Dorong Daya Saing, UMKM di Bengkulu Dibekali Pelatihan Majemen Ritel

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 17 Desember 2020 16:12
Dorong Daya Saing, UMKM di Bengkulu Dibekali Pelatihan Majemen Ritel
Pelaku UMKM diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk sehingga bisa masuk ke retail modern.

Dream - Pemerintah Kota Bengkulu mendorong peningkatan daya saing UMKM melalui sejumlah pelatihan. Salah satunya dengan menggelar pelatihan manajemen ritel kerja sama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bengkulu dengan PT Sumber Alfaria Triyaja Tbk (Alfamart).

Pelatihan yang digelar pada Rabu, 16 Desember 2020 ini merupakan bentuk sinergisitas antara Alfamart dan pelaku UMKM. Diharapkan melalui pelatihan tersebut para pelaku UMKM dapat meningkatkan kualitas produknya sehingga bisa dijual di Alfamart.

Kadisperindag Kota Bengkulu, Dewi Dharma, mengapresiasi penyelenggaraan pelatihan tersebut. Dia menilai pelatihan ini dapat menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk memahami ketentuan agar produk mereka bisa masuk ke retail modern.

" Mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu, kita tentu mendukung upaya dari perusahaan swasta dalam mengakomodir para pelaku UMKM untuk lebih berkembang," ujar Dewi.

Dia berharap ke depan para pelaku UMKM dapat memasarkan produknya di Alfamart. Tentunya sesuai dengan kriteria yang ditetapkan pihak retail.

Lebih lanjut, Dewi mengatakan pemasaran dan pengemasan produk menjadi kendala tersendiri bagi pelaku UMKM di Kota Bengkulu. Apa lagi di tengah pandemi Covid-19 minat beli masyarakat sedikit menurun.

" Kita harapkan melalui pelatihan manajemen ritel ini, para pelaku UMKM dan toko modern menjalin sinergritas yang baik dengan memiliki tujuan yang sama yakni berkembangnya usaha dan berkontribusi positif pada perekonomian bangsa," ucap Dewi.

Sumber: Media Center Kota Bengkulu

Beri Komentar