Dompet Tiris Usai Lebaran? Pulihkan dengan 5 Cara Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 12 Juni 2019 09:11
Dompet Tiris Usai Lebaran? Pulihkan dengan 5 Cara Ini
Orang-orang sering bokek setelah Lebaran, kamu salah satunya?

Dream – Libur Idul Fitri 2019 sudah selesai. Masalah yang kerap muncul setelah libur Lebaran adalah dompet yang terkuras karena pengeluaran yang membengkak.

Gajian masih lama dan Tunjangan Hari Raya (THR) seperti numpang lewat.

Lalu, bagaimana caranya memulihkan kembali keuangan setelah Lebaran?

Dikutip dari sikapiuangmu.ojk.go.id, Rabu 12 Juni 2019, seharusnya kita memperhitungkan pengeluaran-pengeluaran agar tetap hidup sampai gaji berikutnya. Kamu bisa berusaha tenang dan melakukan ekstra perbaikan untuk menyehatkan kembali kondisi keuangan.

1. Periksa Kembali Kondisi Keuangan Saat Ini

Lakukan evaluasi dan pencatatan pengeluaran sebelum dan selama Lebaran, agar kita bisa tahu penyebab pengeluaran menjadi berlebihan. Setelah itu kita bisa mulai mengganti pos-pos yang terpakai.

Kalau kamu memakai dana darurat, lakukan evaluasi pada pos ini seberapa besar dana yang terpakai untuk kemudian mengganti dana darurat yang telah terpakai. Hasil evaluasi ini juga bisa menjadi acuan untuk momen Lebaran tahun berikutnya agar tak mengganggu kondisi keuangan setelah Lebaran.

1 dari 2 halaman

Lunasi Utang, Mulai Menabung

2. Lunasi Utang Konsumtif

Kalau selama Lebaran atau persiapan Lebaran, kamu menggunakan kartu kredit atau punya cicilan, hal penting yang harus dilakukan selanjutnya adalah membayar tagihan utang. Jangan ditunda-tunda, ya.

Semua utang konsumtif harus segera dilunasi. Semakin ditunda, semakin berat beban kita pada bulan-bulan berikutnya. Membayar utang sesuai dengan kemampuan harus dilakukan dengan konsisten untuk membantu pemulihan kondisi finansial setelah Lebaran.

3. Mulai Menabung dan Susun Anggaran Kembali

Masa liburan akan segera usai, sekarang saatnya kembali pada kenyataan keuangan saat ini. Mulailah mengisi kembali tabunganmu.

Agar terhindar dari godaan untuk menghabiskan uang, sebaiknya kamu menyisihkan dana tabungan terlebih dahulu dan tidak menunggu sisa pengeluaran untuk ditabung. Susun kembali anggaran untuk bulan berikutnya, jangan mengulangi kesalahan yang sama.

2 dari 2 halaman

Buat Prioritas dan Siapkan Pos Pengeluaran Jangka Panjang

4. Buat Prioritas Kebutuhan Utama

Penuhi kebutuhan-kebutuhan utama terlebih dahulu. Dana-dana yang akan digunakan untuk pos yang kurang penting bisa dialihkan dulu sepenuhnya ke hal-hal yang lebih utama.

Untuk beberapa bulan kedepan sampai kondisi keuangan pulih hindari belanja barang–barang yang tidak diperlukan dan nongkrong-nongkrong yang gak bermanfaat. Kembali bekerja, mengumpulkan uang, perketat anggaran belanja, dan berhematlah, tanamkan dalam pikiran bahwa kondisi keuangan kita saat ini sedang dipulihkan.

5. Siapkan Pos Pengeluaran Jangka Panjang

Walaupun sedang berusaha memulihkan keuangan setelah lebaran, namun jangan lupa untuk menyiapkan dana untuk pengeluaran jangka panjang. Dana yang sudah disiapkan ini dapat membantu kesiapan finansial Sobat di masa depan.

Kamu perlu bersikap disiplin, tetap konsisten, dan bersabar sementara waktu untuk melalui masa pemulihan keuangan pasca lebaran. Cerdas mengelola keuangan, masa depan sejahtera. (Ism)

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie