Persiapan Mudik yang Sering Terlupakan, Bisa Merugi Jika Alpa

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Sabtu, 1 Juni 2019 07:01
Persiapan Mudik yang Sering Terlupakan, Bisa Merugi Jika Alpa
Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan pemudik dari asuransi ini.

Dream – Sebelum memulai perjalanan mudik, banyak orang yang mempersiapkan diri mulai dari biaya mudik, menjaga kesehatan, hingga oleh-oleh. Namun mereka lupa satu hal yang sangat penting yaitu asuransi.

Padahal asuransi, terutama asuransi kendaraan sangat penting dalam perjalanan mudik.

Chied Executive Officer Adira Insurance, Julian Noor, mengatakan ada banyak manfaat dari asuransi kendaraan selama mudik. Di antaranya yaitu, mengurangi biaya tambahan karena kamu tidak perlu membuat anggaran tambahan atas kemungkinan risiko yang timbul selama perjalanan.

" Jadi tidak perlu menyiapkan dana tambahan jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada kendaraan," kata Julian di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream baru-baru ini.

Dia mengatakan pentingnya memiliki asuransi kendaraan selama mudik juga disebabkan oleh kemudahan penanganan kendaraan di saat darurat. Kamu bisa menghubungi layanan bantuan yang tersedia di perusahaan asuransi tersebut apabila kendaraan Anda terkena masalah selama perjalanan mudik.

" Selama periode mudik lebaran, Adira Insurance selalu menyiapkan contact center Adira Care 1500 456 dan rescue unit yang standby 24 jam di Indonesia," kata Julian.

Selain itu, Adira Insurance juga berkoordinasi dengan Autocillin Garage yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengantisipasi kemungkinan kendaraan yang akan masuk bengkel karena kecelakaan atau berbagai risiko saat mudik lainnya.

Pelanggan dapat menggunakan aplikasi Autocillin Mobile Claim untuk melihat Autocillin Garage terdekat dari lokasi pemudik. 

1 dari 1 halaman

Mengapa Perlu Asuransi Mudik?

Julian melanjutkan, pemudik juga perlu memiliki asuransi kendaraan karena rawan terjadi kecelakaan. Dia mengatakan, volume kendaraan menjelang mudik biasanya meningkat sehingga membuat jalanan semakin padat dan tingkat kecelakaan meningkat. Kementerian Perhubungan mencatat, kasus kecelakaan di jalur darat mencapai 1.289 kasus pada 2016 lalu.

Tingginya tingkat kehilangan kendaraan selama perjalanan mudik juga menjadi penyebab seseorang harus memiliki asuransi kendaraan. Kendaraan bermotor menjadi salah satu barang yang kerap hilang karena nilai jualnya yang cukup tinggi. Mereka umumnya mengincar mobil atau motor yang kurang pengawasan dari pemiliknya untuk dicuri.

Asuransi bisa menjadi jawaban dari risiko ini karena dalam asuransi sudah ada perlindungan untuk kehilangan yang lebih dikenal dengan perlindungan Total Loss Only (TLO) yang melindungi kendaraan yang dibawa mudik maupun yang ditinggal di rumah selama mudik.

Penyebab lain pentingnya memiliki asuransi kendaraan selama mudik adalah karena tingkat kerusakan kendaraan yang tinggi. Pasalnya, perjalanan mudik biasanya menempuh jarak yang cukup jauh dan kerusakaan kendaraan tidak dapat diprediksi.

Business Division Development Head Adira Insurance, Tanny Megah Lestari, menambahkan, pihaknya mempersiapkan layanan emergency road assistance seperti bantuan derek, jumper, bantuan penggantian ban, kendaraan terkunci secara tidak sengaja, dan berbagai fasilitas rescue lainnya.

" Jika mengalami musibah saat perjalanan mudik, pelanggan langsung menghubungi contact center Adira Care 1500 456 atau dapat mengirimkan SMS di nomor 08121113456," kata dia.

Dengan melihat manfaat asuransi di atas, masyarakat diharapkan semakin melek terhadap asuransi, terutama asuransi kendaraan. Sejauh ini, Tanny menilai, minat masyarakat terhadap asuransi kendaraan cukup tinggi.

Hingga kuartal I-2019, total premi asuransi kendaraan di Adira Insurance mencapai Rp422 miliar, bertumbuh 12 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Dari nilai premi tersebut, asuransi kendaraan roda empat masih mendominasi pendapatan premi dengan nilai Rp248 miliar dan bertumbuh 2 persen year on year (yoy).

Sementara asuransi kendaraan roda dua mencatatkan pertumbuhan premi 29 persen (yoy) ke angka Rp174 miliar.

Tidak hanya itu, Tanny menambahkan pihaknya menawarkan asuransi mudik dengan periode yang lebih singkat. Ada perlindungan-perlindungan yang ditawarkan, seperti kecelakaan, kehilangan kendaraan, dokumen, dan barang pribadi, serta kebakaran atau kecurian rumah yang ditinggal mudik.

“ Dengan harga terjangkau, pemudik bisa merasa aman dan tenang selama mudik,” kata dia.(Sah)

Beri Komentar