CONNECT WITH US!

Foto Penampakan Mal Pelayanan Publik Jakarta, Nyaman Banget!

Reporter : Rizki Astuti | Rabu, 11 Oktober 2017 16:15
Mal Pelayanan Publik Jakarta (Dream.co.id/Rizki Astuty)
Tak seperti gedung pemerintah pada umumnya. Jauh dari kesan formal dan kaku.

Dream - Bersih dan minimalis. Kesan itu langsung terasa saat mengunjungi Mal Pelayanan Publik yang telah rampung dibangun.

Bangunan itu terletak di posisi strategis. Di jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Setia Budi, Jakarta Selatan dekat dengan Plaza Festival. Kawasan bisnis yang sibuk dengan lalu lalang para pebisnis

Dulunya, gedung 14 lantai milik Dinas Teknis DKI jakarta. Lama kosong, gedung akhirnya dipugar dan akan dijadikan kantor Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Penanaman Modal DKI Jakarta.

Dari luar, warna abu-abu mendominasi gedung ini. Terpampang jelas di luar gedung tulisan 'Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta' yang diukir di tembok batu. Ditemani seorang petugas Satpam, Dream menyusuri tapak demi tapak bangunan baru tersebut.

 Mal Pelayanan Publik Jakarta

" Ini belum rampung semuanya," jawab si petugas ramah menemani jurnalis menyusuri gedung tersebut, Selasa, 10 Oktober 2017.

Tak seperti perkantoran pemerintah lain, suasannya mal itu asri. Dua pohon besar mengapit di kiri dan kanan gedung. Deretan bangku terlihat menghiasi depan taman. Akses masuknya juga memudahkan pengguna kursi roda.

Begitu masuk, kamu akan disambut dengan monitor besar di sebelah kanan. Di sampingnya, ada tiga monitor kecil untuk pengunjung memilih jenis layanan yang akan diurus. Nantinya akan keluar tiket nomor antrean secara otomatis.

 Mal Pelayanan Publik Jakarta

Lantai dasar ini dibaluti dengan ornamen kayu yang cantik. Ruangan semakin artistik dengan satu replika pohon besar di tengah meja resepsionis. Di bagian tengah, meja dan komputer layaknya di bank disiapkan untuk melayani pelanggan. Ruang tunggu pun dibuat senyaman mungkin. Sebuah televisi disiapkan sebagai hiburan peluruh waktu menunggu.

 Mal Pelayanan Publik Jakarta

Di bawah tangga ada Pelayanan Fast Track Service yang merupakan loket prioritas.

Beralih ke lantai dua ada kantor cabang Bank DKI di sebelah kiri. Ada beberapa meja bentuk cubicle dengan sofa kecil sebagai tempat pelayanan Pemprov DKI Jakarta.

Lapar, Langsung Saja Menuju Kafetaria

Bosan menunggu antrean, pengunjung bisa melangkahkan kaki ke lantai dua. Sebuah ruang tunggu dan kafetaria siap menyapa di kala perut kerondongan. Ukurannya memang tidak terlalu besar. Dengan tembok warna abu-abu yang diisi motif tribal. Tak jauh dari kafetaria ada juga ruang konsultasi.

 Mal Pelayanan Publik Jakarta

Ruang Bermain Anak

Untuk warga Jakarta yang membawa buah hati juga tak perlu khawatir. Agar tak jenuh Anda bisa mengajaknya ke ruang bermain anak yang dihias warna-warni dengan perosotan dan mainan. Tepatnya ada di sebelah pojok kanan.

Di sebelahnya ada ruang latkasi yang luas dengan kursi empuk bagi para ibu menyusui. Fungsi lantai dua sama dengan lantai dasar. Warga bisa mengurus kependudukan, izin bangunan, hingga bayar retribusi.

 Mal Pelayanan Publik Jakarta

Serba Cerah

Naik ke lantai tiga, pengunjung akan disambut dengan jejeran bangku empuk yang didominasi warna biru dan orange. Meja-meja pelayanan juga hadir di sini.

 Mal Pelayanan Publik Jakarta

Full Service Lintas Kementerian

Bedanya, lantai tiga ini diperuntukkan bagi instansi non-Pemda DKI. Ada tujuh lembaga, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Agraria, Kementerian Keuangan, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kepolisian, PLN, dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Masing-masing lembaga menaruh banner didepannya.

 Mal Pelayanan Publik Jakarta

Untuk kepolisian, ada beberapa loket, seperti pendaftaran dan penetapan samsat, pembayaran pengesahan dan penyerahan samsat, pendaftaran dan perpanjangan SIM A&C, serta uji kesehatan SIM.

 Mal Pelayanan Publik Jakarta

Ada pula pelayanan keimigrasian paspor, PLN, pengurusan sertifikat tanah dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Jika di total ada 296 layanan Pemprov DKI yang bisa diurus di sini. Tentu Mal Pelayanan Publik akan menjadi tempat yang memudahkan warga.

Dengarkan Dia - Bersenyawa (Acoustic Interview Part 1)