Negara Arab Ini Incar Investasi Pengusaha China

Reporter : Ramdania
Selasa, 21 April 2015 18:01
Negara Arab Ini Incar Investasi Pengusaha China
Qatar Resmikan Pusat Transaksi Perdagangan Yuan Untuk Kawasan Timur Tengah.

Dream - Qatar telah membuka pusat kliring mata uang China, yuan atau renminbi, untuk kawasan Timur Tengah. Pembukaan pusat kliring pertama di Timur Tengah itu disebut akan meningkatkan perdagangan dan investasi antara China dan negara-negara Arab di kawasan Teluk.

" Peresmian pusat kliring yuan pertama untuk Timur Tengah di Doha ini akan menciptakan dasar untuk mewujudkan potensi penuh dari hubungan Qatar dan wilayah sekitarnya dengan China," kata Sheikh Abdullah bin Saud al-Thani, Gubernur Bank Sentral Qatar, seperti dikutip dari Arabian Business, Selasa 21 April 2015.

Ditambahkan Sheikh Abdullah, pusat kliring ini akan memperluas potensi investasi dan bisnis pembiayaan dalam mata uang yuan di kawasan Teluk, serta menjadi ajang promosi perdagangan dan hubungan ekonomi antara China dan kawasan tersebut.

" Yang pada akhirnya akan membuka jalan bagi kerja sama bidang keuangan serta menaikkan pamor Qatar sebagai pusat keuangan di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA)," kata Sheikh Abdullah.

Pusat kliring yuan baru tersebut akan ditangani oleh Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) yang membuka cabang di Doha. ICBC akan melayani semua perusahaan di wilayah Teluk yang melakukan transaksi bisnis menggunakan yuan.

" Pusat kliring yuan ini akan meningkatkan kemudahan transaksi antara perusahaan di kawasan Teluk dan China. Mereka bisa menyelesaikan perdagangan secara langsung dalam yuan. Ini menjadi sebuah gambaran dari meningkatnya perdagangan melalui Qatar dan kerjasama bilateral dan ekonomi antara Qatar dan China," kata Ketua ICBC Jiang Jianqing.

Beri Komentar