Jika Gunung Agung Meletus, Ini Skenario Evakuasi Turis di Bali

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 27 September 2017 12:45
Jika Gunung Agung Meletus, Ini Skenario Evakuasi Turis di Bali
Sepuluh bandara tersebut akan menjadi lokasi pendaratan ketika Bandara Internasional Ngurah Rai ditutup.

Dream - Kementerian Perhubungan telah membuat rencana untuk mengantisipasi bila Gunung Agung meletus. Sepuluh lapangan terbang telah dipilih sebagai alternatif untuk menggantikan Bandara Internasional Ngurah Rai bila nantinya harus ditutup.

" Ada sepuluh bandara yang kami siapkan untuk mengantisipasi erupsi Gunung Agung, yaitu di Jakarta, Makassar, Surabaya, Balikpapan, Solo, Ambon, Manado, Praya, Kupang, Banyuwangi," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, melalui keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 27 September 2017.

Sepuluh bandara itu, kata Budi, akan digunakan sebagai lokasi pendaratan pesawat yang akan menuju Bali. Misalnya, jika pesawat tersebut berada di posisi dekat bandara di Makassar, maka pesawat tersebut akan mendarat di sana. " Untuk pengalihan tersebut nanti AirNav yang akan melakukan," ucap dia.

Budi memperkirakan terdapat 5.000 penumpang potensial terdampak bila Bandara Ngurah Rai ditutup. Dari 5000 penumpang yang terdampak, 70 persen diperkirakan dari luar Bali dan 30 persen merupakan penumpang dari Bali.

Selain mempersiapkan bandara cadangan, Budi juga telah menyiapkan rencana pemindahan penumpang dari Bali menggunakan bus.

" Kemenhub telah menyiapkan 100 bus untuk mobilisasi penumpang ke luar Bali melalui Banyuwangi, Surabaya, dan Praya," ujar dia.

Untuk penanganan penumpang selanjutnya setelah tiba di Surabaya, Banyuwangi, dan Praya, diserahkan kepada masing-masing maskapai penerbangan. Budi juga meminta masing-masing otoritas bandara berkoordinasi dengan instansi terkait.

" Contohnya jika turis harus over stay karena kejadian erupsi Gunung Agung maka Imigrasi harus memberikan bantuan terkait perpanjangan visa turis tersebut. Untuk kelancaran barang-barang bantuan saya minta agar berkoordinasi dengan Bea Cukai," kata dia.

Beri Komentar