Pilot Citilink yang Diduga Mabuk Dipecat

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 30 Desember 2016 18:03
Pilot Citilink yang Diduga Mabuk Dipecat
Dari hasil investigasi Citilink ternyata Pilot pesawat QG800 itu sempat.....

Dream – Manajemen Citilink akhirnya memutuskan memecat pilot pesawat bernomor QG800 dari Surabaya tujuan Jakarta yang diduga mabuk. Pilot berinisial TP tersebut sebelumnya dilaporkan melantur saat menyampaikan informasi sesaat sebelum pesawat tinggal landas. 

Direktur Utama Citilink, Albert Burhan, mengatakan pilot TP telah melanggar dan mengabaikan sejumlah SOP penerbangan.

" Pilot itu telah melakukan kesalahan berat yaitu tidak menjalankan SOP penerbangan dengan baik sehingga membahayakan penumpang," ucap Albert, di kantor Citylink, Menara Citicon, Slipi, Jakarta Barat, Jumat, 30 Desember 2016.

Selain SOP, kata Albert, ada tiga aturan fundamental yang dilanggar TP. Tiga aturan itu antara lain undang-undang ketenagakerjaan, peraturan perusahaan dan kebijakan SDM Citilink.

 

1 dari 1 halaman

Hasil Investigasi Citilink

Vice President Corporate Communication Citilink Indonesia Benny S. Butarbutar menambahkan TP telah bersikap ceroboh, melanggar disiplin, serta tak mengindahkan aturan.

" Dia 15 menit sebelum jadwal keberangkatan dan memaksakan diri menerbangkan pesawat meski kondisinya tidak fit," kata Benny.

Keputusan pemecatan itu, kata Albert, diambil manajemen setelah melakukan investigasi internal. Langkah ini, kata dia juga diambil sebagai langkah preventif.

" Investigasi dan hasil tes kesehatan TP baru akan dikeluarkan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan seminggu kedepan," ucap dia.

Beri Komentar