Seberapa Memuaskan Penghasilan Sales dan Marketing Otomotif?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 29 Juli 2016 14:24
Seberapa Memuaskan Penghasilan Sales dan Marketing Otomotif?
Padahal, sektor otomotif mengalami tantangan di tahun ini.

Dream - Selain meriset gaji karyawan, sebuah platform komunitas online yang berisi informasi tentang dunia kerja, Jobplanet, juga meriset data tentang kepuasan karyawan sales dan marketing perusahaan otomotif. Rupanya, mereka cukup puas bekerja di dua posisi ini.

Dikutip dari keterangan yang diterima Dream, Jumat 29 Juli 2016, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, Kemas Antonius, mengatakan pihaknya menganalisis data dari 2.500 orang responden di seluruh Indonesia. Data ini terkumpul di situsnya selama semester I-2016. Dari data itu, ada 7,4 persen karyawan sales dan 7,5 persen karyawan marketing.

Berdasarkan riset tersebut, Jobplanet menemukan karyawan perusahaan otomotif, termasuk sales dan marketing, pada semester I-2016 cukup puas dengan gaji dan tunjangan mereka. " Meskipun tingkat kepuasan mereka tidak tinggi," kata Kemas di Jakarta.

Padahal, kata dia, tahun ini merupakan tahun yang menantang bagi industri otomotif. Hal ini dilihat dari melambatnya pertumbuhan ekonomi dan nilai tukar uang yang rendah.

" (Ditambah) kurangnya daya beli masyarakat," kata dia.

Ini angka kepuasan karyawan sales dan marketing bidang otomotif.

 

1 dari 1 halaman

Ini Tingkat Kepuasan Karyawan Sales dan Marketing Otomotif

Berikut ini adalah angka kepuasan karyawan sales dan marketing perusahaan otomotif.

1. Karyawan di perusahaan otomotif secara keseluruhan: 3,56 
2. Karyawan sales di perusahaan otomotif: 3,6
3. Karyawan marketing di perusahaan otomotif: 3,46

Sebagai catatan, tingkat kepuasan tertinggi adalah 5,0 yang mewakili penilaian 'sangat puas'.

Kemas mengatakan gaji dan tunjangan merupakan bentuk penghargaan dari perusahaan atas kontribusi karyawan, dan menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kinerja dan tingkat kepuasan karyawan terhadap perusahaan. Meskipun demikian, setiap perusahaan memiliki standar pengupahan karyawan dan kebijakan mengenai bonus/tunjangan yang berbeda-beda, tergantung pada kemampuan perusahaan serta kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki oleh SDM (sumber daya manusia).

" Melalui riset-risetnya, Jobplanet ingin memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pencari kerja, serta dapat menjadi benchmark bagi perusahaan dalam mengukur kualitas dan tingkat kepuasan karyawan mereka," kata dia.

Beri Komentar