Ragam Jenis Usaha yang Dianjurkan dalam Islam

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 11 Oktober 2019 18:45
Ragam Jenis Usaha yang Dianjurkan dalam Islam
Islam mensyaratkan rezeki harus diperoleh dengan cara yang halal.

Dream - Rezeki, salah satu kebutuhan manusia dalam kehidupannya. Dalam Islam, terdapat keharusan bagi seseorang untuk mencari rezeki dengan cara yang halal lagi baik.

Cara halal yaitu tidak dengan mencuri, berjudi, merampok, korupsi, dan lain sebagainya. Karena melalukan semua itu, sama saja dengan melanggar hak orang lain dan berbuat kerusakan.

Rezeki halal bisa didapat lewat berbagai cara. Bisa dengan bekerja yang menghasilkan upah. Bisa juga dengan membuka usaha.

Dalam Islam, terdapat jenis usaha yang dianjurkan. Beberapa di antaranya yaitu membuka usaha dagang sendiri.

Berdagang tidak hanya menawarkan barang. Bisa juga dengan menawarkan skill atau kemampuan, yang usahanya bergerak di bidang jasa.

Rasulullah Muhammad SAW sendiri dikenal memiliki kemampuan berdagang yang ulung. Selain itu, Rasulullah juga sangat amanah sehingga usaha jasanya selalu dipakai banyak orang.

 

1 dari 6 halaman

Menyewakan Lahan dan Beternak

Usaha lainnya bisa dengan menyewakan lahan perkebunan, sawah, ladang dan lain-lain. Tata kelolanya bisa dengan sistem bagi hasil pada keuntungan.

Cara ini pernah dijalankan Rasulullah SAW. Dalam hadis riwayat Imam Bukhari, Rasulullah pernah menyewakan lahan di Khaibar kepada umat Yahudi untuk dikelola. Hasilnya disepakati setengah diberikan kepada umat Islam sementara setengahnya untuk umat Yahudi.

Bisa juga dengan beternak hewan. Keuntungannya, harga hewan tidak terpengaruh inflasi sehingga keuntungannya bisa berlimpah.

 

2 dari 6 halaman

Investasi dengan Emas dan Properti

Jika ingin investasi, pergunakan emas. Dalam Islam, emas boleh digunakan untuk investasi. Tetapi, sifat investasi ini tidak untuk jangka pendek melainkan jangka panjang.

Investasi lainnya yang juga dibolehkan dalam Islam yaitu properti. Contohnya dengan menyewakan rumah, kos-kosan dan lain sebagainya.

Proses investasi properti yang diajarkan Rasulullah adalah dengan cara menyerahkan kepada orang lain. Sebagian keuntungan diambil oleh pemilik dan penyewa, dengan lebih dulu dikurangi ongkos operasional

(Sah, Sumber: blog.evermos.com)

3 dari 6 halaman

Keutamaan Anjuran Tidak Mencela Makanan

Dream - Makanan memiliki peranan penting bagi kehidupan. Dari makanan, seorang makhluk mendapatkan energi untuk bisa melanjutkan aktivitasnya.

Makanan juga merupakan salah satu nikmat dari Allah SWT, sehingga kita dianjurkan untuk selalu bersyukur.

Tidak bisa dipungkiri, setiap orang punya selera masing-masing soal makanan. Selera itu menentukan suka tidaknya seseorang pada makanan.

Ada yang menganggap makanan lezat sehingga begitu menyukainya. Namun tidak sedikit orang merasa tidak cocok dengan rasa makanan tertentu.

Jika tidak cocok apalagi suka, dianjurkan untuk tidak mencaci makanan. Karena sejatinya makanan itu merupakan kasih sayang dari Allah SWT.

Dikutip dari Bincang Syariah, seorang pencela makanan termasuk orang yang tidak mau bersyukur atas nikmat yang diterimanya. Dia tidak ingat masih banyak orang yang tidak bisa makan.

4 dari 6 halaman

Pencela Makanan Adalah Orang Sombong

Imam An Nawawi dalam kitabnya Riyadhus Shalihin menyebut pencela makanan sebagai orang yang sombong. Dalam pandangannya, memuji makanan berarti menyukainya sedangkan mencela berarti merendahkan nikmat yang diberikan Allah.

Dalam hadis riwayat Imam Muslim, sahabat Jabir RA bercerita bagaimana Rasulullah Muhammad SAW memperlakukan makanan. Suatu hari, Rasulullah meminta lauk kepada istrinya namun yang tersedia hanyalah cuka.

" Bahwasanya Nabi SAW meminta kepada istri beliau lauk. Lalu mereka menjawab, 'Kami tidak punya lauk kecuali cuka." Kemudian Rasulullah memintanya dan memakannya (bersama roti) dan bersabda, " Sebaik-baik lauk adalah cuka, sebaik-baik lauk adalah cuka'."

Hadis ini menunjukkan bagaimana Rasulullah memperlakukan makanan. Meski cuka, Rasulullah tetap memakannya dan tidak mencelanya.

Sepanjang hidup Rasulullah tidak pernah mencela makanan. Jika tidak menyukai makanan yang tersedia, Rasulullah cukup meninggalkannya.

Ini merupakan adab Rasulullah kepada Allah yang patut kita contoh. Jika mencela makanan yang tidak disukai, sama saja dengan ucapan buruk menolak rezeki dari Allah.

Sumber: Bincang Syariah

5 dari 6 halaman

Doa Agar Amalan Diridhai Allah, Sering Diucapkan Putri Rasulullah

Dream - Amal merupakan bagian terpenting dalam hidup manusia dalam hakikatnya sebagai makhluk yang diciptakan Allah SWT.

Umat Islam dianjurkan beramal sebanyak mungkin. Menebarkan kebaikan kepada sesama maupun alam.

Tetapi, hal yang terpenting bagi seorang Muslim saat beramal adalah mendapatkan ridha Ilahi. 

Agar mendapatkan ridha dari Allah, dianjurkan mengucap doa ini. Doa ini merupakan doa putri Rasulullah Muhammad SAW, Fatimah Az Zahra.

6 dari 6 halaman

Doa Mohon Ridha Allah

 Doa Mohon Ridha Allah

Allahumma inni as'aluka huda wattuqa wal 'afafa wa ghina wal 'amala bima tuhibbu watardha, allahumma inni as'aluka min quwwatika lidha'fina wa min ghinaka lifaqrina wa faqatina, wamin hilmika wa 'ilmika li jahlina, allahumma shalli 'ala muhammadin wa 'ali muhammadin, wa a'inna 'ala syukrika wa dzikrika, wa tha'atika wa 'ibadatika, birahmatika ya arhamar rahimin.

Artinya;

Ya Allah, aku memohon petunjuk pada-Mu dan kehormatan dan kekayaan serta beramal sesuai dengan apa yang Engkau cintai dan ridhai. Ya Allah, aku memohon kekuatan dari-Mu karena kelemahan kami, kekayaan dari-Mu karena kefakiran dan kepapaan kami, dan kearifan dan ilmu dari-Mu karena kejahilan kami. Ya Allah, sampaikanlah shalawat kepada Nabi Muhammad Saw dan keluarganya dan bantulah kami supaya dapat bersyukur dan berzikir pada-Mu, dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Pengasih di antara yang mengasihi.

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal