Hati-hati dengan Aura Negatif di Tempat Kerja

Reporter : Ramdania
Kamis, 25 Juni 2015 09:32
Hati-hati dengan Aura Negatif di Tempat Kerja
Aura negatif menurunkan produktivitas kerja.

Dream - Energi negatif, entah yang bersumber dari hal yang berkaitan dengan pekerjaan atau tidak, memiliki sifat merusak di tempat kerja.

Jika berada dekat dengan orang yang kehidupan atau karirnya sedang 'down' setiap hari, Anda secara tidak sadar juga akan terkena dampaknya.

Meski mereka tidak bermaksud meracuni Anda, namun kurangnya antusiasme mereka bisa menular ke Anda. Sama seperti ketika lingkungan yang optimis memotivasi Anda untuk meningkatkan diri dan menjadi lebih produktif.

Seperti dikutip dari Gulf News, Kamis, 25 Juni 2015, berikut ini beberapa strategi agar Anda tidak tertular energi negatif yang akan meracuni produktivitas atau profesionalitas Anda.

Membaca situasi dan kondisi

Jika mendengar seseorang sedang mencoba untuk mengatakan sesuatu hal yang negatif namun Anda mengabaikannya, Anda kemungkinan akan terhindar dari pengaruh energi negatif yang merusak.

Contohnya, jika manajer membuat keputusan yang bisa memperbaiki kondisi pekerjaan dan rekan Anda bereaksi dengan berkata, " Lalu apa? Itu tidak akan mengubah apa pun" . Jangan membenarkannya secara mentah-mentah.

Coba lihat situasi dan lakukan penilaian pada diri Anda, apakah yang dibuat manajer itu bisa memperbaiki kondisi atau tidak. Jika memang iya, berarti rekan Anda mungkin sedang stres, tidak suka dengan manajer itu, atau punya sikap selalu pesimis dengan segala sesuatu.

Tidak selalu menghakimi diri sendiri

Bersikap kritis terhadap pekerjaan sendiri dan perusahaan adalah hal yang baik, jika dilakukan dalam batas yang sehat. Terlalu dalam mengkritik diri sendiri sangat merusak. Banyak orang yang jatuh ke dalam situasi ini menjadi tidak idealis dan selalu merasa stres dengan kinerjanya, termasuk dalam membuat keputusan yang sulit.

Menjadi orang realistis dengan diri sendiri dan perusahaan akan membuat Anda bisa memahami mengapa beberapa keputusan harus dibuat atau mengapa kualitas tertentu sulit dipaksakan ke tingkat yang lebih tinggi. Namun bukan berarti tidak ada cara untuk mengatasinya. Anda mungkin harus mencari jalan lain yang lebih baik tanpa membawa energi negatif ke sekitar rekan Anda.

Hindari konflik personal

Anda mungkin ingin menjaga hubungan pribadi dengan beberapa rekan kerja Anda. Namun secara terus-menerus tenggelam dalam kehidupan pribadi mereka mungkin akan merugikan Anda. Menunjukkan empati dan pengertian, serta menjadi pendengar yang baik memang diperlukan, sepanjang dilakukan seperlunya.

Intinya, jangan terseret ke dalam kehidupan pribadi orang lain. Jika Anda menawarkan bantuan, katakan secara definitif dan jelas. Jika tidak, dapat mempersulit hubungan kerja.

Juga, usahakan memisahkan masalah kerja dengan kehidupan pribadi. Mungkin hal-hal yang tak berkaitan dengan pekerjaan bisa dibicarakan di waktu istirahat atau saat pulang kerja.

Jika memang bicara masalah pribadi di tempat kerja, Anda harus menjaga agar tidak melebar ke mana-mana. Atau Anda bisa langsung kembali ke masalah kerja. Hal ini akan memberi sinyal kepada rekan bahwa Anda tidak suka menghabiskan jam kerja untuk mengobrol.

Ketahui gejala Anda

Jika Anda merasa down, kurang antusias tentang pekerjaan atau sedang tidak mood, mungkin Anda telah jatuh ke dalam perangkap energi negatif. Periksa lagi perasaan dan tindakan Anda secara serius, dan lihat apakah ada alasan yang menyebabkannya.

Jika alasannya karena Anda mendengar dari orang lain dan bagaimana mereka bersikap tentang pekerjaan mereka, cobalah melihat ke dalam situasi Anda sendiri. Mungkin Anda berada dalam posisi yang jauh lebih baik dari mereka, Anda bahkan mungkin melihat bahwa pendapat mereka sendiri dipengaruhi dengan masalah-masalah pribadi dan pandangan mereka sendiri.

Beri Komentar