanpa platform atau bahkan mentransfer jumlah yang tidak sesuai dari aplikasi, kamu bisa segera membatalkannya.

“ Semoga dengan menerapkan hal tersebut, penipuan di dalam platform jual beli akan berkurang. Agar pembeli juga merasa percaya, dan meminimalisir risiko negatif lainnya,” tutup Rolas.

Laporan: Delfina Rahmadhani

3 dari 5 halaman

3 Cara Agar Akun E-commerce Sulit Dibobol Orang

Dream – Ada banyak cara yang dilakukan oleh penipu untuk mengelabui korbannya. Misalnya undian dengan mengatasnamakan platform e-commerce untuk membobol akun pengguna.

Apabila berhasil, dia akan menggasak saldo yang ada di akun e-commerce. Atau, bertransaksi sejumlah barang/jasa dengan mengatasnamakan korban.

Jurus Shopeepay Tangkal Penipuan Berkedok Nama Perusahaan

Lalu, bagaimana cara mencegah ini terjadi?

Tak Pernah Buat Undian Berhadiah

Head of Strategic Merchant Acquisition Shopeepay, Eka Nilam Dari, menegaskan pihaknya tak pernah mengadakan undian berhadiah.

Wanita yang akrab dipanggil Lala ini meminta pengguna Shopeepay mengabaikan pemberitahuan yang dikirim melalui SMS, panggilan telepon, atau tautan yang mencurigakan.

Sehari Kedatangan 5 Paket Olshop, Istri Ngakak Lihat Ekspresi Suami

“ Kami enggak pernah membuat undian berhadiah. Please jangan ditanggapi,” kata dia dalam media gathering virtual, Kamis 19 Agustus 2021.

4 dari 5 halaman

Pastikan Ini

Lala meminta pengguna untuk mengamankan akunnya. Pertama, pengguna harus memastikan apakah pemberitahuan yang dikirimkan oleh penipu, misalnya melalu SMS atau link situs, merupakan asli dari Shopee atau tidak.

“ Pastikan teman-teman double check itu resmi dari Shopeepay apa bukan,” kata dia.

Daniel Mananta: Semangat UMKM Seperti Pahlawan, Tak Kenal Menyerah

Caranya, bisa mengecek langsung di aplikasi resmi atau situs resmi. Lala juga menyebut bisa menggunakan aplikasi lain, seperti Truecaller atau Getcontact untuk mengecek kebenaran penghubung kalau ada pemberitahuan melalui panggilan telepon.

“ Takutnya itu penipuan,” kata dia.

Buat PIN yang Sulit Ditebak

Yang ke dua, pengguna diminta untuk membuat PIN di Shopeepay dan kombinasi yang susah ditebak. Sebaiknya, kata Lala, PIN juga diganti berkala.

Hal ini bertujuan agar penipu tidak mudah untuk membobol akun, baik Shopeepay maupun Shopee.

Beli Kucing Online Harga Rp1 Juta, Nenek Malang Malah Tertipu Rp108 Juta

“ Kalau bisa, dibedakan dengan PIN Shopee,” kata dia.

5 dari 5 halaman

Jangan Berikan Kode OTP kepada Orang Lain

Ketiga, jangan pernah memberikan kode One Time Password (OTP) kepada orang lain. Sekadar informasi, OTP ini berfungsi untuk memverifikasi nomor telepon dan e-mail pengguna.

Lala menegaskan pengguna harus menyimpan kode ini sendiri dan merahasiakannya.

Deretan Produk Paling Diburu Selama PPKM Darurat

“ Ini, tuh, benar-benar penting, (bahkan) pihak Shopeepay nggak akan boleh mengakses ini. Simpan untuk sendiri,” kata dia.

Beri Komentar