Bukan Cuma Angka, Pertimbangan Hal Ini Saat Nego Gaji

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 10 April 2018 07:30
Bukan Cuma Angka, Pertimbangan Hal Ini Saat Nego Gaji
Biasanya pencari kerja dan karyawan yang sedang promosi menitikberatkan gaji, padahal

Dream – Negosiasi gaji tidak pernah menjadi topik yang mudah untuk dibahas. Tapi, ini penting buat kamu yang sedang mencari promosi kerja, apalagi waktu mau pindah kerja.

Saat melamar kantor baru, baik mereka yang sudah maupun baru bekerja, tahap negosiasi gaji memang bisa bikin bimbang. Kalau terlalu tinggi, takut lamaran ditolak. Tapi terlalu rendah, khawatir gaji nggak cukup menutup kebutuhan bulanan.

CEO Yum China—restoran terbesar di Tiongkok, James Wat, berbagi tips bagaimana kamu bisa lolos dari kebimbangan itu. Dan menariknya, tips ini bisa kamu terapkan lho.

Dilansir dari CNBC, Selasa 10 April 2018, Wat mengatakan profesional muda seharusnya melihat perusahaan secara keseluruhan. Dia tidak mengutamakan gaji ketika sedang bernegosiasi gaji.

“ Ketika memilih pekerjaan, saya mengatakan gaji bukanlah pertimbangan yang penting. Saya melihat industri apakah saya menyukainya dan apakah di posisi ini saya bisa mendapatkan pelatihan, paparan, bimbingan. Apakah perusahaan ini merupakan perusahaan yang baik, player yang baik, dan kemudian, tentu saja gaji,” kata dia.

Wat mengatakan karyawan atau pencari kerja baru sebaiknya meriset pasar tentang kisaran gaji untuk suatu posisi, lalu menunjukkan kepada perusahaan yang dituju. Tak ada salahnya untuk merundingkan gaji dengan perusahaan karena kemampuan setiap perusahaan berbeda-beda, asalkan gaji yang ditawarkan masih berada di kisaran harga pasar.

“ Bersikap tulus. Jujurlah, terbukalah,” kata dia.

Ada satu yang menjadi isu di dunia karier, yaitu ketimpangan pembayaran gaji berdasarkan gender. Ketimpangan gaji, misalnya, di Inggris, sebesar 18,4 persen. Misalnya HSBC membayar pria dengan gaji 59 persen lebih tinggi daripada wanita. Menanggapi hal ini, Wat menyarankan agar profesional, terutama profesional muda tidak terlalu mengedepankan masalah gender.

“ Hanya fokus kepada apa yang menurutmu benar, apa yang bagus, dan yang kamu percaya hal itu adalah hal baik yang kamu lakukan. Tetap lakukan itu,” kata dia.

(Sah)

 

Beri Komentar