5 Strategi Sukses Branding Bisnis UKM

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 12 Oktober 2019 12:02
5 Strategi Sukses Branding Bisnis UKM
Tak perlu biaya yang banyak.

Dream – Survei Wold’s Most Attractive Employer pada 2017 menunjukkan, citra perusahaan menjadi salah satu faktor yang dicari oleh para kandidat pencari kerja.

Survei yang dilakukan oleh Universum Global ini juga menunjukkan, mayoritas kandidat tertarik untuk bekerja di perusahaan yang relatif kecil, terutama di perusahaan menengah.

Tentu saja hal ini menguntungkan perusahaan-perusahaan UKM karena kandidat kini melirik sektor ini.

Makanya, ini adalah saat yang tepat bagi UKM untuk meningkatkan langkahnya dalam menciptakan citra perusahaan yang lebih kuat.

Citra perusahaan yang positif menunjukkan seberapa baik perusahaan dipersepsikan oleh karyawan saat ini, dan berpotensi menjadi sebuah faktor pendorong besar untuk memikat lebih banyak kandidat.

Masalahnya, UKM mungkin tak memiliki tenaga dan sumber daya untuk berinvestasi dalam membangun citra perusahaan yang kuat. Lantas, bagaimana caranya membangun branding jika terbatas biaya?

Berikut ini adalah lima cara branding perusahaan, dikutip dari Jobstreet, Sabtu 12 Oktober 2019.

1 dari 5 halaman

Menerapkan Employee Value Proposition (EVP)

Menurut definisinya, EVP adalah serangkaian penawaran yang diberikan oleh perusahaan sebagai imbalan atas keterampilan, kemampuan, dan pengalaman yang diberikan seorang karyawan kepada perusahaan.

Hal ini mewakili nilai unik dan daya tarik perusahaan. Sebutkan apa yang membuat perusahaan kamu berbeda (spesial); budaya kerja yang berbeda, visi yang menginspirasi atau citra positif yang kuat.

 Ilustrasi Hijab Bisnis

 

Jika tidak yakin, kamu bisa mulai dengan mewawancarai karyawan kamu dan menganalisis jawaban mereka.

2 dari 5 halaman

Bersikap Proaktif terhadap Ulasan Online

Dorong karyawan kamu untuk memberikan tanggapan dan ulasan tentang perusahaan.

Hal ini bukan hanya membantu untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi oleh karyawan, tetapi juga memastikan bisnis sudah berada di jalur yang tepat.

 Ilustrasi Hijab Bisnis

Pastikan kamu merespons semua masukan, baik ulasan positif maupun negatif. Ini akan menunjukkan kamu benar-benar peduli terhadap karyawan dan citra perusahaan.

3 dari 5 halaman

Manfaatkan Platform Media Sosial

Salah satu cara paling terjangkau untuk membangun citra perusahaan yang kuat adalah dengan memamerkan budaya kerja dengan berperan aktif di platform media sosial.

Kamu dapat mengunggah foto dan video yang terkait dengan perusahaan atau bahkan acara-acara sosial yang terjadi di tempat kerja agar para pengikut tetap tertarik.

 Ilustrasi Hijab Bisnis

Platform media sosial juga menyediakan opsi yang terjangkau yang dapat disesuaikan dengan anggaran, sehingga kamu dapat mengiklankan unggahan untuk menjangkau target audiens yang lebih besar, sesuai dengan pilihan.

4 dari 5 halaman

Memberdayakan Karyawan untuk Berpartisipasi dalam Obrolan Sosial

Ya, karyawan adalah duta besar terbaikmu. Dorong mereka untuk berpartisipasi dan biarkan citra perusahaan terpancar oleh mereka.

Misalnya, kamu dapat mengadakan sebuah acara perusahaan dan alih-alih mengundang para karyawan melalui email, undang mereka melalui platform media sosial.

Dari sana kamu dapat memberdayakan mereka untuk mengunggah foto, menandai lokasi perusahaan, menyebarkan video live dan memposting komentar atau balasan yang berkaitan dengan acara tersebut.

 Ilustrasi Hijab Bisnis

 

Ini akan membuat keseluruhan pengalaman lebih menarik dan memperkaya.

5 dari 5 halaman

Promosikan Budaya Kerja dalam Deskripsi Pekerjaan

UKM mungkin tidak memiliki daya beli tetapi mereka masih dapat menawarkan budaya kerja yang menarik. Sorot beberapa budaya kerja yang unik dalam deskripsi pekerjaan.

Misalnya, apakah jadwal kerja fleksibel? Peluang kerja jarak jauh? Makanan gratis? Busana bebas di hari Jumat? Tempat kerja yang ramah hewan peliharaan? Tempat kerja ramah ibu-ibu?

Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk merekam video promosi untuk menampilkan budaya kerja di kantor hanya dengan menggunakan Ini akan membuat konten video jadi lebih pribadi dan otentik.

 Ilustrasi Hijab Bisnis

Membangun citra perusahaan yang kuat tidak perlu menghabiskan biaya besar. Namun, citra perusahaan yang sukses membutuhkan waktu dan komitmen, penanaman yang cermat dan juga dukungan berkelanjutan di semua tingkatan.

UKM harus belajar mengidentifikasi dan memanfaatkan kekuatannya untuk mempertahankan retensi karyawan dengan lebih baik serta untuk memikat kandidat baru.

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal