Cara Daftar Konsumen Solar Subsidi di Website My Pertamina Agar Tak Dibatasi

Reporter : Okti Nur Alifia
Rabu, 25 Januari 2023 09:12
Cara Daftar Konsumen Solar Subsidi di Website My Pertamina Agar Tak Dibatasi
Melalui website Subsidi Tepat My Pertamina, konsumen diharuskan mengisi data diri lengkap.

Dream - PT Pertamina (Persero) membuat kebijakan baru yang mewajibkan pembeli solar subsidi harus terdaftar website Subsidi Tepat My Pertamina yakni subsudittepat.mypertamina.id mulai 26 Januari 2023 di sejumlah daerah.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, jika data konsumen belum terdaftar pada MyPertamina, maka pembelian solar subsidi dibatasi hanya sebanyak 20 liter per harinya, demikian seperti dilansir dari Merdeka.com.

Melalui website Subsidi Tepat My Pertamina, konsumen diharuskan mengisi data diri lengkap seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), STNK dan foto kendaraan hingga dokumen lainnya.

Lalu, bagaimana cara mendaftar di website MyPertamina? Berikut cara daftarnya:

1. Buka website subsiditepat.mypertamina.id

2. Centang informasi memahami persyaratan

3. Klik daftar sekarang

4. Ikuti instruksi dalam website tersebut

5. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala

6. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

Dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya.

1 dari 2 halaman

Perbanyak Stok, Pertamina Imbau Orang Kaya Pakai LPG Nonsubsidi

Dream - Pemerintah berencana membatasi penjualan gas elpiji (LPG) ukuran 3 kilogram (Kg) hanya ke penyalur agen resmi yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin. Rencana ini sekaligus komitmen pemerintah yang ingin konsisten dengan pesan yang tertera di bagian samping tabung.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengimbau agar masyarakat yang mampu untuk menggunakan LPG Nonsubsidi 5,5 kg atau 12 kg.

" Kami mengimbau bagi yang mampu agar menggunakan LPG Nonsubsidi," katanya dikutip dari Liputan6.com, Senin, 16 Januari 2023.

Irto menambahkan pemerintah akan melakukan penambahan stok sesuai dengan kebutuhan, terkait adanya keluhan dari sejumlah masyarakat yang sulit mendapatkan LPG 5,5 kg. 

" Kita perbanyak sesuai dengan kebutuhan," ungkapnya.

 

   

2 dari 2 halaman

Penjualan LPG subsidi nantinya akan diintegrasikan dengan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). Untuk masyarakat yang belum masuk daftar tersebut, akan dimuat berdasarkan KTP atau KK yang dimiliki.

Dengan adanya penyaluran subsidi yang baru, penggunaan LPG 3 kg diharapkan akan tepat sasaran 

Saat ini, proses uji coba sedang dijalankan di Kecamatan Cipondoh di Kota Tangerang, Kecamatan Ciputat di Kota Tangerang Selatan, Kecamatan Ngalian di Kota Semarang, Kecamatan Batu Ampar di Kota Batam, dan Kecamatan Mataram di Kota Mataram.

Irto menerangkan, untuk wilayah selanjutnya yang akan diuji coba masih memunggu hasil dari uji coba saat ini.

" Masih kami koordinasikan dengan regulator. Kita tunggu review-nya ya," kata Irto.

Beri Komentar