Deretan Keluhan di Balik Desain Uang Kertas Baru

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 29 Maret 2018 08:15
Deretan Keluhan di Balik Desain Uang Kertas Baru
Selain corak, apa lagi, ya?

Dream – Pernahkah kamu alami pengalaman menyesakkan ini. Sehabis membayar parkir, kamu kaget saat uang di kantong ternyata tinggal tersisa Rp2 ribu. Padahal tadi kamu yakin masih memiliki uang Rp22 ribu di kantong.

Mungkin karena terburu-buru, kamu tak sengaja memberikan uang Rp20 ribu ke tukang parkir itu. Mau balik lagi meminta tukar uang pastinya bikin malu. Tapi dalam hati mungkin saja ada perasaan tak ikhlas.

Pengalaman ini rupanya tak terjadi hanya pada satu dua orang saja. Dua pecahan uang kertas desain terbaru emisi 2016 itu memang sedang sorotan warganet. 

Banyak warganet sering kali tertipu karena kemiripan corak dan warna dua pecahan uang itu ketika dilihat sepintas.

Seperti yang diceritakan oleh pengguna Facebook yang bernama M. Fajar Sulistiadi. Dia berkata kemiripan dua pecahan ini membuat penjual tahu salah memberikan kembalian. Niat hati memberi uang Rp3 ribu, nyatanya uang yang diberikan sebesar Rp21 ribu.

Tak hanya corak warna yang mirip, warganet juga menyoroti hal-hal lain yang terdapat di rupiah emisi 2016, mulai dari pahlawan Papua yang disebut tak ada jasanya, warna mirip dengan euro dan yuan, sampai wanita pahlawan Aceh, Cut Meutia tanpa hijab.

Yuk, kita intip rinciannya.

Cut Meutia Tak Berhijab

Pahlawan Aceh, Cut Meutia, mejeng di uang kertas pecahan Rp1.000. Tapi, kemunculannya ini dipermasalahkan karena tidak mengenakan hijab. Cucu Cut Meutia, Teuku Rusli, menyebut protes itu bukan dari keturunan wanita pahlawan ini karena itu bukan gambar asli Cut Meutia. Bahkan, Rusli menyebut yang protes ini hanya ingin terkenal.

“ Yang protes ini mau gaya-gayaan doang. Saya sudah minta keluarga di Aceh untuk melacak siapa orangnya,” kata dia.

Desain Mirip Euro dan Yuan

Uang yang dirilis pada Desember 2016 ini juga menyita perhatian warganet. Di fanpage Facebook Dream.co.id, tak sedikit warganet menilai uang ini sepintas dengan uang luar negeri, yaitu euro dan yuan.

“ Kayak mata uang China,” tulis warganet berakun Azrik Ammar.

“ Mirip uang euro, bagus. Kelihatan classic,” tulis Citra Lestari.

Mirip Uang Mainan

Ada juga yang menyebut uang rupiah terbaru ini mirip dengan uang mainan. Seperti yang ditulis pengguna Facebook bernama Jhipay Jenong, “ Aneh, kaya duit mainan.

Pahlawan Papua Dihina

Pahlawan Papua, Frans Kaisiepo, tampil di uang kertas pecahan Rp10 ribu. Pecahan baru ini dihina warganet. Ada yang menganggap Frans bukan pahlawan dan ada pula yang mempertanyakana kontibusinya terhadap Indonesia.

Dilansir dari Bintang.com, Frans merupakan tokoh pejuang kemerdekaan asal Papua. Dia turut memastikan Papua ikut dalam bagian NKRI. Ketika Belanda mencoba membuat Negara Indonesia Timur (NIT) di Papua, Frans mencanangkan Ikut Republik Indonesia Anti Netherland (IRIAN).

(Sah)

 

Beri Komentar