Para Founder Brand 'KAMI' Buka Rahasia Bertahan Hadapi Pandemi

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Senin, 3 Januari 2022 17:12
Para Founder Brand 'KAMI' Buka Rahasia Bertahan Hadapi Pandemi
Ketiga founder ini memberikan beberapa tips bagaimana dapat tetap bertahan dan semakin melebarkan sayap bisnis di tengah pandemi

Dream - Pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir dua tahun telah mengubah kebiasaan masyarakat Indonesia dan dunia. Yang paling terasa bagi para pebisnis adalah daya beli masyarakat yang turun sehingga memaksa mereka menemukan strategi baru untuk tetap mempertahankan usahanya.

Industri retail fashion menjadi salah satu industri yang terkena imbas lemahnya daya beli masyarakat. Brand modest fashion lokal, KAMI juga menghadapi tantangan pasang surut dalam bisnisnya. Brand lokal ini memilih untuk cepat beradaptasi dan berinovasi agar bisnis dapat bertahan.

Adapun kesuksesan ini tidak terlepas dari kerjasama tiga wanita hebat pendiri KAMI, yakni Istafiana Candarini, Nadya Karina, dan Afina Candarini. Ketiga founder ini memberikan beberapa tips bagaimana KAMI dapat tetap bertahan dan semakin melebarkan sayap bisnis di tengah pandemi.

Doc KAMI© Doc KAMI

" Ada beberapa aspek yang menjadi faktor keberhasilan KAMI di tahun 2021, yaitu kemampuan beradaptasi dan tetap membangun human connection yang hilang selama pandemi ini. Kami percaya, kekuatan sebuah brand ada pada emotional connection dengan konsumennya. Di awal pandemi kita kehilangan itu, namun kita terus berusaha membangun koneksi dengan penggemar brand kami," jelas CEO of KAMI, Istafiana Candarini dari rilis tertulis yang diterima Dream.

Istafiana menambahkan bahwa KAMI kerap melakukan virtual event seperti gathering ataupun webinar yang memanfaatkan platform online yang dimiliki dan Instagram Live. Di mana virtual event ini mampu berinteraksi dan membangun kedekatan dengan konsumennya.

1 dari 5 halaman

Mendengarkan Keinginan Customer

Customer tentu menjadi bagian terpenting bagi sebuah brand. Mendengarkan dan memahami customer menjadi hal yang sangat penting bagi brand Kami.

Doc KAMI© Doc KAMI

" KAMI mampu menjaga kerjasama dan kekompakan tim dalam menjawab kebutuhan serta keinginan dari para konsumen. Di tengah pandemi sekalipun, KAMI terus berinovasi dengan menghasilkan produk yang relevan guna memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen,” tambah Istafiana yang akrab disapa Irin.

2 dari 5 halaman

Inovasi

Inovasi menjadi hal yang terpenting dalam berbisnis. Menurut Irin inovasi-inovasi yang dihasilkan di masa pandemi yang tidak menentu ini sangat membantu perkembangan brand lokal ini.

Dimulai dari koleksi spesial Hari Raya, Monogram Scarf, loungewear, hingga koleksi basic yang siap menemani konsumen di berbagai kesempatan.

Doc KAMI© Doc KAMI

Di setiap koleksi, KAMI selalu membawa konsep refined, urban, dan timeless. Refined quality selalu menjadi janji kami pada konsumen, dengan dibalut dalam silhouette yang simpel, elegan dan timeless dengan kualitas bahan yang bersaing dengan produk impor. Sedangkan urban fashion merujuk pada baju-baju yang simpel dan mudah digunakan guna menjawab kebutuhan wanita modern yang menginginkan kepraktisan.

 

3 dari 5 halaman

Merangkul Public Figure

Tidak berhenti disitu saja, Irin menjelaskan di tahun ini KAMI juga merangkul beberapa public figure inspiratif dan brand lainnya untuk berkolaborasi mendukung semakin banyak wanita modern agar tampil percaya diri, cantik, dan cerdas terutama di tengah pandemi sekalipun.

Doc Kami© Doc Kami

Kolaborasi-kolaborasi KAMI tersebut diantaranya adalah dengan Dhatu Rembulan, yakni Darla Collection yang menghadirkan loungewear, kemudian kolaborasi dengan Farahanim, selebgram cantik asal Malaysia yang menghadirkan Fariba Scarf, dan kolaborasi dengan Sarah Sofyan yang menghadirkan Ruze Scarf Extended.

Sementara itu untuk kolaborasi dengan brand lainnya, KAMI juga berkolaborasi dengan Disney yakni Disney Raya dan Disney Frozen, kemudian dengan Debellin, Zalora, dan Cotton Ink untuk koleksi spesial hari Idul Fitri, serta Sare dengan koleksi Loungewear in Harmony.

4 dari 5 halaman

Konsistensi dan Keseriusan Menjalani Bisnis

Tips lainnya juga dibagikan oleh Afina Candarini sebagai Finance Director of KAMI dan Nadya Karina sebagai Creative Director of KAMI. Dari segi bisnis, Afina menjelaskan bahwa konsistensi dan keseriusan dalam menjalankan bisnis menjadi aspek penting yang membuat KAMI bisa bertahan dan sukses di tengah pandemi Covid-19.

“ Di tahun 2021, meskipun di tengah pandemi, bisnis KAMI mampu bertahan dengan baik dan justru semakin berkembang karena konsistensi, nilai dan kualitas yang selalu kami pertahankan dari awal,” kata Afina pada rilis yang sama.

Selain mempertahankan kualitas dan agilitas tadi, Afina menjelaskan bahwa kunci kesuksesan Kami adalah dengan membuat strategy yang consumer centric sejak pertama KAMI berdiri hingga kini. Salah satunya lewat program Shop & Feel Good, di mana setiap konsumen yang melakukan pembelian senilai satu juta rupiah secara otomatis akan ikut berdonasi satu baju untuk para korban bencana erupsi Gunung Semeru.

“ Di penghujung tahun 2021 dan sebagai apresiasi KAMI kepada seluruh konsumen, KAMI membuat program Year End Sale dengan total diskon hingga 90% yang berlaku di seluruh channel penjualan KAMI baik offline store, website, dan e-commerce,” jelas Afina

5 dari 5 halaman

Memanfaatkan Tren

Selain dari sisi bisnis dan kekuatan tim, kemampuan pelaku usaha dalam membaca peluang dan memanfaatkan trend di masa mendatang juga penting dalam sebuah industri retail untuk bertahan di masa pandemi.

Doc Kami© Doc Kami

“ KAMI melihat trend warna-warna cerah cantik yang netral untuk acara santai dan formal akan menjadi favorit nantinya. Dan kemudian akan lebih banyak kategori produk smart casual, yang bisa digunakan untuk pemakaian santai hingga formal. Oleh karena itu untuk koleksi di tahun 2022 ini, kita akan meluncurkan lebih banyak variasi koleksi yang dilakukan secara berkala setiap bulannya serta mengekspansi bisnis KAMI lebih besar lagi ke seluruh Indonesia bahkan kalau bisa ke lain negara,” tutup Karina.

Beri Komentar