Investasi Mudah dan Asyik Buat Para Milenial, Cukup Rp10 Ribu!

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 27 Juni 2019 15:48
Investasi Mudah dan Asyik Buat Para Milenial, Cukup Rp10 Ribu!
Jangan sampai kamu merasakan lagi 'gaji numpang lewat', ya.

Dream – Sahabat Dream pernah nggak mengalami momen di mana punya perasaan jika gaji cuma numpang lewat saja?

Berapapun jumlah penghasilan kamu, jika Sahabat Dream menjalani gaya hidup konsumtif tentu akan terus merasa gaji bak hembusan angin saja.

Mulai memikirkan cara pengelolaan uang serta investasi merupakan salah dua cara agar kamu dapat menyiapkan masa depan yang lebih cerah.

Investasinya pun beragam bentuk, mulai dari liburan, pergi umroh atau haji, membeli rumah, sampai menyiapkan pensiun. Nah mumpung masih muda, para milenial sebaiknya mulai memikirkan tentang perencanaan keuangan itu mulai dari sekarang.

 shutterstock

Marsangap P. Tamba, direktur utama PT Danareksa Investment Management (DIM) dalam keterangan tertulisnya mengatakan, generasi milenial harus mempersiapkan masa depan dengan memahami cara mengelola keuangan yang baik dan benar.

" Dengan penghasilan yang diterima, sedari dini kita kelola pengeluaran kita saat ini dan investasi untuk masa depan.”

Ia juga menyarankan milenial mulai memanfaatkan reksadana yang merupakan produk investasi mudah, aman, dan terjangkau sehingga dapat membantu menyiapkan kebutuhan  masa depan dengan cara menyisihkan sebagian dana dari penghasilan.

“ Bukan menunggu kalau ada sisa (gaji). Ini rumus penting yang perlu dicoba,” tambah Marsangap P. Tamba.

 shutterstock

Sebagai perusahaan manajemen investasi pertama yang menerbitkan reksadana di Indonesia, DIM memberikan pilihan produk untuk calon investor muda, mulai dari reksadana pasar uang yang bisa digunakan untuk kebutuhan jangan pendek sampai reksa dana saham untuk kebutuhan jangan panjang.

“ Salah satu produk DIM yang bisa dipilih (para milenial) adalah Danareksa Seruni Pasar Uang 2,” katanya.

Untuk proses investasinya, Sahabat Dream nggak perlu repot, kok. Kamu bisa lakukan ini secara online dan minimum investasinya pun bisa dimulai dari Rp10 ribu.

Cara mudah dan menyenangkan ini dilakukan DIM agar para milenial yang berpenghasilan mulai menyadari bahwa investasi di reksadana itu penting, mudah, dan asyik untuk dicoba.

1 dari 5 halaman

Tips Mengelola Uang Ala Raditya Dika, Nomor 15 Wajib Dipatuhi

Dream - Libur Lebaran telah usai. Mungkin ini waktu yang cocok untuk kembali mengecek kondisi keuangan Sahabat Dream.

Tak dipungkiri momen Lebaran membuat pengeluaran kita bertambah. Apalagi jika kamu termasuk tipe orang yang tak mempersiapkan budget Lebaran dengan cermat. Bisa-bisa uang gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR) tak cukup untuk sampai hari gajian mendatang.  

Berbagai kebahagian di Lebaran memang sah-sah saja. Namun jangan sampai kamu terjebak dalam masalah keuangan sehingga menyebabkan boros atau bahkan berutang. 

Mengatur keuangan sejak sedini mungkin wajib dilakukan. Semakin dewasa, tuntutan dan beban keuangan yang harus ditanggung makin membesar. Mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga jaminan kesehatan dan tagihan-tagihan lainnya.

Tentu sebagai warga negara yang baik, kita juga harus membayar pajak. Oleh sebab itu, kita perlu mengatur keuangan dengan baik.

Dilansir dari Commerce Bank, ada banyak hal bisa dilakukan untuk menyelaraskan pemasukan dengan pengeluaran sehingga keuangan kita bisa sehat.

  Tips Mengatur Keuangan

Di akun Youtube Channel-nya, Raditya Dika juga membagikan tips mengatur keuangan berdasarkan pengalaman dan sudah diterapkannya selama ini.

Banyak tips yang dibagikan Raditya Dika. Apa saja ya? Yuk tengok cara mengatur keuangan bagi milenial bersumber dari Commerce Bank dan Raditya Dika.

2 dari 5 halaman

Pelajari dan Pahami Apa yang Dimiliki

Seperti yang dilansir dari Commerce Bank, sebelum kita mengatur keuangan, baiknya kita mempelajari dan memahami apa yang kita punya terlebih dahulu. Tidak hanya barang dan pemasukan, namun juga tagihan-tagihan yang harus dibayarkan.

  Tips Mengatur Keuangan


Dimulai dari berapa penghasilan perbulan, hingga tagihan apa saja yang harus dibayarkan perbulan.

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi milik dan tanggungan, kita dapat menempatkan pemasukan kita untuk memenuhi kebutuhan dengan keuangan yang sehat.

3 dari 5 halaman

Tentukan Tujuan Keuangan

Ketika mengatur keuangan, kita seharusnya sudah memiliki pandangan dan rencana yang baik, akan digunakan untuk apa sajakah pemasukan kita. Namun yang terpenting adalah kita memahami tujuan keuangan kita.

  Tips Mengatur Keuangan


Setiap kita membuat perencanaan untuk mengatur keuangan, kita harus memiliki tujuan yang jelas. Apakah rencana ini untuk jangka panjang atau jangka pendek.

Seperti yang disampaikan Raditya Dika dalam videonya yang berjudul, “ 15 Tips Ngatur Duit Ala Raditya Dika”, ia sudah melakukan budgeting sejak awal ia berkarir dengan prinsip, “ Pengeluaran harus lebih sedikit daripada pemasukan.”


Ia menambahkan, bahwa banyak pemasukan bukan berarti pengeluaran juga banyak. Mengatur keuangan memerlukan tekad dan fokus untuk mencapai tujuan keuangan yang sehat.

4 dari 5 halaman

Prioritas dan Bijak dalam Mengeluarkan Uang

Dalam mengatur keuangan tentu kita juga harus memperhatikan pengeluaran. Pun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kita harus memprioritaskan yang penting dan bijak dalam mengeluarkan uang.

  Tips Mengatur Keuangan


Masih mengutip pernyataan Raditya Dika, “ Belilah barang untuk diri sendiri… dan pikirkan cost per use, nilainya…”

Membeli sesuatu yang tidak terlalu penting dengan mendahulukan gengsi tentu tidak akan bisa membuat kondisi keuangan kita sehat. Ketika membeli sesuatu, utamakan prioritas dan juga nilai yang didapatkan apabila kita membeli barang atau jasa tersebut.

Tentu setiap orang memiliki prioritas yang berbeda-beda. Perlu digaris bawahi, untuk mencapai keuangan yang sehat, kita harus bijak dalam mengeluarkan uang dengan memikirkan nilai yang diperoleh dari barang atau jasa yang akan kita bayar.

Pelajari Instrumen Investasi

Tips lain dari Raditya Dika, adalah mempelajari instrument investasi. Sebagai kaum muda, kita juga harus memikirkan masa depan dan hari tua. Dengan mempelajari instrument investasi, kita dapat memilih dan menentukan mana instrumen yang cocok dengan tujuan keuangan kita.

Raditya Dika sendiri memilih investasi dalam bentuk saham, yang menurutnya lebih efektif. Pun, dengan para kaum milenial juga harus menentukan instrument investasi mana yang cocok digunakan.

Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda dalam berinvestasi, pelajari terlebih dahulu instrument-instrumen investasi sebelum menginvestasikan penghasilan, ya Sahabat Dream.

Ada banyak sekali tips mengatur keuangan, di antaranya yang disampaikan Raditya Dika dalam videonya di akun Youtube-nya. Yuk cek dan atur keuangan kita dengan bijak.

(Sah, Sumber: Commerce Bank dan Youtube Channel Raditya Dika)

5 dari 5 halaman

Biar Impianmu Tak Hanya Jadi Cerita, Mulai Menabung Sekarang Juga

Dream - Mengaku sebagai bagian dari generasi milenial, ada banyak tantangan finansial yang harus dihadapi, terkait dengan gaya hidup modern. Mulai dari kebiasaan hangout di kafe hingga traveling yang dapat mengganggu stabilitas keuangan pribadi, apalagi jika nggak dibarengi perencanaan matang.

Padahal masih banyak impian jangka panjang yang menanti untuk diwujudkan, seperti membeli rumah sendiri hingga memenuhi kebutuhan keluarga. Biar hidupmu isinya nggak melulu cerita impian yang tak bisa diwujudkan, yuk mulai biasakan diri untuk menabung sejak sekarang.

Begini triknya!

Niatkan Diri untuk Susun Skala Prioritas

Belum akhir bulan, tapi gajimu kian menipis hingga sulit untuk menyisihkan uang untuk ditabung. Kondisi ini bukan hanya dipicu oleh gaya hidup yang dinamis, tapi juga minimnya edukasi dalam mengelola keuangan yang membuatmu sering menghadapi tantangan finansial ini.

Untungnya, kamu masih bisa memperbaikinya dengan membulatkan tekad untuk menyusun keuangan pribadimu sesuai dengan skala prioritas. Setiap orang punya tujuan tersendiri dalam memanfaatkan uang yang dimiliki.

Cari apa yang menjadi hal-hal yang diprioritaskan, misalnya memiliki rumah sendiri atau membiayai pernikahan tanpa campur tangan orangtua, lalu lanjutkan dengan membuat rencana keuangan bulanan.

Pisahkan Dana Tabungan Setelah Menerima Gaji

Begitu gaji sudah di tangan, langsung pisah-pisahkan sesuai skala prioritas yang sudah disusun sebelumnya. Jika kebingungan, ambil patokan 50-30-20 dalam merencanakan keuangan pribadimu.

Untuk anggaran kebutuhan wajib, alokasikan 50 persen dari gaji, sedangkan 30 persen untuk kebutuhan pribadi, dan 20 persen untuk investasi atau tabungan.

Memang butuh komitmen yang kuat untuk mengikuti rumus ini, tapi hasilnya akan terbayar saat melihat kondisi keuangan pribadi yang lebih stabil.

Traveling Boleh Tapi Sesuaikan dengan Bujet

YOLO alias You Only Live Once jadi motto yang sering mendorong generasi milenial untuk cenderung berfoya-foya tanpa memikirkan masa depan. Kamu masih bisa traveling, asal perhatikan bujet yang dimiliki.

Usai memisahkan gaji menurut skala prioritas, lihat bujet yang dimiliki untuk melakukan kegiatan kesukaanmu tersebut. Jangan memaksakan mengambil dana dari pos lainnya karena dapat mengganggu keseimbangan keuangan pribadimu.

Wujudkan Impian ke Tanah Suci dengan Membuka Tabungan Khusus

Mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Tanah Suci tentunya tak akan disia-siakan oleh umat Muslim untuk menjalankan ibadah haji atau umrah. Biaya yang cukup tinggi tak jarang menurunkan semangatmu untuk melangkah ke Tanah Suci sebagai salah satu prioritas hidupmu.

Siasati dengan membuka tabungan khusus untuk haji yang memberi peluang bagi nasabah untuk berangkat haji dengan aman dan nyaman.

Nantinya, kamu tinggal menyetor sejumlah uang secara rutin setiap bulannya hingga mencapai nominal tertentu sebagai syarat mendaftarkan diri untuk berangkat haji di Kementerian Agama.

Perencanaan keuangan pribadimu akan semakin maksimal dengan memiliki tabungan yang tepat, seperti Tabungan iB Pahala dari CIMB Niaga Syariah yang memiliki berbagai keuntungan, mulai dari kenyamanan transaksi, kemudahan akses hingga fasilitas auto debet.

Jangan ragu lagi, buka rekening Tabungan iB Pahala untuk membantu mewujudkan semua impian jangka panjangmu. Info lengkap klik di sini.

 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone