Ngakak! Izin Pakai Colokan Listrik Kereta Masak Nasi & Nonton TV, Ini Jawab KAI

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 24 November 2020 10:33
Ngakak! Izin Pakai Colokan Listrik Kereta Masak Nasi & Nonton TV, Ini Jawab KAI
Berikut jawaban pihak PT KAI.

Dream – Banyak cerita unik dan menggemaskan seputar penumpang kereta api di Indonesia. Meskipun fasilitas di dalam gerbong kereta api sekarang sudah jauh lebih nyaman dan lengkap, ada saja tingkah para penumpang yang menggelitik dan terkadang bikin pusing pengelolanya.

Belum lama ini seorang warganet meminta izin kepada PT KAI untuk memakai fasilitas colokan listrik kereta untuk memasak nasi menggunakan rice cooker. Saat ini sebagian besar gerbong kereta memang sudah dilengkapi fasilitas colokan listrik yang terdapat di setiap bangku penumpang.

Warganet tersebut beralasan ingin menghemat pengeluaran karena sedang melakukan perjalanan jauh.

Tentu saja perjalanan yang panjang di dalam sebuah transportasi umum membuat perut kelaparan. Jika membeli makanan di dalam kereta pun harus pikir panjang karena harganya yang dianggap mahal oleh sebagian orang.

Kondisi semacam itu membuat seorang warganet yang ingin berhemat dan memanfaatkan fasilitas selama perjalanan di dalam kereta memiliki ide yang tidak umum.

1 dari 4 halaman

Masak Nasi di Kereta

Ilustrasi© dok. Twitter@partokleo

Baru-baru ini, akun @partokleo menulis status di media sosial Twitter. Ia mengungkapkan pertanyaan kepada PT KAI apakah di dalam kereta diperbolehkan memasak nasi menggunakan rice cooker.

“ Siang admin @KAI121 mau tanya dong, ini kan di kereta ada colokan listrik, boleh gak kalau aku bawa rice cooker buat masak nasi? Soalnya perjalanan jauh pengen hemat,” ucapnya melalui cuitan pada 20 November 2020 kemarin.

Tentu saja cuitan tersebut mengundang komentar dari warganet lainnya. Tapi yang lebih mengesankan, pihak KAI pun menjawab pertanyaan tersebut.

“ Mohon maaf tidak bisa, stop kontak tersebut hanya diperuntukkan untuk barang elektronik seperti charge Handphone dan laptop. Trims,” balas akun @KAI121.

2 dari 4 halaman

Mengundang Tawa Warganet

Ilustrasi© Merdeka.com

Cuitan itu pun mengundang tawa dari sebagian warganet hingga mendapatkan sekitar 13 ribu likes. Ini menjadi hiburan bagi warganet, hingga mendapatkan lebih dari 1.800 komentar yang tak kalah menggelitik.

Harusnya gak perlu nanya gan, tinggal bawa rice cookernya, kalo ada petugas tinggal cabut lagi aja,” tulis akun @rezeki70.

Ya Allah ngakak sampek bengek, tolong ini tuh lagi galau abis habis menanges kok bisa”nya. Perjalanan jauh kemana sih? Malang pasar senen? atau manee bapakk….sampe bengek loh saya,” kata akun @hay_dyy.

3 dari 4 halaman

Mencatok Rambut dan Nonton TV

Ilustrasi© Merdeka.com

Ternyata ada cerita lucu lainnya dari warganet di kolom komentar. Seorang warganet menceritakan pengalamannya yang tak kalah unik dari unggahan tersebut. Ia mengaku pernah melihat seorang wanita yang sedang mencatok rambut di gerbong kereta.

Gue pernah sebelahan sama mbak-mbak lagi catokan kek gada dosa. Ya tapi alhamdulillah nggak ngejeglek listriknya,” tulis akun @spesial_sambat.

Selain itu ada juga seorang warganet yang menanyakan apakah boleh membawa televisi dan menontonnya di gerbong kereta.

“ @KAI121 dan @partokleo kalo bawa tv boleh ga?” tulis akun @threaa_diwords dengan penasaran.

4 dari 4 halaman

Jawaban Pihak PT KAI

Ilustrasi© Dok PT KAI Daop 8 Surabaya

Ternyata pertanyaan itu pun juga dibalas oleh pihak PT KAI yang menjelaskan jika membawa televisi di dalam kereta api diperbolehkan asal dengan ukuran tertentu.

“ Selamat sore, penumpang diperbolehkan membawa Televisi (TV) ke dalam KA, namun yang diizinkan TV tabung maksimum 17 inch atau TV flat (LED/LCD) maksimum 24 inch,” terang akun resmi @KAI121.

Ternyata ada pula warganet yang menceritakan dirinya mengaku pernah melihat seorang penumpang benar-benar membawa televisi dan pengeras suara ke dalam kereta api. Penumpang itu pun terlihat asyik menonton tayangan televisi di gebrong kereta selama perjalanan.

Beri Komentar