Silsilah Mie Instan Andalan Indofood: Supermi, Indomie, dan Sarimi

Reporter : Alfi Salima Puteri
Selasa, 30 November 2021 08:35
Silsilah Mie Instan Andalan Indofood: Supermi, Indomie, dan Sarimi
Jadi, kamu tim Supermi, Sarimi, atau Indomie?

Dream - Sahabat Dream pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Supermi, Indomie dan Sarimi. Ternyata ketiga produk mie instan tersebut berasal dari satu produsen sama, yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk, perusahaan milik Salim Grup.

Tiga merek mie instan tersebut awalnya tidak akur dan saling bersaing untuk menjadi yang terbaik di industri makanan Indonesia. Berbagai strategi ditempuh untuk menjadi nomor satu.

Pasalnya, sebelum tahun 1990-an produsen tiga mie instan tersebut berbeda.

Di antara tiga produk mi andalan Indofood itu, ternyata bukan Indomie yang menjadi produk mie instan pertama yang beredar di Indonesia, melainkan Supermi yang diluncurkan pada 1968.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi© shutterstock

Pada tahun 1968-1980, Supermi diproduksi oleh PT Lima Satu Sankyu.

Kemudian pada 1980-1993 diproduksi PT Supermi Indonesia. Pada 1993, perusahaan tersebut go public dan akhirnya dibeli Salim Grup melalui PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

Setelah dibeli Salim Grup, pemasaran Supermi kembali ditingkatkan. Pada 1996, Supermi juga menggandeng kembali Ira Maya Sopha yang pernah menjadi bintang iklan Supermi di tahun 1976.

2 dari 3 halaman

Pembelian saham

Ilustrasi© shutterstock

Lalu Indomie pertama kali mulai dipasarkan pada tahun 1972, sedangkan Sarimi diluncurkan pada tahun 1982.

Sama seperti Supermi, awalnya Indomie bukan milik PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Tetapi mie instan tersebut diproduksi oleh PT Sanmaru Food Manufacturing Co. Ltd.

Pada tahun 1984 sebagian saham perusahaan dibeli oleh PT. Sarimi Asli Jaya. Lalu pada 1993 seluruh sahamnya dibeli oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

 

3 dari 3 halaman

Jadi, kamu tim apa?

Ilustrasi© shutterstock

Sementara itu, Sarimi sendiri awalnya diproduksi oleh PT Sarimi Asli Jaya tepatnya dari 1982 hingga 1990-an. Lalu pada 1993 seluruh sahamnya benar-benar dibeli oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

Selain tiga produk andalan yakni Supermi, Indomie, dan Sarimi, PT Indofood Sukses Makmur Tbk juga memiliki sederet produk mie instan lainnya, yakni Sakura, Pop Mie dan Mie Telur Cap 3 Ayam.

Beri Komentar