Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Para Founder Brand 'KAMI' Buka Rahasia Bertahan Hadapi Pandemi

Para Founder Brand 'KAMI' Buka Rahasia Bertahan Hadapi Pandemi Doc KAMI

Dream - Pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir dua tahun telah mengubah kebiasaan masyarakat Indonesia dan dunia. Yang paling terasa bagi para pebisnis adalah daya beli masyarakat yang turun sehingga memaksa mereka menemukan strategi baru untuk tetap mempertahankan usahanya.

Industri retail fashion menjadi salah satu industri yang terkena imbas lemahnya daya beli masyarakat. Brand modest fashion lokal, KAMI juga menghadapi tantangan pasang surut dalam bisnisnya. Brand lokal ini memilih untuk cepat beradaptasi dan berinovasi agar bisnis dapat bertahan.

Adapun kesuksesan ini tidak terlepas dari kerjasama tiga wanita hebat pendiri KAMI, yakni Istafiana Candarini, Nadya Karina, dan Afina Candarini. Ketiga founder ini memberikan beberapa tips bagaimana KAMI dapat tetap bertahan dan semakin melebarkan sayap bisnis di tengah pandemi.

Doc KAMI

"Ada beberapa aspek yang menjadi faktor keberhasilan KAMI di tahun 2021, yaitu kemampuan beradaptasi dan tetap membangun human connection yang hilang selama pandemi ini. Kami percaya, kekuatan sebuah brand ada pada emotional connection dengan konsumennya. Di awal pandemi kita kehilangan itu, namun kita terus berusaha membangun koneksi dengan penggemar brand kami," jelas CEO of KAMI, Istafiana Candarini dari rilis tertulis yang diterima Dream.

Istafiana menambahkan bahwa KAMI kerap melakukan virtual event seperti gathering ataupun webinar yang memanfaatkan platform online yang dimiliki dan Instagram Live. Di mana virtual event ini mampu berinteraksi dan membangun kedekatan dengan konsumennya.

Mendengarkan Keinginan Customer

Customer tentu menjadi bagian terpenting bagi sebuah brand. Mendengarkan dan memahami customer menjadi hal yang sangat penting bagi brand Kami.

Doc KAMI

"KAMI mampu menjaga kerjasama dan kekompakan tim dalam menjawab kebutuhan serta keinginan dari para konsumen. Di tengah pandemi sekalipun, KAMI terus berinovasi dengan menghasilkan produk yang relevan guna memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen,” tambah Istafiana yang akrab disapa Irin.

Inovasi

Inovasi menjadi hal yang terpenting dalam berbisnis. Menurut Irin inovasi-inovasi yang dihasilkan di masa pandemi yang tidak menentu ini sangat membantu perkembangan brand lokal ini.

Dimulai dari koleksi spesial Hari Raya, Monogram Scarf, loungewear, hingga koleksi basic yang siap menemani konsumen di berbagai kesempatan.

Doc KAMI

Di setiap koleksi, KAMI selalu membawa konsep refined, urban, dan timeless. Refined quality selalu menjadi janji kami pada konsumen, dengan dibalut dalam silhouette yang simpel, elegan dan timeless dengan kualitas bahan yang bersaing dengan produk impor. Sedangkan urban fashion merujuk pada baju-baju yang simpel dan mudah digunakan guna menjawab kebutuhan wanita modern yang menginginkan kepraktisan.

 

Merangkul Public Figure

Tidak berhenti disitu saja, Irin menjelaskan di tahun ini KAMI juga merangkul beberapa public figure inspiratif dan brand lainnya untuk berkolaborasi mendukung semakin banyak wanita modern agar tampil percaya diri, cantik, dan cerdas terutama di tengah pandemi sekalipun.

Doc Kami

Kolaborasi-kolaborasi KAMI tersebut diantaranya adalah dengan Dhatu Rembulan, yakni Darla Collection yang menghadirkan loungewear, kemudian kolaborasi dengan Farahanim, selebgram cantik asal Malaysia yang menghadirkan Fariba Scarf, dan kolaborasi dengan Sarah Sofyan yang menghadirkan Ruze Scarf Extended.

Sementara itu untuk kolaborasi dengan brand lainnya, KAMI juga berkolaborasi dengan Disney yakni Disney Raya dan Disney Frozen, kemudian dengan Debellin, Zalora, dan Cotton Ink untuk koleksi spesial hari Idul Fitri, serta Sare dengan koleksi Loungewear in Harmony.

Konsistensi dan Keseriusan Menjalani Bisnis

Tips lainnya juga dibagikan oleh Afina Candarini sebagai Finance Director of KAMI dan Nadya Karina sebagai Creative Director of KAMI. Dari segi bisnis, Afina menjelaskan bahwa konsistensi dan keseriusan dalam menjalankan bisnis menjadi aspek penting yang membuat KAMI bisa bertahan dan sukses di tengah pandemi Covid-19.

“Di tahun 2021, meskipun di tengah pandemi, bisnis KAMI mampu bertahan dengan baik dan justru semakin berkembang karena konsistensi, nilai dan kualitas yang selalu kami pertahankan dari awal,” kata Afina pada rilis yang sama.

Selain mempertahankan kualitas dan agilitas tadi, Afina menjelaskan bahwa kunci kesuksesan Kami adalah dengan membuat strategy yang consumer centric sejak pertama KAMI berdiri hingga kini. Salah satunya lewat program Shop & Feel Good, di mana setiap konsumen yang melakukan pembelian senilai satu juta rupiah secara otomatis akan ikut berdonasi satu baju untuk para korban bencana erupsi Gunung Semeru.

“Di penghujung tahun 2021 dan sebagai apresiasi KAMI kepada seluruh konsumen, KAMI membuat program Year End Sale dengan total diskon hingga 90% yang berlaku di seluruh channel penjualan KAMI baik offline store, website, dan e-commerce,” jelas Afina

Memanfaatkan Tren

Selain dari sisi bisnis dan kekuatan tim, kemampuan pelaku usaha dalam membaca peluang dan memanfaatkan trend di masa mendatang juga penting dalam sebuah industri retail untuk bertahan di masa pandemi.

Doc Kami

“KAMI melihat trend warna-warna cerah cantik yang netral untuk acara santai dan formal akan menjadi favorit nantinya. Dan kemudian akan lebih banyak kategori produk smart casual, yang bisa digunakan untuk pemakaian santai hingga formal. Oleh karena itu untuk koleksi di tahun 2022 ini, kita akan meluncurkan lebih banyak variasi koleksi yang dilakukan secara berkala setiap bulannya serta mengekspansi bisnis KAMI lebih besar lagi ke seluruh Indonesia bahkan kalau bisa ke lain negara,” tutup Karina.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ingin Mulai Bisnis Skincare Berbahan Alami? Simak Pengalaman Sukses Dua Brand Lokal

Ingin Mulai Bisnis Skincare Berbahan Alami? Simak Pengalaman Sukses Dua Brand Lokal

Masing-masing memiliki strategi pemasaran bisnis yang menarik, kreatif, dan inovatif.

Baca Selengkapnya
5 Kalimat 'Penghambat' Menjadi Tajir

5 Kalimat 'Penghambat' Menjadi Tajir

Lima kalimat yang sering kamu ucapkan dan dapat membuat kamu semakin sulit kaya raya

Baca Selengkapnya
Pembeli Bikin Review Buruk Tomat Kalengan Terancam 7 Tahun Penjara, Pemilik Beralasan Reputasi Ternoda

Pembeli Bikin Review Buruk Tomat Kalengan Terancam 7 Tahun Penjara, Pemilik Beralasan Reputasi Ternoda

Ulasan produk itu jadi viral di Facebook dan berujung terancam penjara

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Viral Pabrik Ban Cikarang Gulung Tikar, Momen 1.200 Pegawai Kena PHK

Viral Pabrik Ban Cikarang Gulung Tikar, Momen 1.200 Pegawai Kena PHK

Pabrik ban di Cikarang, Bekasi, tutup karena tak ada orderan, berujung PHK Karyawan.

Baca Selengkapnya
Viral Cak Imin Kepergok Pakai Jam Tangan Branded, Harganya Senilai Rumah

Viral Cak Imin Kepergok Pakai Jam Tangan Branded, Harganya Senilai Rumah

Dalam LHKPN periodik 2022, Cak Imin memiliki kekayaan senilai Rp27,28 miliar.

Baca Selengkapnya
Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online

Rahasia 3 Brand Kecantikan Lokal Kuasai Pasar Online

Mereka mampu maksimalkan platform digital untuk berjualan.

Baca Selengkapnya
Maksimalkan Jualan Online, Penjual Sarung Batik Berhasil Tingkatkan Penjualan Sampai 75 Persen

Maksimalkan Jualan Online, Penjual Sarung Batik Berhasil Tingkatkan Penjualan Sampai 75 Persen

Melihat tren yang berkembang jadi sasaran empuk buat strategi pemasaran suatu bisnis.

Baca Selengkapnya
Momen Pilu Penjual Susu Keliling Stroke Mendadak, Dicari Anak-Anak Tak Kunjung Muncul

Momen Pilu Penjual Susu Keliling Stroke Mendadak, Dicari Anak-Anak Tak Kunjung Muncul

Viral penjual susu keliling tiba-tiba stroke, bikin hati terenyuh.

Baca Selengkapnya