Penerimaan CPNS Dibuka Setelah Pilkada Serentak, Mengapa?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 9 April 2018 10:45
Penerimaan CPNS Dibuka Setelah Pilkada Serentak, Mengapa?
Sekretaris Deputi Sumber Daya Manusia Kementerian PANRB, Aba Subagja, mengatakan, ada alasan penerimaan CPNS dilakukan setelah Pilkada.

Dream – Pemerintah terus mematangkan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Kalau tak ada halangan, proses seleksi CPNS akan dimulai setelah pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Dikutip dari Liputan6.com, Senin 9 April 2018, Sekretaris Deputi Sumber Daya Manusia Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Aba Subagja, mengatakan, ada alasan penerimaan CPNS dilakukan setelah Pilkada. Salah satunya adalah perekrut tidak dikait-kaitkan dengan kepentingan di Pilkada.

“ Kemungkinan (usai) Pilkada. Kita juga mau Pilkada, bulan Juni. Mungkin proses pengadaan baru setelah Pilkada agar tidak terkait atau ada yang mengait-ngaitkan dengan Pilkada,” kata Aba di Jakarta.

Selain itu, dia mengatakan hal ini bertujuan agar jadwal kedua kegiatan ini tidak saling berbenturan. Pemerintah daerah juga bisa focus untuk melaksanakan Pilkada dan penerimaan CPNS.

“ Jadi, biar tidak bentrok dengan kegiatan itu,” kata Aba.

Dia mengatakan pemerintah masih melakukan kompilasi untuk formasi CPNS 2018. Dalam hal ini, penentuan jabatan yang harus diisi ini berdasarkan usulan dari pemerintah daerah.

“ Biar tepat. Misalnya, guru, kan, harus kami lihat mata pelajarannya apa, punya murid berapa. Ya, divalidasi,” kata Aba.

Sumber: Liputan6.com/Septian Deny

Beri Komentar