Kejutan April, Kenaikan Harga Barang dan Fasilitas Umum

Reporter : Ramdania
Kamis, 2 April 2015 15:02
Kejutan April, Kenaikan Harga Barang dan Fasilitas Umum
April ini, masyarakat dikejutkan dengan beberapa kebijakan baru pemerintah mengenai tarif dan harga beberapa barang dan fasilitas umum.

Dream - Tanggal 1 April ini rupanya banyak sekali kebijakan baru mengenai harga beberapa barang dan fasilitas umum. Diawali dengan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi pada tanggal 28 Maret 2015 dari Rp6.800 menjadi Rp7.300 per liter dan solar dari Rp 6.400 menjadi Rp 6.900 per liter.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin menyatakan dampak kenaikan harga ini baru bisa dirasakan sepenuhnya mulai April ini di mana harga-harga barang mulai menyesuaikan dengan kenaikan harga Premium untuk ongkos distribusi. Namun, pada kenyataannya, pada tanggal 29 Maret, hampir semua angkutan umum telah menaikkan tarifnya.

Kemudian, per tanggal 1 April, pemerintah juga telah menerapkan kebijakan tarif tol baru dengan penambahan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10%.

Tidak ketinggalan, terdapat kenaikan tarif Kereta Api Ekonomi untuk jarak menengah dan jarak jauh. Menurut pihak PT Kereta Api, kenaikan tarif ini karena penyesuaian dengan kenaikan BBM bersubsidi, perubahan pedoman tarif, peningkatan margin perusahaan, dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Terakhir, LPG 12 kg pun ikut naik. Menurut Pertamina, kenaikan harga LPG ini imbas dari kenaikan harga BBM yang menyebabkan besarnya anggaran yang ditanggung untuk pendistribusian LPG.

Beri Komentar