5 Langkah Agar Perempuan Tak Kesulitan Keuangan Paska Perceraian

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 7 November 2019 15:20
5 Langkah Agar Perempuan Tak Kesulitan Keuangan Paska Perceraian
Perceraian acapkali membuat keuangan wanita menjadi kalang kabut.

Dream – Belakangan ini, cerita “ Layangan Putus” marak diperbincangkan netizen. Kisah ini menceritakan seorang wanita berinisial Mommi Asf harus membesarkan keempat anaknya tanpa tanggung jawab suami.

Pemilik akun mengaku bercerai dari suaminya karena wanita idaman lain. Sang suami menikha lagi tanpa sepengetahuan istrinya.

Bagi wanita bercerai, faktor keuangan bisa menjadi masalah utama. Biasanya biaya rumah tangga ditanggung berdua jika sama-sama bekerja, kini harus ditanggung sendirian.

Masalah keuangan bisa semakin berat jika sang wanita tidak bekerja dan mengandalkan gaji dari suami.

Lantas, bagaimana caranya agar kondisi keuangan tidak berantakan setelah bercerai? Berikut ini cara yang bisa diterapkan, seperti dikutip Dream dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Menata Kembali Pengeluaran

Pertama, menata kembali pengeluaran. Supaya keuangan tidak memburuk setelah bercerai, tinjaulah kembali pengeluaran rutin bulanan. Cek juga tagihan-tagihan rutin dan yang ada, misalnya kartu kredit.

Buatlah kolom antara suami, istri, dan anak. Cobalah untuk melunasi utang-utang ini.

 

 © Dream

Dengan cara ini, kamu bisa memperkirakan besaran pengeluaran setiap bulannya. Jangan lupa perhatikan pengeluaran untuk kebutuhan anak, misalnya biaya pendidikan.

2 dari 5 halaman

Buat Anggaran Bulanan

Kedua, buatlah anggaran. Kamu bisa mencatat kebutuhan anggaran bulanan dalam beberapa pos.

Semisal pos tagihan rutin, pos asuransi, pos konsumsi sebulan, pos sekolah anak, dan pos hiburan.

 

 © Dream

Dengan pos-pos budgeting ini, otomatis kamu akan lebih disiplin menggunakan uang. Selain itu, jumlah pengeluaran di waktu yang akan datang lebih terprediksi.

Jadi bisa sekaligus menyiapkan dananya mulai dari sekarang. Terakhir, sebisa mungkin sisihkan beberapa rupiah untuk ditabung sebagai dana darurat.

3 dari 5 halaman

Cari Pekerjaan

Ketiga, carilah pekerjaan kembali. Cara ini bisa membantumu kembali bangkit dari keterpurukan keuangan. Tambahan uang dari pekerjaan bisa membantumu menutup kebutuhan bulanan.

 © Dream

Lagipula pekerjaan baru bisa memberikan suasana fresh yang membantumu kembali mendapatkan kepercayaan diri dalam membangun hubungan sosial.

4 dari 5 halaman

Investasi

Keempat, mulailah investasi. Dikutip dari Cek Aja, investasi bisa memperkuat pondasi keuangan. Kamu bisa memilih instrumen berisiko rendah supaya uang tak terbuang sia-sia.

 © Dream

Jika pemula, kamu bisa bermain emas. Emas merupakan instrumen investasi paling aman dibandingkan dengan lainnya. Ini karena nilai emas cenderung stabil dalam jangka panjang dan mudah dicairkan.

5 dari 5 halaman

Asuransi

Kelima, asuransi. Asuransi ini ibarat dana darurat. Asuransi kesehatan, misalnya, bisa menutup biaya pengobatan kamu sewaktu-waktu harus menjalani rawat inap.

 © Dream

Asuransi yang wajib dimiliki oleh ibu tunggal adalah asuransi jiwa dan pendidikan. Asuransi jiwa digunakan saat kondisi finansial terancam PHK pada suatu hari, cacat fisik, atau kematian.

Sementara asuransi pendidikan digunakan untuk menanggung biaya pendidikan anak. 

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup