2 Masalah Keuangan yang Bikin Orang Sedunia Cemas

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 10 Oktober 2017 09:15
2 Masalah Keuangan yang Bikin Orang Sedunia Cemas
Menepis rasa khawatir itu bisa dilakukan dengan cara...

Dream Sahabat Dream, pernahkah merasa cemas saat tumpukan tagihan utang kartu kredit atau tagihan listrik sudah memanggi;? Tampaknya hal itu tidak hanya menyerangmu. Kebanyakan orang mengalami kecemasan serupa. 

Harus kamu perhatikan, kekhawatiran tak hanya mempengaruhi tingkat kebahagiaan, tetapi juga kondisi kesehatan tentunya. Stres akut bisa mendorong terjadinya sejumlah penyakit, terutama sakit kepala dan jantung.

Kecemasan terhadap uang ini ada beberapa jenisnya. Salah satunya adalah mencemaskan hidup dari bulan ke bulan akibat berkurangnya uang.

Dikutip dari CheatSheet, Selasa, 10 Oktober 2017, sebuah studi terhadap orang Amerika menunjukkan bahwa 41 persen generasi milenial dan 50 persen generasi X sulit membayar kredit rumah tepat waktu.

Tak hanya itu, hampir 20 persen responden tak punya dana darurat serta mengandalkan gaji untuk menutup kebutuhan.

Untuk mengatasi hal ini, cara yang bisa dipakai adalah dengan menuliskan variabel biaya yang sudah ditetapkan dalam rencana pengeluaran. Contohnya seperti tujuan finansial.

Selain itu ada dua lagi kecemasan terbesar orang akan uang. Berikut ini adalah rinciannya.

Cemas Dibayangi Utang

Sebuah kajian yang dilakukan oleh Northwestern Mutual menunjukkan 36 persen orang dewasa memprediksi bisa membayar utang dalam tempo 6 tahun-20 tahun ke depan dan 14 persen berpikir takkan pernah bisa bebas dari utang.

Cara menepis kekhawatiran ini adalah mendata kembali utang-utang kamu. Juga, menghitung berapa banyak uang yang kamu perlukan untuk utang.

Pilihlah utang dengan bunga tertinggi yang dibayar lebih dahulu.

Cemas Tak Punya Cukup Uang untuk Pensiun

Survei CareerBuilder menunjukkan 20 persen pekerja di usia 60 tahun mengkhawatirkan masa pensiun mereka. Berkat masa depan jaminan sosial dan kesehatan yang tak menentu di Amerika Serikat, pekerja muda turut mengkhawatirkan hari tuanya.

Langkah jitu supaya tak khawatir untuk menghadapi hari tua adalah menginvestasikan sebagian uang di dana pensiun. Biasanya jumlah yang disisihkan sebanyak 10-15 persen.

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair