Innalillahi, Mantan Menkeu Marie Muhammad Tutup Usia

Reporter : Syahid Latif
Minggu, 11 Desember 2016 08:52
Innalillahi, Mantan Menkeu Marie Muhammad Tutup Usia
Pria berjuluk Mr Clean ini terkenal sebagai menteri yang tak mempan menerima korupsi

Dream - Mantan Menteri Keuangan era Presiden Soeharto, Marie Muhammad meninggal dunia. Pria berjuluk Mr Clean karena keteguhannya menolak korupsi ini tutup usia sekita pukul 02.40 WIB.

Marie Muhammad meninggal di RS Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta Timur.

" Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Turut berbelasungkawa atas wafatnya Bapak Mar'ie Muhammad. Semoga Almarhum Husnul Khotimah,aamiin," ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam aku Twitternya, Minggu, 11 Desember 2016.

Kabar meninggalnya Marie Muhammad juga dikabarkan akun Twitter Palang Merah Indonesia. 

" Inallillahi wainalillahi rojiun, telah berpulang Bapak Marie Muhammad, Ketua Umum Masa Bakti 1999 –2009 hari ini Jam 02.00 WIB," tulis @palangmerah.

Kabar Marie Muhammad tengah terbaring sakit memang sudah muncul beberapa bulan yang lalu. Terakhir kabar kondisi Marie muncul cuitan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD dalam akun Twitternya.

Dalam unggahan fotonya, Mahfud terlihat tengah menjenguk Mari'e Muhammad yang sedang dalam perawatan di Rumat Sakit Pusat Otak Nasional di kawasan Cawang, Jakarta.

" Berdoa utk kesembuhan kanda Mar'ie Muhammad (Menkeu yg Mister Clean). Sekarang sedang dlm perawatan di RS Pusat Otak Nasional, Cawang," tulisnya dalam akun Twitternya dikutip Dream, Jumat, 18 November 2016.

Marie Muhammad yang lahir di Surabaya, tahun 1939 adalah mantan Menkeu di era Orde Baru. Julukan Mr Clean diperolehnya karena perjuangannya memberantas korupsi.

Mengutip laman Wikipedia, pria yang mendapat gelar pendidikan, Master of Arts In Economics, dari Universitas Indonesia menutu karirnya di Kementerian keuangan sejak 1969. Saat itu Mari'e bekerja di Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Departemen Keuangan RI.

Pada rentang 1972-1988, Mari'e mengabdi di Direktorat Jenderal Pembinaan BUMN Departemen Keuangan RI dengan jabatan terakhir sebagai Direktur. Sebelum diangkat menjadi Dirjen Pajak di tahun 1988-1993.

Karier Mari'e semakin berkibar setelah mantan presiden Soeharto mengangkatnya sebagai menteri keuangan Kebainet Pembangunan VI di tahun 1993-1998.

Usai mengabdi sebagai birokrat, sumbangsih Marie untuk negara tak berhenti. Dia menjabat sebagai ketua Oversight Committee (OC) Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) di Tahun 2001-2004 .Di sela jabatannya pun, Marie sempat menjadi Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) pada Tahun 1999 - 2009.

Beri Komentar