Pentingnya Memberi Nama Sebuah Perusahaan

Reporter : Ramdania
Minggu, 19 Juli 2015 16:00
Pentingnya Memberi Nama Sebuah Perusahaan
Pemilihan nama perusahaan perlu kehati-hatian. Meski terkesan sederhana, tetapi nama perusahaan bisa menjadi kunci kesuksesan usaha.

Dream - Apa arti sebuah nama? Begitu penyair Shakespare pernah menulis. Tapi nama berarti banyak, jika berbicara masalah keberhasilan dalam sebuah bisnis kecil. Nama yang tepat dapat membuat perusahaan Anda menjadi pembicaraan. Sementara nama yang salah akan berakhir dengan ketidakjelasan dan kegagalan.

Banyak yang menganggap nama terbaik adalah nama yang informatif sehingga pelanggan akan langsung mengenalnya. Yang lain menyebut coined name, penamaan merek berupa nama unik yang tidak ada artinya namun sangat ear-catchy, sangat mudah diingat.

Apa pun alasannya, semua jenis nama perusahaan akan efektif jika didukung oleh strategi pemasaran yang benar.

Seperti dikutip dari Enterpreneur, Minggu, 19 Juli 2015, berikut ini beberapa yang perlu dipertimbangkan ketika akan menamakan bisnis kecil Anda.

Bicarakan dengan seorang konsultan

Memutuskan sebuah nama untuk perusahaan bisa menjadi proses yang pelik. Anda mungkin mempertimbangkan untuk bertemu dengan seorang konsultan, terutama jika Anda ingin nama perusahaan Anda bisa memengaruhi sukses bisnis Anda.

Menciptakan nama baru adalah sistem yang rumit dan konsultan tahu cara mengatasi masalah hukum merek dagang. Mereka akan menyarankan Anda untuk tidak terjebak pada pilihan nama yang buruk dan menjelaskan mengapa nama yang lain baik bagi bisnis Anda. Kekurangannya tentu saja, Anda harus membayar sejumlah dana.

Nama harus mengkomunikasikan bisnis Anda

Mulailah dengan memutuskan apa yang ingin Anda komunikasikan dalam nama perusahaan. Nama tersebut harus memperkuat elemen kunci dari bisnis Anda. Semakin Anda mengkomunikasikan nama kepada konsumen tentang bisnis Anda, semakin sedikit usaha yang harus Anda kerahkan untuk menjelaskannya.

Menurut ahli penamaan perusahaan, kata-kata nyata atau kombinasi dari kata-kata lebih disukai. Orang lebih suka kata-kata yang mereka bisa terhubung dan mudah dipahami. Kesalahan umum adalah menggunakan nama-nama geografis atau generik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih nama:

- Pilih nama yang tidak hanya menarik bagi Anda, tapi juga semua jenis pelanggan yang ditargetkan.

- Pilih nama yang baik yang bisa membuat pelanggan Anda dengan mudah mengingatnya.

- Jangan pilih nama yang membingungkan dan terlalu panjang.

- Jauhi istilah-istilah yang hanya Anda yang memahaminya.

- Jangan gunakan kata 'Inc.' di belakang nama perusahaan kecuali memang betul-betul perusahaan multinasional.

Jadilah orang yang kreatif

Tidak ada salahnya menggunakan coined name yang sudah terbukti sangat ampuh untuk menarik pelanggan. Selain mudah diingat, penamaan perusahaan menggunakan coined name kini lebih populer. Beberapa contoh adalah Compaq dan Acura yang dibuat oleh perusahaan penamaan NameLab.

Coined name kadang bisa lebih berarti daripada kata-kata nyata, kata presiden NameLab Michael Barr. Meski kata Acura tidak ada dalam kamus, tapi kata Acu dalam kata tersebut berarti presisi dalam berbagai bahasa.

Barr mengakui bahwa kata-kata yang dibuat-buat bukan merupakan solusi yang tepat untuk setiap situasi. Solusi yang lebih mudah adalah dengan menggunakan bentuk-bentuk baru atau ejaan kata-kata yang ada. Misalnya, NameLab menciptakan nama Compaq ketika sebuah perusahaan komputer baru muncul dengan jenis komputer baru yang bisa dibawa ke mana-mana.

Menguji nama perusahaan

Setelah mendapat empat atau lima nama yang mudah diingat dan ekspresif, Anda siap mencari apakah nama tersebut belum terdaftar sebagai merek dagang. Tidak setiap nama bisnis perlu merek dagang, selama pemerintah negara Anda memberikan lampu hijau dan Anda tidak melanggar merek dagang orang lain.

Tapi Anda harus mempertimbangkan untuk menyewa seorang pengacara merek dagang atau setidaknya perusahaan konsultan merek dagang sebelum memastikan nama baru Anda tidak melanggar merek dagang bisnis orang lain. Uang ekstra yang Anda habiskan sekarang untuk mematenkan nama perusahaan bisa menyelamatkan Anda dari kerepotan dan biaya yang tak terhitung jumlahnya di kemudian hari.

Melakukan analisis final

Jika sudah mantap dengan pilihan beberapa nama, lakukan analisis terhadap nama-nama tersebut. Ingat semua kriteria awal Anda. Nama mana yang terbaik dan sesuai dengan tujuan bisnis Anda? Nama mana yang paling akurat menggambarkan perusahaan Anda? Beberapa pemilik bisnis biasanya langsung melakukan riset pelanggan atau melakukan ujian terkait persepsi nama perusahaan di masyarakat.

Anda dapat mencari gambaran tentang bagaimana nama perusahaan akan terlihat pada tanda atau alat tulis bisnis. Baca nama perusahaan secara lantang dan perhatikan bagaimana nama itu terdengar jika disebutkan dalam iklan radio atau telemarketing di masa depan. Gunakan salah satu atau semua kriteria tersebut.

Perlu diingat bahwa perusahaan penamaan profesional membutuhkan enam minggu sampai enam bulan untuk proses penamaan. Anda mungkin tidak akan punya banyak waktu, tapi luangkan waktu setidaknya beberapa minggu untuk memilih nama perusahaan yang tepat.

Beri Komentar