Jadi Menteri BUMN, Ini Sumber Kekayaan Erick Thohir

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 23 Oktober 2019 17:12
Jadi Menteri BUMN, Ini Sumber Kekayaan Erick Thohir
Pengusaha ini ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi salah satu anak buahnya.

Dream – Salah satu pebisnis yang dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi menteri adalah Erick Thohir. Erick menjabat sebagai menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.

Dia merupakan salah satu taipan di Indonesia. Pria ini lahir di keluarga Teddy Thohir. Sang kakak, Garibaldi Thohir, didapuk sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia.

Sayangnya, tak ada informasi akurat tentang kekayaan mantan Ketua ASIAN Games 2019
Organizing Committee. Lantas, dari mana Erick mendapatkan kekayaan?

Seperti yang kita tahu, Erick mendirikan Mahaka Group. Di kepemimpinannya, Mahaka berbisnis di bidang media dan hiburan. Misalnya, Republika, Golf Digest, dan Mahaka Advertising.

Selain itu, dia juga menjadi direktur PT Intermedia Capital Tbk—bagian Bakrie Group yang mengelola ANTV. Erick Thohir disebut-sebut punya saham 50 persen di Jak TV.

Dia juga menjadi Direktur PT Intermedia Capital Tbk (IMC), cucu usaha grup Bakrie yang mengelola stasiun televisi ANTV.

Selama dipimpin Erik, harga saham perusahaan sukses melejit dan pendapatan dari iklan meningkat. Perusahaan itu berkontribusi signifikan untuk induk usahanya yakni PT Visi Media Asia Tbk (VIVA).

Selain di bidang ekonomi, Erick punya saham di beberapa klub olah raga. Misalnya, klub basket Philadelphian 76ers. Dia juga tercatat punya saham di klub Internazionale Milan (Inter Milan). Kini, sahamnya telah dijual.

(Sumber: Liputan6.com/Athika Rahma)

1 dari 5 halaman

Sosok Erick Thohir, Bos Media yang `Berkilau` di Olahraga

Dream – Selain Wishnutama, Erick Thohir juga ikut menyambangi Istana Negara. Mengenakan pakaian putih seperti para undangan lain, mantan ketua tim kampanye nasional Jokowi-Ma’ruf ini tiba di Istana sekitar pukul 11.11 WIB.

Dikutip dari Liputan6.com, Senin 21 Oktober 2019, Erick yang mengenakan celana hitam enggan berkomentar soal pemanggilannya hari ini.

 Erick Thohir.

" Nanti, nanti," kata Erick tersenyum dan melambaikan tangan.

(Sumber: Liputan6.com/Lisza Egenham)

2 dari 5 halaman

Siapa Erick Thohir?

Erick lahir di Jakarta pada 30 Mei 1970 dari keluarga pekerja keras. Dia adalah anak Teddy Thohir. Saudaranya, Garibaldi “ Boy” Thohir, merupakan seorang bankir.

Erick merupakan pengusaha Indonesia dan pendiri Mahaka Group. Di kepemimpinannya, Mahaka berbisnis di bidang media dan hiburan, seperti Republika, Golf Digest, dan Mahaka Advertising.

Dia juga menjadi Direktur PT Intermedia Capital Tbk (IMC), cucu usaha grup Bakrie yang mengelola stasiun televisi ANTV.

Selama dipimpin Ercik, harga saham perusahaan sukses melejit dan pendapatan dari iklan meningkat. Perusahaan itu berkontribusi signifikan untuk induk usahanya yakni PT Visi Media Asia Tbk (VIVA).

3 dari 5 halaman

Bersinar di Olahraga

Selain bisnis, Erick juga “ punya nama” di bidang olahraga. Namanya terus menanjak setelah membeli salah satu klub sepakbola Italia, Internazionale Milan (Inter Milan). Dia menjadi presiden Inter Milan sejak 2013.

Sejak berada di tangan Erick, klub itu sukses menarik perusahaan raksasa China, Suning Grup, yang dikenal memiliki kemampuan manajerial dan finanisial yang luar biasa besar.

 

 

Berduet dengan Zhang Jindong (pemilik Suning Grup), Erick membuat pembukuan Inter Milan menjadi kinclong. Keputusan cepat membeli pemain seperti menjadi jalan terbaik bagi Milan, untuk kembali ke liga kasta teratas Eropa atau Liga Champion.

Selain di lapangan hijau, Erick Thohir juga dikenal sebagai orang Asia pertama yang memiliki klub NBA. Lewat negosiasi panjang pada 2011 Erick memborong saham Philadelpia 76ers. Dia menjadi bagian dari konsorsium raksasa, yang didalamnya ada nama besar seperti aktor Will Smith, Jada Pinkett Smith, dan Jason Levien membeli saham 76ers.

4 dari 5 halaman

Jangkau Basket

Di Tanah Air, Eerick adalah pemilik klub bola basket Staria Muda Britama dan Indonesia Warriors.

Dan pada tahun 2012, bersama Levien, dia menjadi pemilik mayoritas saham klub yang berlaga di Major League Soccer, DC United.

Lewat DC United itulah dia memanggungkan sejumlah pebasket muda Indonesia ke panggung dunia.

5 dari 5 halaman

Bantu Jokowi, Erick Thohir Bakal Duduki Menteri Bidang Ekonomi

Dream - Bos Mahaka Group, Erick Thohir, bakal masuk dalam daftar menteri pembantu Presiden Joko Widodo. Dia akan menduduki salah satu kursi menteri di bidang ekonomi.

" Saya rasa lebih banyak di ekonomi, (pastinya) saya enggak tahu lebih banyak di ekonomi," ujar Erick di Istana Negara, Jakarta, Senin 21 Oktober 2019.

Erick sempat berbincang dengan Jokowi membahas visi pemerintahan ke depan. Dalam pembicaraan itu, kata Erick, Jokowi menyampaikan pikirannya yang positif untuk rakyat.

" Dengan rendah hati, background saya swasta seperti juga Nadiem dan Wishnutama, ini bagian tugas negara yang saya rasa tidak pernah terpikirkan, tetapi intinya bagaimana beliau menyampaikan visinya, kita-kita semua wajib lah membantu," kata Erick.

Meski demikian, Erick mengakui menduduki kursi menteri bukanlah momen yang disambut dengan euforia. Sebaliknya, dia menilai jabatan tersebut merupakan amanah yang cukup berat dijalankan.

" Apalagi beliau juga tidak sungkan-sungkan, semua calon menteri harus menandatangani pakta integritas," ucap dia.

Dia juga mengakui ada keharusan untuk melepas jabatan ketika nantinya duduk di kursi menteri. Ini untuk mencegah adanya konflik kepentingan.

" Sudah pasti dengan jabatan seperti ini tidak boleh conflict of interest, memang cukup berat buat saya," kata dia.

Lebih lanjut, Erick mengatakan posisi pastinya akan diumumkan oleh Jokowi. Keputusan akan diambil setelah Jokowi selesai berdialog dengan sejumlah calon menteri.

" Kalau beliau (Jokowi) sudah berencana, tentu harus bersedia," ucap Erick.

Beri Komentar
Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik